All posts tagged: amal

“ditarik” rasa mampu..

Aaakkk.. banyak banget tugasnyaaa.. Mungkin kurang lebih begitu isi kepala mahasiswa gw pas gw lagi ngasi tugas borongan.. Yah, bagaimanapun, desain grafis itu seni terapan.. Sebuah skill problem solver yang beroutput visual.. Dan yang namanya skill, jelas perlu latihan yang buanyak.. Keuntungan dari tugas banyak yang bisa jelas terlihat itu ya umumnya kemampuan yang meningkat.. Bisa keliatan deh tuh dulu desainnya pas awal kuliah gimana, terus sekarang jadi gimana.. Rumus jadi seorang ahli (kaidah 10.000 jamnya) jadi lebih cepat terkejar.. Namun tetep mesti ada niat dan kesungguhan dalam pengerjaan tugasnya.. Karena ada juga yang gw liat, karena asal jadi ngerjain tugasnya, ngaret dari deadline, pada akhirnya skillnya jadi nggak meningkat secara signifikan.. Sebetulnya tugas banyak juga latihan terhadap mental.. Untuk menguji, bisa melepas dari rantai opini “nggak mampu” atau tidak.. Seringkali kita2 nih udah ngerasa nggak mampu duluan kalo dikasi project yang sebelumnya nggak sebanyak, atau “sebesar” yang pernah kita kerjakan sebelumnya.. Padahal itu bisa jadi hanya prasangka buruk dari diri, yang timbul dari minimalnya kesungguhan, atau ya maksimalnya kemalasan.. Padahal perasaan mampu atau nggak …

diri ini, bukan presiden itu..

Orang itu emang macem2 ya ??.. Presiden pilihannya nggak menang aja, ternyata bisa juga jadi berujung panjang.. hehe.. Taroklah kemaren itu kubu no.1 yang menang.. Gw berani jamin gw akan bersikap biasa aja, nggak akan aneh2 atau bersikap yang menjelek2an nomer 1.. Karena bisa memicu perang sodara.. Hehe.. Liat aja, mana ada fenomena “unfriend” fesbuk sedahsyat kayak saat2 kemaren itu ??.. Hyaha.. Selain itu, yang gw rasain berkali2 milih presiden: siapapun presidennya, nggak ngaruh ke perkuliahan gw, nggak ngaruh ke jalannya bisnis gw, nggak ngaruh ke blog gw (iki opo toh ?), nggak ngaruh ke order desain yang gw terima, dan secara mendasar jelas2 nggak ngaruh ke besar kecilnya rejeki yang gw terima.. Yah ini kalo bicara perspektif individu loh ya.. Gw nggak tau, mungkin ini juga pengaruh dari guwe-nya yang berprofesi sebagai pengusaha, yang memimpikan nggak banyak tergantung dari kondisi lingkungan.. Soalnya kalo urusan berharap pada manusia, gw udah kenyang banget,  malah lebih banyak kecewanya.. Bisa menghasilkan uang sendiri & mandiri sejak muda udah gw impikan sejak SMA, dirintis dengan jualan kaset & coba2 …

Islam & Jeet Kun Do..

“Islam datang bukan untuk merubah budaya leluhur kita jadi budaya Arab, bukan aku jadi “ana”, kamu jadi “antum”, saudara jadi “akhi”, tetapi kita harus pertahankan milik kita, kita serap ajarannya, bukan budaya arabnya..” – Gus Dur – Udah lama banget quotes dari Gus Dur ini ngalor ngidur di kepala guwa.. Karena, sejak dulu gw kuliah sarjana, mereka2 yang saling memanggil dengan ana, antum dan akhi itu banyak banget berseliweran di depan gw.. Dan dulu gw ngeliat itu sebagai hal yang cukup oke.. Tapi sekarang seiring bertambahnya pendidikan dan bacaan, lagi2 gw berubah pikiran.. Gw kembali “menggeser” apa yang dulu gw anggap oke itu.. Sekarang gw ngeliatnya kok berbuat seperti itu malah berkesan jadi ‘menyerap’ budaya arab dan menenggelamkan budaya sendiri.. Karena makin ke sini gw paham kalo Islam bukanlah arab.. Kalo Rasul diturunkan di Tiongkok, bisa jadi mereka2 yang menganggap Islam adalah budaya arab saat ini akan memakai baju tradisional China, dan saling memanggil dengan ngkoh & enci.. Persis kayak di mangga dua, hehe.. Karena Islam adalah agama, bukan budaya.. Dari banyak referensi, sederhananya budaya …

siapa di belakang “kucing” ??..

Ada sejumlah orang yang gw tau nggak mau pilih Jokowi karena ada Megawati di belakangnya.. Hmm.. Jujur aja, gw juga gak suka koq sama Megawati, dan gw tetep pilih no. 2.. Karena apa ?? Karena kalo faktor orang2 “di belakang” yang dijadikan pertimbangan, justru menurut gw orang2 di belakang kubu no. 1 itu malah lebih parah, dan lebih banyak yang gak gw suka.. Di belakang kubu no. 1 itu lebih banyak lagi orang2 yang terlibat “kasus2” korupsi dan kasus lain yang merugikan negara.. Ada yang kasus daging sapi, ada yang lumpur, ada yang dana haji, dan lain sebagainya.. Logika sederhananya, kalo gw memilih capres no. 1, itu sama aja gw memberikan peluang bagi mereka untuk menjabat dan duduk kembali di dalam pemerintahan.. Dan kalo mereka berhasil menjabat kembali, itu adalah kesempatan bagus bagi mereka untuk dapat “menghapus” jejak, “bermain cantik”, “cuci tangan”, “mengeles” atau tindakan apapun dengan beragam istilah, dan bakal makin susah kasus2 merugikan negara era periode lalu terungkap tuntas, karena yang menjabat masih mereka2 juga.. Nggak mungkin kan ngebersihin lantai pakai sapu kotor..??.. …

cemunggudh..

Pernah ada masa2 dimana gw semangat banget maen game Final Fantasy.. Terakhir maen yang FF XIII-2.. Gak peduli sesibuk apapun, hampir konsisten tiap hari gw maenin kurang lebih satu jam.. Perlahan, semangat itu berkurang, sampe akhirnya sekarang pun gw belum berhasil menamatkan itu game..  Padahal gw suka banget loh sama ini game.. Pernah juga ada saat dimana gw konsisten bikin jurnal visual.. Yaah, model buku visual diary gitu deh.. Hampir konsisten, setiap minggu, atau bahkan kalo lagi semangat banget, bisa setiap hari bisa ada gambar baru di diary itu.. Perlahan, semangat pun mulai turun.. Meski satu jilid buku udah penuh, dan sudah beranjak ke buku kedua, semangat gw jadi melempem.. Udah beberapa bulan buku kedua visual diary gw itu cuman berisi beberapa gambar aja di sejumlah halaman2 awal buku.. Padahal dari jaman kuliah dulu gw udah suka banget ngegambar dan ngewarnain.. Gw juga ngamatin, dulu awal2 game LINE POP dan PokoPang muncul di LINE messenger, banyak banget temen2 gw yang maenin itu game.. Sempet semuanya semangat dan hampir setiap hari pasti ada aja yang maen …