All posts tagged: do’a

dzikr a lot..

“Banyak2 berdo’a deh.. hehe..”.. Seinget gw, gw pernah beberapa kali ngasi saran gini ke temen2, atau ke mahasiswa.. Karena dari pengalaman, gw sendiri mengakui kalo berdo’a itu ada pengaruhnya pada kehidupan.. Pendek kata, berdo’a adalah baik.. Pertanyaannya, mesti seberapa banyakkah kita berdo’a ??.. Gw jadi kepo sendiri, di Qur’an, ada nggak ya anjuran untuk berdo’a sebanyak2nya ??.. Ternyata setelah diinget2 dan baca2 buku lagi, memang nggak ada loh perintah untuk berdo’a sebanyak2nya.. Tapi yang ada itu perintah untuk berdzkir sebanyak2nya.. Cukup banyak juga ayat yang membahas hal untuk banyak2 dzikir.. Seperti: dzikirlah sebanyak2nya (QS 33: 41), dan berdzikirlah sebanyak2nya supaya menang (QS 8:45), atau berdzikir supaya hati menjadi tenang (QS 13: 28).. Kira2 kenapa ya ??.. Kok nggak ada perintah gamblang untuk berdo’a atau memohon / minta tolong sebanyak2nya ??.. Buat gw sih ini bisa dimaknakan untuk lebih memaksimalkan usaha / kerja keras selain berdo’a.. Karena banyak juga orang yang memperbanyak do’anya, tapi usaha dan kerja kerasnya tidak ikutan diperbanyak.. Padahal kita liat sendiri, orang atheis tidak berdo’a, tapi yang sukses banyak juga toh ??.. …

umurnya waktu..

Alhamdulillah masih diberikan karunia usia sampe saat ini.. Terima kasih buat semua yang udah ngucapin selamat.. thanx buat teman2, kerabat, dan para mahasiswa gw (hehe.. ini sebenernya temen juga sih masuknya, sepantaran pulak.. gwakakak..).. Yah, gw udah bilang di tiap awal pertemuan kelas manapun yang gw ajar, “treat me like your friend..”.. Karena gw dulu merasakan sendiri, adanya “gap” yang jauh antara mahasiswa dan dosen itu sama sekali nggak menyenangkan.. Membaca satu persatu ucapan selamat, mengaminkan satu per satu do’a yang temen2 berikan, itu semua membuat gw sangat bersyukur, bahwa gw masih dikelilingi orang2 baik.. Dan sejak jaman dulu, do’a juga bisa dibilang “teknologi” yang cukup ampuh untuk perwujudan keinginan.. Di lain pihak, hal tersebut juga membuat gw termotivasi, untuk terus “meng-upgrade” diri, entah sampai batasan mana, yang jelas pada akhirnya, hasil upgrade-tan itu gw niatkan untuk gw bagi2.. Ngomongin soal umur, berarti ngomongin soal waktu.. Ngomongin waktu berarti ngomongin hal yang nggak mungkin kembali lagi kalo udah lewat, meski dikejar pake pesawat star trek sekalipun, entahlah kalo pake mangekyo sharinggan.. hehe.. Yang jelas, pertambahan …

mengkritisi rumus saya + Tuhan = cukup..

Nih rumus pertama kali gw denger dari Mario Teguh, dan memang mungkin ini rumus asli hasil pemikiran beliau berkat perenungannya yang dalem.. Pertama kali gw denger rumus baru yang “aneh” begitu, gw agak2 bertanya-tanya.. Ape iye nih rumus bener..?? Koq kesannya jadi mengenyampingkan hal2 yang ada di sekitar kita..?? Kesannya jadi nggak butuh orang lain, nggak butuh bantuan sekitar, dan nggak perlu hal2 yang sifatnya “eksternal” dari keduniawian kita.. Tapi seandainya ini rumus ngaco’, nggak mungkin si pak Mario bisa jadi naek ke level seperti sekarang ini.. Dan nggak mungkin beliau berani juga mempopulerkan ini rumus dalam tayangannya yang lingkupnya nasional, atau internasional kali yee (kan bisa lewat youtube.. hehe..).. Jadi gw tertarik buat mikirin lebih dalem mengenai rumus ini.. Dan pada akhirnya gw memahami bahwa ini rumus tokcer !!.. Ini formula atau rumus yang hebat buat orang2 yang ingin selalu maju dan “naik” ke tingkat yang lebih tinggi.. Kenapa ?? Karena: “Saya” itu sebenernya kompleks.. Ada banyak hal dibelakang kata “saya”.. Ada orangtua yang melahirkan & mendidik, ada lingkungan yang membesarkan, dan ada pilihan2 …

sumimasen..

Yeeyy.. Alhamdulillah, Ramadhan datang lagi.. Di ramadhan sekarang, mungkin ada yang beda buat gw.. Karena anak gw udah umur setaon lewat dikit, udah bisa nambah ngerepotin enyak babenye.. Taon kemaren mah bisanya cuman tidduurr doangan.. Nggak terlalu makan stamina ngurusnya.. Sekarang kaya’nya ceritanya bisa jadi agak berbeda.. Ya gitu deh waktu.. Terus berjalan.. Dan gak ada satu cara pun yang bisa mengubah masa lalu.. Yes, betul2 tidak ada yang bisa kita lakukan untuk merubah masa lalu.. Jadi buat apa melemahkan diri untuk masa2 yang sudah berlalu ?? Yang dulunya ngerasa banyak dosa, contohlah si Battsosai Himura, menebus semua dosa pembantaiannya dengan menghunus pedang di jalan kebaikan.. Dan yang dulunya gak pernah berdosa, euh.. gak mungkiiinn !!.. hehe.. Setiap orang pasti punya dosa, pasti punya salah, baik sengaja maupun nggak.. Jadi di postingan ini gw mau minta maaf atas segala kesalahan yang terucap ataupun tertulis, hehe.. dan yang ketauan sama gw atau yang nggak.. Karena terkadang banyak yang melakukan salah atau menyakiti orang lain tanpa dirinya sendiri sadar melakukan hal tersebut.. Yah, berapa banyak orang menjalankan …

kesempatan dong..

Kadang2 kita ini sukanya minta “short cut” sama Tuhan… (kita ?!?! gw doang kallee..?? hehehe..)… Segera menjadi kaya, segera menjadi pintar, segera menjadi kuat, dan segera2 lainnya yang sesuai dengan maunya kita.. Padahal, nggak ada cerita atau nggak ada sejarahnya seseorang yang berdo’a minta banyak uang, terus tauk tauk “gedebluk..!!” tuh uang  jatoh dari langit di depan dia.. Gw pribadi juga nggak pernah denger sih ada cerita, orang berdo’a minta jadi pinter, tauk tauk, “criiinnggg..!!”, tuh orang besok paginya langsung pinter setara dengan profesor dan menelurkan karya2 ilmiah yang dahsyat.. wakakak… Nggak ada ceritanya juga orang berdo’a minta jadi kuat, tauk tauk “Jreng jreeeng..!!” besok paginya dia pergi ke kantor “bawa” mobil dalam arti yang sesungguhnya, alias mobilnya dia tenteng, kagak dia naikin…  gyaha.. Kalo memperhatikan banyak cerita, orang2 yang berdo’a minta uang, biasanya yang dateng ke hadapan dia adalah peluang atau kesempatan untuk bisa mendapatkan uang… Kalo orang2 yang berdo’a minta supaya jadi pinter, biasanya yang dateng itu peluang /  kesempatan untuk dia bisa jadi tambah pinter.. Wujudnya bisa berupa ketemu temennya yang lebih …