me|write, think sotoy
Leave a Comment

dark playground..

untitled-1Tim Urban, lulusan cum laude dari Harvard, CEO “Wait But Why” yang  berdomisili di New York mengartikan procrastination sebagai “The action of ruining your own life for no apparent reason..”.. Gw suka gimana si Tim ini menjelaskan procrastination saat ia tampil di TED talk..

Kita ini makhluk reaktif, otak sangat suka bereaksi terhadap stimulus tindakan2 yang gampang..   Tim menganalogikan kegiatan2 nyaman + gampang dan mengakibatkan penundaan itu sebagai “Dark Playground..”..

Mantengin youtube, medsos, liat2 instagram, window shopping situs belanja online, bahkan ngobrol ngalor ngidul, di saat tugas2 / pekerjaan masih tergeletak tak terurus, kesemuanya itu adalah sesuatu yang menyenangkan..

Penamaan “Dark Playground” menjadi cocok.. Roller coaster emosi di facebook, pertunjukan / show yang oke di youtube, berputar2 di komedi putar situs belanja online, kesemuanya merupakan arena bermain dari Dark Playground.. Cobalah “masuk” ke zona itu, memang terasa sensasi bermainnya yang tanpa beban berat di otak..

Menjadi “Dark” saat sebetulnya ada rasa aman yang palsu, rasa bersalah, kesenangan yang sejatinya nggak menghasilkan apapun, males yang diturutin, dan habisnya waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan..

Kalau seseorang itu karyawan, atau mahasiswa, umumnya ada deadline dari boss atau dosen yang “menyadarkan” mereka dari Dark Playground.. Pas deadline udah mepet, maka akan muncul yang namanya “Panic Monster”..

Si monster ini terkadang justru mampu memaksa seseorang untuk melawan rasa lelahnya, begadang total, bahkan kerjaan yang butuh waktu seminggu pun bisa jadi selesai dalam waktu sehari semalam.. Ya tau sendiri lah gimana hasilnya.. Hehe.. Yah, paling nggak, si panic monster bisa memberikan solusi meski seringkali nggak maksimal..

Kalo dipikir2, banyak hal yang sebetulnya bagus untuk pengembangan diri seseorang kalo dilakukan, tapi terus2an ditunda.. Dan selama apapun kita menundanya, ternyata si panic monster ini nggak akan nongol.. Ujung2nya, kita jadi nggak melakukan hal tersebut sama sekali..

Misal, belajar hal baru (untuk meningkatkan kreativitas & skill), baca buku, menulis, olahraga, hobby, dan kegiatan positif sejenisnya.. Demikian banyak pilihan akan hal2 kayak gitu di dalam hidup.. Ealaah, Panic monster justru malah nggak nongol2 untuk hal2 tersebut.. Karena apa ?? Karena NO DEADLINES !!.. Siapa yang bisa marahin kita kalo kita nggak melakukan hal2 tersebut ???.. Nggak ada..

Bagi mereka yang punya impian2 besar pribadi, dimana bukan pihak lain yang pegang kuasa, namun kesemuanya diri sendiri ini yang menentukan dan memegang peran penting, procrastination menjadi teramat sangat berbahaya.. Impian besar dimulai dari tindakan kecil.. Gimana mau terwujud kalo tindakan kecilnya saja terus ditunda ??..

“If you want to make an easy job seem mighty hard, just keep putting off doing it..” – Olin Miller –

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s