Month: December 2010

susah + seneng = lebih bahagia

Beberapa filosof mempertanyakan, apa iya harus susah dulu baru bisa merasakan kebahagiaan ?… Soalnya kalo dari perspektif islam, banyak dasar yang menyatakan kayak gitu… Kalo pendapat gw pribadi, jawabannya cenderung ke iya… Gw pikir, orang yang terlahir kaya, hidup di kalangan orang kaya dari kecil sampe besar, mungkin akan menganggap kekayaannya tersebut adalah hal yang biasa.. bukan berarti gak bahagia loh ya… Cuman menurut gw, kebahagiaan yang akan didapet orang yang terlahir miskin atau biasa saja, lalu berusaha keras dan berhasil menjadi kaya, kualitas kebahagiaannya akan lebih besar ketimbang yang langsung terlahir kaya tadi .. Contoh sederhana lain, punya cewek inceran yang pengen dijadiin pacar terus jadi istri, susah payah sampe stress berjuang sekian lama biar dia demen ama kite, eh akhirnya kesampaian… pasti luar biasa tuh bahagia yang dirasainnya… Atau, ngerjain karya tulis skripis / tesis, stress dapet dosen pembimbing yang susah tapi bisa bikin karya jadi bagus, pas di ACC bakal bahagia bukan main… (HOREEEE BAB III GUE AKHIRNYA di ACC JUGAAA !!!…) Jonathan Haidt melakukan penelitian yang kontradiktif dengan kebanyakan psikolog yang …

ooh bab 3 kuuu…

Buset dah, udah lama banget gw gak ngisi nih blog.. Berawal dari kena radang tenggorokan, Alhamdulillah kerjaan ada ajah, nguber Bab 3 tesis, sampe akhirnya ke surabaya dari jum’at sampe senen (13 des)… Jadi terbengkalai dah neh blog.. Tapi dari semua itu yang paling jadi beban di pikiran gw itu yah tesis bab 3 gw.. Gw kepengen banget tesis gw cepet kelar.. Dan udah ada pemberitahuan dari kampus bahwa sidang seminar / kolokium bisa diadakan dalam waktu dekat.. Buat mereka mahasiswa yang udah selesai sampe bab 3 bisa mengajukan formulir untuk maju ke sidang tersebut… Dan eneh bab 3 gw lagi – lagi ada revisi.. Berhubung dosen pembimbing gw kwartal ini gak ngajar di pasca interstudi, berarti gw bimbingannya kudu ke tempat tongkrongan harian dia di UI Depok.. Emang beliau pinter seh, masih muda, selesai program doktor dalam waktu 3 tahun, cum laude pulak, dan beberapa pihak di interstudi memperkirakan gak butuh lama dah buat neh dosen untuk jadi profesor… Dari sekian banyak revisi dia pada tesis gw, berasa tesis gw jadi tambah tajem, jadi …