me|write, my life stories
Comments 4

sakit dah..

Untitled-1Akhirnya bisa ngeblog lagi.. Setelah “ketiban” project yang mesti gw turun tangan sendiri, sampe beberapa minggu harus jadi “suster” karena berurutan anak bini kena batuk pilek demam berat.. Kadang plus muntah.. Urutan pertama yang kena si kakak, kedua si istri, ketiga si baby.. Sampe2 tiap selang 2 harian gitu masing2 mereka gw bawa ke dokter.. Hyaha..

Alhamdulillahnya di hari ketiga demam mereka udah pada turun.. Dan sebagai penutup, akhirnya gwnya sendiri yang ‘ambruk’.. Tiga harian gitu cuma bisa geletak di kasur, demam tinggi & lemes minta ampun, plus batuk2 di malem hari bikin gw kagak bisa tidur..

Sekali lagi Tuhan ngingetin gw kalo nikmat sehat itu sangat luar biasa.. Meski seseorang banyak duit pun, kalo udah sakit, hadeehh, rasanya pasti nggak asoy banget.. Tapi sakit yang beneran loh yaa, bukan sakit bo’ong2an yang kayak siapaa gitu ya..?? Hehehe..

Aneh, padahal H-1 sebelum gw “tumbang”, gw masih ngerasa seger dan main badminton.. Eh, besok paginya pas bangun tidur langsung meriang.. Menurut penulis buku “Terapi Sholat Tahajjud”, Prof. Dr. Moh Sholeh, secara empiris, faktor penyebab timbulnya penyakit itu ada lima..

(1.) Pola pikir.. Pikiran yang negatif kayak pikiran & perasaan marah, sombong, dengki, dan stress, pada akhirnya bisa membuat sistem imun seseorang menurun.. (2.) Pola makan.. Yang ini yah maksudnya pola makan yang nggak teratur dan sehat..

(3.) Pola laku.. Pola hidup yang nggak oke seperti kurangnya aktivitas fisik, nggak pernah olahraga, sering begadang, dan aktivitas yang monoton..
(4.) Pola lingkungan.. Bisa berupa radiasi benda2 elektronik, zat pewarna makanan, polusi udara, dan lingkungan yang nggak sehat..

Yang terakhir, kalo misalnya seseorang sudah berhasil menjalankan pola2 diatas secara baik dan benar, tapi tetep sakit juga.. Maka Prof. Dr. Sholeh bilang ya itu karena (5.) Kehendak Alloh.. Hehehe.. Entah apa maksudnya Alloh bikin kita sakit, yang jelas kalo mau berpikir positif, mindset: ‘everything happen for a reason’ bisa digunakan..

Selebar apapun pundak seseorang (meski selebar lapangan bola), kalo Alloh berkehendak dia akan sakit, ya wassalam.. Karena pada dasarnya manusia MEMANG diciptakan dalam keadaan LEMAH (QS:4.28)..

Bandingkan dikit sama hewan.. Banyak jenis hewan yang dalam hitungan hari atau minggu udah bisa jalan dan makan sendiri.. Manusia perlu hampir setahun atau lebih untuk bisa jalan sendiri.. Itu baru jalan loh, untuk bisa makan sendiri jelas perlu waktu yang lebih lama lagi..

Jadi, manusia sebetulnya memang nggak layak sama sekali punya perasaan sombong, melabeli “A, B, atau C” seenaknya yang sejatinya itu adalah hak prerogatif Tuhan..

Advertisements

4 Comments

  1. Sehat emang nikmat luar biasa. Saya flu seminggu saja sudah merusak banyak rencana.
    pola hidup sehat penting sekali, olahraga terutama yang benar benar harus dilakukan.

    Like

  2. Dengan sakit kita bisa lebih dekat dengan Alloh,,,
    dan dengan sakit, kita bisa merasakan bahwa kesehatan yang selama ini kita miliki adalah rizki paling besar dari Alloh….
    Alhamdulillah, mungkin Alloh rindu dengan rintihan kita mas.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s