entrepreneurship, me|write, spiritual, think sotoy
Comments 41

“kan bisnis… bolleeh doonngg..”

belom lama ini gue bertemu beberapa kolega, cowok semua.. ngumpul-ngumpul silaturahmi sehabis lebaran.. ngobrol ngalor ngidul gak karuan.. sampe obrolan ringan kayak puasa kemaren bolong berapa.. hehe.. gak nyangka ada yang bolong 14.. gue tanya bukan karena sakit seh, tapi yaah gitu deh.. emang godaan setan yang terkutuk itu berbahaya…hehehe.. pas gue tanya, dia cuman sambil ketawa bilang “yaahh.. mending lah gie.. yang penting gue gak kalah banget sama setan… 16 gue menang, 14 gue kalah sama setan… masih bagus kan tuh nggak seri… gyhehehe”..

hehee… logika yang aneh.. tapi itu hak dia lah mau puasa berapa hari di bulan ramadhan.. urusan gue cuman ngasi contoh dari yang ada, kalo puasa wajib itu mbok ya dilahap semua… lagian.. gue tuh siapa seeehh ?!?….

percakapan berlanjut.. ke bisnis atau pekerjaan.. gak tau gimana terus nyangkut ke obrolan soal korupsi, suap menyuap untuk dapet order atau sekedar pelicin.. atau maen di zona abu-abu yang nyerempet ilegal dan sejenisnya… ada yang iseng nanya “naah, kalo kayak gitu menurut agama gimana tuh?”.. dalam pikiran dan hati gue, jelas itu gak bolee… tanpa gue duga, seorang kenalan gue yang notabene puasanya bolong 14 hari dengan enteng berkata “bolleee dooonggg… itu kan bisnisss…”….

denger gitu, rasanya pengen gue berdebat sama nih orang.. padahal udah jelas cara dagang rasulullah gak kayak gitu.. udah jelas pelaku suap menyuap diuber-uber aparat.. kalo dari sisi agama pun, duit gak jelas atau haram gak bakalan bagus buat jadi daging di badan… tapi apa daya, saat itu gue rasanya males banget berdebat sama nih orang.. orang yang misahin antara dunia dan akhiratnya.. kerja yah kerja, bisnis yah bisinis, akhirat yah akhirat… nggak terbesit pikiran kalo semua tindakan kita itu ibadah yang bisa berefek, baek ituh sama kehidupan di dunia atau pun akherat… padahal dunia itu bagian dari akherat juga, tapi dalam esensi yang jaauuuuuuhhhh lebih kecil… dari sudut keilmuan metafisika dan metageometri ini sudah terbukti…

coba liat perumpamaan Rasulullah akan dunia…. celupkan ujung jari kita ke air laut, terus angkat tuh jari.. setetes air yang ada di ujung jari kita, itulah dunia seisinya.. terus air laut sisanya, itulah akhirat.. setetes air laut di jari kita itu bagian dari air laut juga kan..?? ini bener-bener sebuah perumpamaan yang luar biasa cerdas, baik untuk sisi keimanan maupun ilmiah… yah.. itulah Rasulullah, manusia paling cerdas yang pernah ada di muka bumi ini..

balik ke cerita.. habis kolega gue itu ngomong gitu, saat itu juga darah gue serasa panas… seakan-akan dia begitu yakin kalo di jaman sekarang ini bisnis lewat jalan yang bener dan jujur itu gak bakal berhasil dan bisa besar… gue pikir, berdebat sekarang pun baka percuma.. orang model begini harus melihat contoh kongkrit baru deh dia “sadar”.. Nah.. masalah deh tuh… euh.. sekarang ini gue punya bukti apa..?? gue belon punye ape-apeee… lagipula aku ini siapaaa ?? ku bukan superstrar, ku bukan bangsawan, ku bukan saudagar yang punya banyak kapal… (^_^!)

yang jelas, tekad membara gue timbul buat ngasi bukti ke mereka… liat saja nanti… mohon do’anya guys… bakal gue buktiin itu, kalo lewat jalan ibadah, jujur, bener dan barokah, yang namanya bisnis tuh bisa jalan, dan bisa besar… kagak pake suap-suapan !!! dunia itu kecil… janji Allah itu pasti… selama kita mau ngilangin kesombongan, dan harapan hanya digantungkan kepada Allah, Allah pasti menuntun…

Dan nanti pada saatnya tiba, perdebatan gue dengan orang model begini sepertinya nggak akan berlangsung lama… karena, gue cukup mengeluarkan dua kata: “INI BUKTINYA !!!”



SUKSES SEMUAANYAAA DUNIA AKHERRAAATTTT !!!!……

Advertisements

41 Comments

  1. Hari gini emang makin banyak org macam itu Gie, alhamdulillaah kita masih dikelilingin sama banyak orang yang bener dan berada di jalanNya, kalo ga bisa aja kan penyakit itu menular k kita. Jadi memang harus saling mengingatkan&mendoakan, cuma tampaknya kolega lo yang satu itu emang mesti diingetin dengan cara yang beda, kalo yang biasa aja tar dia ngebalikinnya sama persis kaya masalah puasa tadi, ya ga? Semoga kita juga selalu menjadi hambaNya yg bersyukur krn kita masih diingetin utk tetap melakukan yang baik dan bener, aamiin, aamiiin juga utk doanya Ogie…Eleuh…jadi panjang gini komennya…Hehe…Mulai membiasakan diri aja ya dgn komen panjang gw:p

    Like

  2. ogieurvil said: lagian.. gue tuh siapa seeehh ?!?….

    tentu saja siapa lagi kalau bukan..AA OGIE YANG SUNGGUH MEMANG!ah… menginspirasi gue kalo (suatu saat) punya usaha sendiri…

    Like

  3. ogieurvil said: balik ke cerita.. habis kolega gue itu ngomong gitu, saat itu juga darah gue serasa panas… seakan-akan dia begitu yakin kalo di jaman sekarang ini bisnis lewat jalan yang bener dan jujur itu gak bakal berhasil dan bisa besar… gue pikir, berdebat sekarang pun baka percuma.. orang model begini harus melihat contoh kongkrit baru deh dia “sadar”..

