me|write, think sotoy
Comments 29

Fakta atau opini ??

Udah lama gw bertemu dengan beberapa orang yang rasa-rasanya mereka lebih milih lebih percaya kepada opini ketimbang fakta. Gw nggak ngerti juga sih alasannya. Cuman yah setau gue, sebuah pernyataan yang didasarkan hasil riset ilmiah dengan data atau angka biasanya lebih bisa diterima secara logis ketimbang opini pribadi yang mungkin saja juga benar, tapi belum bisa dibuktikan kebenarannya secara lebih mendasar.

Ada juga orang yang pernah gw berargumen sama dia dengan membawa hasil riset dari orang barat, kalo gak salah risetnya di Belanda. Terus, dia bilang itu risetnya orang barat.. dia nggak percaya.. menurut dia, yang paling harus dipercaya itu Al-Qur’an dan Hadist…… (hwaduh !!!) Padahal gw pikir, hasil riset yang gw jadikan dasar argumen itu nggak ada yang bertentangan dengan Al-Qur’an dan hadist…

Ada juga seorang cewek yang gw kenal, dia menuliskan mau melakukan affirmasi diri positif buat dirinya sendiri di sebuah blognya.. dan ada orang yang comment menuliskan.. “gak boleh tuh !! affirmasi itu kan ilmu orang barat !!”………… (hwaduh lagi !!!)

Menurut gw, semua ilmu yang ada di alam semesta ini, mau dari barat kek, timur kek, atau dari alien sekalipun, mutlak adalah milik Allah… perdebatan dan diskusi yang notabene bisa menghasilkan sebuah ilmu pengetahuan akan selesai kalo kita selalu bilang cuman Al-qur’an dan hadist tapi tidak ada penjabaran lebih lanjut… dan gak diragukan lagi memang Al-qur’an dan hadist adalah sumber ilmu.. bukannya Allah menantang kita untuk menembus langit ?? dengan kekuatan… dengan ilmu… dan bukannya kita disuruh harus terus memikirkan, gimana langit digantungkan ?? dan gimana unta diciptakan ??

Pernah gw ngobrol sama seorang insinyur berumur yang menurut gw cukup mumpuni dan ahli pesawat terbang… gw cukup terkesan dengan pendapat dia… dia ngomong begini “kamu tau gak gie ayat yang tentang: kalo pohon di bumi jadi pena nya dan lautan di bumi jadi tintanya, semuanya gak cukup kalo buat menuliskan nikmat dan karunia Allah ??”

“iya tau..” gw jawab…

terus dia melanjutkan “menurut sudut pandang om, ayat itu juga punya makna RISET !!… kamu liat sendiri… riset dari dulu sampe sekarang nggak pernah ada habisnya..!! sampe di masa depan pun manusia pasti akan masih punya banyak bahan untuk diriset dan ditelaah lebih dalam… nggak mungkin ada habisnya !!”

kalo inget ini… (hwaduh) gw terobati…. Hehehe… (^_^)/

Advertisements
This entry was posted in: me|write, think sotoy
Tagged with: ,

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

29 Comments

  1. wuiiihhhhh setuju gie…kalo orang jepun bilang, kite harus terus melakukan “KAIZEN”…memang OGIE yg MANTAP dah…MEMANG MANTAP :-p

    Like

  2. Inilah salah satu kelemahan kita (?) yg tdk mengedepankan riset dlm banyak hal walaupun memang dalam beberapa hal riset juga memiliki kelemahan.

    Like

  3. GGYAAAAARRGHHH !!!!KAIZEN = continuous improvement….. hadist nabi = hari sekarang harus lebih baik dari hari kemarin…ttuuuuhhhh kaaan… terbuktiiii… emang Al-qur’an dan hadist tuh sumber ilmu dari Allah… hehehe..

    Like

  4. dadieditor said: dalam beberapa hal riset juga memiliki kelemahan.

    betul banget… probabilitas erorr masih ada….. tapi diluar itu, rasanya udah banyak cerita researcher barat masuk islam gara-gara hasil riset….

    Like

  5. chuin5 said: Keren tuh opininya si ahli pesawat

    emang pinter tuh orang… setau gw dulu pernah bantu-bantu habibie bikin pesawat… sekarang tinggal di seattle…. dan umur diatas 50 maen ping pongnya jago banget… gw gak pernah menang satu kalipun….. gw jadi malu sama umur…

    Like

  6. mbakje said: jadi mau mulai riset apa niy pak dosen?

    halah halah…. hehehe… riset buat thesis aja dah… biar sekalian lulus… gyahahaha…

    Like

  7. chuin5 said: Main ping pongnya terpengaruh sama kepandaiannya akan pesawat kali

    gw rasa dia punya rumus akurat untuk bisa placing bola persis sesuai maunya dia.. hehee.. repot dah….

    Like

  8. debapirez said: serap semuanya yg baik & bermanfaat.ya ga,Om?

    BETTOL SEKALEE ANAK MUDDAAA !!! gyah gyah gyahahahaaa…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s