entrepreneurship, me|write, think sotoy
Comments 12

great GRIT..

021Dulu pernah liat kata Grit” di sebuah iklan turnamen tennis luar negeri di TV berbayar.. Gw pikir, akhirnya ada juga yang berani pakai kata itu untuk sebuah iklan meski kata itu nggak terlalu populer.. Adalah alumni Harvard: Angela Duckworth yang berjasa mengangkat istilah Grit ini..

Awalnya Angela kepo akan pencapaian teman2 kuliahnya setelah pada lulus.. Beberapa sukses besar, sementara banyak juga yang nggak berubah.. Padahal menurutnya mereka rata2 punya motivasi, kecerdasan, & pendidikan yang sama..

Pengamatan Angela membuahkan hasil.. Ternyata teman2nya yang sukses besar adalah mereka yang nggak suka gonta ganti scope pekerjaan, alias punya satu tujuan hidup dan tetap setia pada tujuan tersebut.. Mereka yang kalah sukses, bukannya kalah cerdas, tapi suka gonta-ganti kerjaan, berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain, atau istilah gaulnya bajing loncat.. Sehingga mereka nggak pernah benar2 menekuni sebuah “set” keahlian dalam satu bidang..

Lantas Angela dan rekan2nya mengembangkan konsep Grit.. Menurutnya, Grit bukanlah sekedar bekerja keras dan ketekunan, tapi penetapan tujuan hidup jangka panjang, dan kesanggupan melakukan apapun sampai tujuan itu tercapai.. Termasuk “keikhlasan” untuk menerima ketidaknyamanan, letih luar biasa, penolakan, bahkan sedikitnya progress yang tampak setelah bertahun2..

Angela berhasil merumuskan sebuah tes Grit, yah semacam tes IQ gitu deh..
Di tahun 2007, tes Grit sederhana dilakukan pada 175 peserta kompetisi mengeja nasional di Amerika.. Hasilnya memuaskan, hasil tes gritnya lebih mampu memprediksi siapa saja yang akan berhasil masuk ke babak final dibandingkan tes IQ..

Studinya juga sempat dilakukan di akademi militer paling terkenal dan sangat “keras/ketat” di Amerika yg bernama West Point.. Umumnya sekitar 5% dari calon tentara akan dikeluarkan atau mengundurkan diri di semester pertama.. West Point memerlukan “alat seleksi” yang lebih sip untuk memilih calon tentara, kemudian Angela masuk menawarkan tes Grit ini di tahun 2008.. Setelah berkali2 dicoba, hasilnya cukup oke, para calon tentara yang mampu bertahan adalah mereka yang nilai test Gritnya cukup tinggi..

Puncaknya, Angela menerima MacArthur Fellowship, or “Genius Grant” di tahun 2013.. Sebuah penghargaan bagi warga Amerika yang mampu menunjukkan: “Extraordinary originality and dedication in their creative pursuits and a marked capacity for self-direction”..

Gw jadi teringat kalimat dari kreator game Pokemon Go yang baru2 ini cukup fenomenal itu: “It takes 20 years to make an overnight success..”.. Ya, si John Hanke itu.. Orang yang udah lama tergila2 pada teknologi geospasial & GPS.. Hmm.. 20 tahun, satu tujuan, satu passion, satu “set” kemampuan, satu peta jangka panjang, satu fokus dan motivasi.. Hanke, the Grit is yours..!!

Advertisements

12 Comments

      • Ga makan waktu juga, cuman beberapa nomor pilihan ganda. Saya langsung googling karena tertarik sama grit yang Kak Ogie bahas ini. Sebelumnya gak pernah denger istilah grit

        Like

        • Yes.. Cukup yakin sih orang sini rasanya banyak yang nggak tau.. Mangkanya ditaro di blog, kali aja bisa bermanfaat.. Hehe.. Udah coba nih tesnya.. Dapet angka 4.59.. Hmm.. mungkin angka ini bisa juga jelasin kenapa blog ini bisa bertahan tetep update terus hampir 10 tahun.. Hyahaa..

          Palm Springs commercial photography

          Like

            • Hmm.. di bukunya dia kali ya.. Hehe.. Kalo liat Angela presentasi di TED, dia bilang salah satu caranya itu miliki growth mindset.. Jadi, miliki keyakinan kalo cara kita belajar, bertumbuh dan berkembang itu nggak pernah bisa mentok.. Nggak ada yang tau batas diri ini dimana.. Jadi IMHO, tercapainya tujuan jangka panjang ada korelasinya dengan sekeras apa kemauan seseorang untuk terus belajar demi apa yang dia impikan itu.. Mungkin juga bisa dengan latihan memecah target tertentu jadi jangka pendek, terus berlatih konsisten.. Misal, mo jadi penulis buku, coba tulis satu halaman per hari atau per 2 hari, lama2 toh jadi satu buku juga.. Tantangannya, bisa tahan konsisten nggak yaa ??… Hehehe..

              Liked by 1 person

  1. Pingback: Go DaiGo !! | halaman guna guna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s