    Sabar gie…. dirimu sudah bener, kalau dirinya harus diberi contoh konkrit, lebih nendang kalo contoh itu dari dirimu, Insya Allah….. ” Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasulnya serta orang2 mukmin akan melihat hasilnya…..”

    Like

  4. ogieurvil said: Nah.. masalah deh tuh… euh.. sekarang ini gue punya bukti apa..?? gue belon punye ape-apeee… lagipula aku ini siapaaa ?? ku bukan superstrar, ku bukan bangsawan, ku bukan saudagar yang punya banyak kapal… (^_^!)

    Jangan ngomong gak punya apa2 gie… di catet Rokib Atid tuh…. lagian kamu kan Ogie Urvil Raudhatul Jannah SE….

    Like

  5. Amiiiin… semoga aklaupun jujur juga ga bikin klenger ama dunia. masi inget ama akherat.*merasa ketohok dengan pernyataan sendiri*

    Like

  6. bapakranger said: bravo, gie… insya allah obrolan singkat kita waktu itu ada hikmahnya ^_^

    amiinnnn…. jelas ada… mari kita wujudkan bersama… bapak dosen yang baek hati dan tidak sombong..

    Like

  7. namakuadelina said: kita masih dikelilingin sama banyak orang yang bener

    euh.. yang rada gelo’ ada jugak seh… kekeke… nggak pape… yang penting beriman…

    Like

  8. oooh.. abis selalu di sembunyikeun nama R.A dibelakangmu.. ooohh R.A ya.. kirain R.J.. harusnya Raudhatul Athfal… naah itu Taman Kanak-kanak… hue he24530x…. (kabuur…)

    Like

  9. pemikirulung said: sampaikan walau cuma 1

    amiiinn.. tengkyuu.. itu kan udah yang celupkan ujung jari ke dalem lautan… emang bukan ayat seh.. but at least.. spiritual base lah… kalo nambah lagi jadi dua donk… gyahaha..

    Like

  10. kalo nggak salah inget, arti singkatnya ‘bintang fajar’ gitu ya?bintang yang menembus malam, yang menembus kegelapan, yang muncul di malam hari, yang menembus dan bergerak, yang berdenyut atau berdetak, yang menumbuk, atau bintang terang…singkat kata, MEMANG.kenapa?soalnya kalo dibanding yang lain, istilah bintang disebutkan di dalam Al Qur’an sebanyak 14 kali, empat diantaranya bentuk single “an-najm”, sembilan bentuk plural “an-nujum”, dan satupun diantaranya tidak ada disebut dengan “ath-thaariqi an-najmu ats tsaaqibu” kayak di surat Ath Thariq.jadi ya MEMANG si ogie ini BEDA dari yang lain… gitu lohkalo bahasa ilmiahnya, thariq ini = pulsarjadi Ogie Pulsar… hmm… kok jadi kayak nama mobil yatapi gpp deh, cukup keren dan najonk juga kok… he3x

    Like

  11. dayorules said: Kalo ga salah artinya sepadan dengan: KEKUATAN atau KETEGUHAN ya…?

    amiinn ya Allaaahhh… jadikan aku orang yang teguh dan kuat dalam menegakkan panji-panjiMu dan menaklukkan musuh-musuhMu…

    Like

  12. bapakranger said: bintang yang menembus malam, yang menembus kegelapan,

    nah.. ini yang bener.. dari surat Atthariq… weleh- weleh.. kalo soal yang 14 kali itu sumpe gw baru tau.. terima kasih bapak dosen… keMEMANGANku tidak sebanding denganmu…

    Like

  13. roelworks said: hmmm….pulsar…

    set dah ?!?… udah naekin sih, tapi yang 180 sama 200 cc.. yang 300 ini belon… naek buat poto doang… kalo nyetir mah kagak… wong gua kagak bisa naek motor geto loh…

    Like

  14. ogieurvil said: janji Allah itu pasti… selama kita mau ngilangin kesombongan, dan harapan hanya digantungkan kepada Allah, Allah pasti menuntun… 

    saya bukan muslim tp saya percaya sama yang ini…really nice : )kadang sedih liat orang yang menghalalkan segala cara untuk alih2 bisnis,..sedih, bner2 sedih… : (btw kl aku dihadapkan temen kek km, rasae aku jg bakalan diem jg sih, toh orang seperti itu memang kudu kena “batunya” dlu baru sadar…

    Like

  15. salvadorkatz said: btw kl aku dihadapkan temen kek km, rasae aku jg bakalan diem jg sih, toh orang seperti itu memang kudu kena “batunya” dlu baru sadar…

    iya memang… soalnya orang-orang yang model begene neh yang bisa bikin negara jadi ancur…”pak pak… mo jalanin project monorail gak pak…?? tapi 30% dananya buat saya yah…”hehehe… gimane mo majuuuu…..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s