Month: May 2021

KKS06: Anak kecil LEBIH KREATIF daripada orang dewasa ??

Tes kreativitas yang berbasis divergent thinking di masa lalu menunjukkan kecenderungan bahwa anak kecil lebih kreatif daripada orang dewasa.. Sebenarnya apa yang menyebabkan anak kecil berkesan lebih kreatif ?? Terutama dalam hal “luwes”nya pikiran mereka dalam mengubah banyak hal menjadi ide-ide yang baru ??.. Dan kenapa orang dewasa cenderung menjadi lebih tidak kreatif ?? Simak video ini untuk mendapatkan sejumlah jawabannya..

KKS05: Tes Kreativitas ??

Pernah ikut uji atau tes kreativitas ??.. Sepertinya yang sering kita temui adalah tes IQ, psiko tes, atau personality tes.. Sementara tes khusus yang bisa menilai angka / nilai kreativitas kita agak jarang kita temukan.. Apakah segitu sulitnya membuat sebuah tes kreativitas ??.. Monggo tambah wawasan lagi mengenai kreativitas melalui video ini.. Semoga bisa bermanfaat..

KKS04: Sulitnya Meneliti Kreativitas

Ternyata meneliti kreativitas secara sains, secara kognitif itu nggak semudah yang kita kira.. Para ilmuwan pun menemui kesulitan untuk bisa mendapatkan kesimpulan baku yang benar-benar obektif mengenai kreativitas.. Dasar dari sains atau keilmiahan adalah objektivitas.. Apakah segitu sulitnya meneliti kreativitas secara objektif ??.. Simak langsung videonya.. Semoga bisa bermanfaat..

nge-youtube..

Siapa sangka, gara2 pandemi dan bikin video ajar, malah nimbulin ide untuk bikin channel youtube.. Udah sempet kepikiran bikin dari lama sih, tapi masih belum timbul2 keberanian.. Entah kenapa, belakangan ini, selalu ada “kompor” yang bikin gw jadi “kebakar” beneran.. Mulai dari beberapa mahasiswa yang bilang: “Coba bikin lah mas..”.. Terus ya gitu, udah punya “konten”nya, software2nya pun ada, gara2 bikin video ajar.. Lantas, sejumlah status di fesbuk pun ikut2-an “ngomporin”.. Mulai dari soal komplain2 kurangnya konten2 berfaedah, tanggung jawab sosial kalo punya ilmu / wawasan tentang sesuatu, dan yaah gw liat sendiri, anak gw kalo buka youtube bukanya apaan.. Hehehe.. Seringkali yang un-faedah gitu deh.. Yang paling “kena” ke gw sih status tulisan di fesbuk dari Ust. Ahmad Sarwat.. Buat gw pribadi, beliau ini ulama.. Tulisan2nya ngalir terus, nggak ada habisnya dengan beragam topik.. Dulu, beliau pernah nulis status artikel yang ada kata2 begini “Ikatlah ilmu dengan me-youtube-kannya..”.. Mungkin karena sekarang orang lebih senang nonton ketimbang baca.. Ditambah minat baca masyarakat sini yang terbilang rendah, bisa jadi format audio visual akan lebih bisa menarik …