me|write, spiritual
Leave a Comment

tauhid sablonan..

Seorang artis ganteng ketangkep memakai dan nyimpen narkoba.. Setelah dia ketangkep, ada sejumlah foto2 masa lalunya yang beredar di medsos.. Salah satunya yang menarik perhatian gw, saat dia menggunakan baju bertuliskan “tauhid”..

Sempet pernah rame, jangankan di baju, tulisan “tauhid” banyak muncul dan dipertontonkan di beragam atribut lainnya.. Nah di situlah sayangnya, hanya tulisannya saja.. Implementasi substansial dari tauhid itu sendiri sepertinya malah tenggelam..

Jujur aja, gw sendiri nggak ngerti2 amat tentang tauhid.. Gw malah merasa belom bisa mengimplementasikan sepenuhnya.. Tapi ya sebego2-nya gw, gw ngerti kalo “pemahaman” tauhid bukan di baju, dan akal bukan di sorban..

Tapi gara2 kasus yang begini ini yang bikin gw tambah kepo.. Akhirnya baca2 lagi dah tentang Tauhid.. Ada banyak buku yang ngebahas mengenai hal ini.. Silahkan pilih saja mau baca yang mana, poinnya adalah diri ini jadi tambah mengerti tentang esensi, dan bukan hanya “kemasan”..

Ternyata buat gw pribadi, bahasan soal tauhid ini bisa dibilang berat (^_^!).. Ada referensi yang menuliskan, Tauhid itu ada 3 jenis.. (1). Tauhid Rububiyah: meng-esakan Alloh dalam perbuatan-Nya.. Seperti mencipta, memberi rezeki, menghidupkan, dan mematikan.. (2). Tauhid Uluhiyah, meng-esakan Alloh dalam jenis2 per-ibadah-an yang telah disyariatkan.. Seperti sholat, puasa, zakat, dsb.. Dan (3). Tauhid Asma’ wa Sifat.. Yaitu menetapkan nama2 dan sifat2 untuk Alloh sesuai yang ditetapkan Alloh bagi diriNya..

Gw juga suka pernyataan Dr. Syafii Antonio M.Ec (2013) dalam “Shiddiq – Personal Excellence”.. Menurut beliau, seseorang yang ber-tauhid, hendaknya memiliki 5 keyakinan yang bersumber dari keesaan Tuhan.. Ia harus yakin bahwa dirinya, kesemua isi alam, serta segala perisitiwa itu adalah (1). Dari, (2). Milik, (3). Untuk, (4). Diawasi, dan (5). Kembali ke Alloh..

Saat seseorang memiliki keyakinan2 tersebut, maka dirinya akan selalu punya tujuan, selalu merasa diawasi Tuhan, dan sadar akan mempertanggung jawabkan segala perbuatan dirinya ini saat kembali pada-Nya nanti..

Menjadi lucu saat seseorang memakai kaos bertuliskan tauhid, lantas pake2 narkoba.. Memakai topi berlabel tauhid namun masih culas & korupsi.. Koq sepertinya kelima keyakinan di atas malah nggak terlihat ada pada diri mereka ya..?? Ya begitulah kalo Tauhid cuman jadi “sablonan”..

Dan yang gw tulis ini hanya sedikit “kupasan” saja.. Gw yakin banyak yang bisa membahas lebih dalam.. Segini aja gw udah berasa berat yak.. Hehe.. Memang, beragama kalo secara atributif dan kulit doang itu lebih gampang..

Benerlah itu kata2 sejumlah ulama.. Kalo mau dapet mutiara, ya mesti susah payah nyelem sendiri ke dalam laut.. Kalo cuman jalan2 maen air di pantai doang mah, ya dapetnya cuman buih..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s