me|write, think sotoy
Comments 2

ngelamun @ide..

Untitled-1Pernah ngerasain lagi ngerjain sesuatu yang rutin, terus merasa bosan ??.. Dan akhirnya kita jadi ngelamun, pikiran mengembara kemana2, eh tau2 malah dapet ide bagus.. Hyaa..

Kalo diinget2, gw paling sering dapet ide pas guyuran2 awal air ke kepala pas lagi mandi.. Atau ya pas eek, alias buang aer besar.. Hehe.. Sorryy.. (^_^!).. Tapiii, ya itu kenyataannya.. Mungkin malah puluhan ide postingan di blog gw ini bisa dibilang berasal dari kamar mandi.. Gyahaha.. Beneran loh..

Bisa jadi karena mandi dan B.A.B itu “kerjaan” yang sangat2 rutin, nggak perlu mikir, dan membosankan, jadinya seakan menjadi saat yang tepat untuk “mengembarakan” pikiran kemana2..

Dr. Sandi Mann (2016), psikolog dan penulis buku “The Upside of Downtime: Why Boredom Is Good” menyatakan: ketika seseorang merasa bosan, ia akan mencari sesuatu yang bisa menstimulasi dirinya dari hal2 yang tidak ada di sekitarnya.. Jadi sangat memungkinkan mencarinya itu dari pikirannya sendiri, pergi ke tempat2 yang ada di dalam kepalanya sendiri..

Menurut Dr. Sandi, hal tersebut dapat menstimulasi kreativitas, karena begitu seseorang ngelamun, ia akan mulai berpikir tidak hanya dengan pikiran sadarnya, namun juga menggunakan pikiran bawah sadarnya.. Dan akhirnya terbukalah kemungkinan terjadinya koneksi2 baru di otak..

Neourscientist Marcus Raichle juga mendukung hal ini.. Dari hasil studinya, ia menyatakan: saat kita mengerjakan sesuatu secara sadar, kita menggunakan “attention network” dari otak.. Bagian otak yang mengendalikan dan membatasi perhatian kita.. Network ini membuat kita “nyambung” secara langsung dengan dunia sekitar kita, right here, right now..

Saat pikiran seseorang mengembara, bagian otak yang aktif adalah “default mode network”.. Kondisinya seperti otak saat istirahat, dimana nggak perlu fokus pada hal2 external, atau tujuan2 tertentu.. Menurut Raichel, ngelamun / pengembaraan pikiran merupakan fenomena yang menarik secara sains, karena dapat menunjukkan kapasitas seseorang dalam menciptakan pikirannya sendiri murni dari “dalam”.. Jadi bukan merupakan bentuk pikiran yang sifatnya merespon peristiwa dari dunia luar..

Hal ini senada dengan Manous Zomorodi (2017) dalam bukunya “Bored & Brilliant”.. Menurutnya, bentuk pikiran ngelamun seperti di atas bisa membantu seseorang menemukan solusi2 baru ketika “mentok” dalam masalah2 pekerjaan, personal, atau lainnya..

“Although boredom is usually thought of as the ultimate waste of time, it is, in fact, a gateway to mind wandering and can lead to some of our most productive and creative thoughts..” – Begitu kata Zomorodi..

Tuuh.. Jadi daripada baca hoax dan nyebar fitnah, kayaknya mending ngelamun aje deh.. Kali aja ntar dapet ide bagus, dapet hidayah, dapet duit banyak, dapet mobil, dan dapet rumah.. Gyaaa.. Mana mungkin ?!?!.. Yaah, namanya juga ngelamun.. (*o*)/

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s