me|write, my life stories, think sotoy
Comments 4

shopping dropping..

01122Dah mau lebaran nih.. Mall rame bingits.. Mau parkir aja mesti Thawaf dulu.. Hyaha.. Nggak tau kenape, gw selalu nggak pernah betah berlama2 kalo diajak istri gw belanja.. Belanja di tempat seenak apapun itu, buat gw seakan ada “timer” di diri gw yang udah disetting dengan waktu yang terbilang pendek.. Bukan cuman pas gw udah beristri sekarang ini aja.. Kalo gw inget lagi, saat jomblo nganterin nyokap belanja dulu2 itu pun perasaan “nggak nyaman” saat berbelanja itu juga udah ada..

Mungkin jawabannya: karena gw COWOK tulen !!.. Hehe.. Loh ?!? kok bisa ??.. Ternyata ada loh penelitian yang berkesimpulan para cowok itu bisa menjadi amat rentan stress di saat berbelanja.. Dan level stressnya lumayan tinggi, jauh melebihi level stress wanita dalam situasi yang sama.. Bahkan di riset tersebut, 70 persen cowok mengalami stress yang levelnya sama dengan tingkat stress yang dialami polisi saat sedang baku tembak dengan penjahat.. Atau pilot pesawat tempur yang sedang berhadapan dengan lawannya..!!.. Gokil nih riset..

David Lewis Ph.D, seorang pakar psikologi dari Inggris pernah juga melakukan penelitian sebagai berikut: responden pria & wanita dikasi daftar orang2 yang mesti diberi hadiah Natal.. Mereka diminta belanja hadiah untuk orang2 itu di mall dengan ditemani seorang staff peneliti yang mengukur kecepatan detak jantung dan tekanan darahnya.. Hasilnya, hanya satu dari empat wanita yang mengalami kenaikan tekanan darah dan percepatan detak jantung.. Sementara SEMUA responden pria mengalami kenaikan tekanan darah dan kecepatan detak jantung..!!.. Hmm.. Nggak salah dah gw deg-degan mulu kalo nganter bini’ gw belanja, apalagi pas mau deket kasir.. ((^o^!)/…

Lewis juga menyatakan, lebih dari 70% responden pria level stressnya sampai pada tingkat yang bisa membahayakan jiwanya.. Hwalahh !!.. Bahkan bukan cuma saat di mall-nya, tapi saat di jalan menuju mall pun cowok2 ini udah merasa stress !!.. Penelitian Lewis ini didukung oleh psikoterapis lain dari Texas, Gerry Lowe.. Lowe menyatakan banyak pria sulit menerima kenyataan mereka mesti belanja untuk orang yang mereka cintai, plus lagi para pria takut pilihan hadiahnya nanti nggak cocok atau nggak disukai oleh si penerima..

Hasil survei tersebut dimuat di National Business News.. Kesimpulan survei tersebut adalah kebanyakan pria beranggapan lebih mudah memenangkan sebuah penghargaan untuk prestasi mereka, ketimbang menemukan hadiah yang tepat untuk orang yang mereka cintai..

Lowe juga berpandangan, hal ini dikarenakan peran gender-nya.. Ia menyatakan: “Secara umum, banyak pria yang melihat peran mereka sebagai pria adalah pencari uang.. Mereka tidak melihat kegiatan belanja hadiah sebagai salah satu perannya sebagai pria..”

Advertisements

4 Comments

  1. hensamfamily says

    aggrhhh….brarti saya bukan cowo tulen kah??? (hiks!) saya suka belanja dan menawar dengan tega. tapi saya ga suka menghabiskan waktu buat belanja. prinsipnya tentukan lebih dulu apa yang mau/perlu dibeli, pergi ke toko/mall tujuan, cari barang yang paling bagus, tawar to the max/cari yang termurah dan bawa pulang!

    Like

    • Hahaha.. berarti mas masuk diluar yang 70%.. Yes.. prinsip itu bener.. Supaya cepet berbelanja, dari awal sebaiknya udah tau barang apa yang mau dibeli, udah compare sana sini via online misalnya.. Terus “bat bet bat bet”, bayar, pulang deh..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s