read|me
Leave a Comment

Buya Hamka keren.. (^_^)/

Untitled-2Entah kenapa, gw ngerasa mesti nge-share lagi beberapa paragraf dari tulisan Buya Hamka.. Asli, gw sangat merindukan kembali kehadiran ulama2 seperti beliau.. Buat gw, ulama2 model beginilah yang bisa bikin damai, sesuai dengan kekinian, namun tetap mengambil esensi kebaikan dari masa lalu..

Ini dari buku “Falsafah Hidup”, cetakan XII (1994), saat beliau membahas mengenai Islam dan Negara:

“Orang yang mempelajari Islam secara ilmiah TIDAK AKAN DIPENGARUHI OLEH RASA SAYANG ATAU BENCI, akan dapat mengetahui bahwasanya ISLAM ADALAH MELIPUTI SELURUH KEGIATAN HIDUP MANUSIA.. Islam bukan semata-mata ibadah daripada makhluk kepada Tuhan, dan bukan pula semata-mata politik, hubungan antara seseorang dengan masyarakat, dan bukan pula semata-mata urusan daripada ulama atau kepala2 agama, tetapi MELIPUTI SELURUH ASPEK KEHIDUPAN..”

“Menurut ajaran Islam yang lebih dahulu harus dijelaskan ialah tauhid mengakui ke-esaan Tuhan, satu kekuasaan tertinggi, satu pengatur alam raya.. SEMUA MANUSIA SAMA DI HADAPAN TUHAN.. TIDAK ADA PERBEDAAN WARNA KULIT, ATAU RAS DISKRIMINASI.. Tidak ada perbedaan karena perlainan keturunan.. Yang semulia-mulia makhluk di hadapan Alloh ialah yang setakwa-takwanya kepada-Nya.. Hak manusia sama, dan kewajibannya pun sama..”

“Seorang diri pribadi harus MEMPERTINGGI MUTU IMANNYA.. Kemudian dia pun harus mempertinggi mutu iman itu dalam lingkungan keluarga (anak istrinya dalam rumah tangga).. Kumpulan dari rumah tangga menjadi kampung, kemudian menjadi negeri, kemudian menjadi negara..”

“Untuk mencapai kemaslahatan hidup yang menghubungkan diri dengan diri yang lain, keluarga dengan keluarga yang lain, atau negara dengan negara yang lain, dinamai seluruhnya itu URUSAN DUNIAWI.. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Kamu lebih tahu segala urusan-urusan dunia kamu..”

Jadi dengan hal2 yang demikian diberi KEBEBASAN KEPADA MANUSIA tadi mengatur susunan masyarakat sesuai dengan pilihan mereka.. Tapi suatu prinsip yang sangat dipertahankan oleh Al Qur’an ialah “syura”, BERMUSYAWARAH.. Menyusun bentuk yang disukai itu jangan bertindak sendiri-sendiri.. Dengan ketentuan Al Qur’an yang ditegaskan itu TERLEPASLAH MASYARAKAT ISLAM DARI SUATU SUSUNAN YANG BEKU, YANG STATIS..

“Berdirinya negara MENURUT PELAJARAN AGAMA ISLAM ialah UNTUK MENJAGA: PERTAMA, kemananan jiwa (jangan sampai yang kuat menindas yang lemah), KEDUA, keamanan harta benda (jangan sampai yang kuat merampas hak milik kepunyaan orang lain.).. KETIGA, keamanan keturunan (jangan sampai ada perhubungan laki2 dengan perempuan di luar nikah).. KEEMPAT, KEAMANAN AGAMA (jangan sampai ada orang yang MENGHALANGI SEMBAHYANG ATAU BERIBADAH kepada Tuhannya masing2..).”

“Oleh sebab itu pemeluk agama yang bukan Islam WAJIB MENDAPAT PERLINDUNGAN di negara Islam..”

“Gelar2 pemegang kekuasaan tertinggi itu tidaklah ditetapkan oleh Al-Qur’an.. Dia pun telah termasuk hal duniawi pula yang kita lebih tahu apa gelar yang sesuai menurut perasaan kita asal kita ingat isi dari kekuasaan itu.. Demikian juga Al-Qur’an atau Al Hadits tidak menentukan sebuah negara mesti mempunyai undang2 dasar sebagaimana terdapat dalam modern ini.. Kalau dirasa perlu menurut perkembangan jaman, adakanlah undang2 dasar..”

“Pendeknya, agama Islam adalah agama untuk mengatur dan mengurus segala segi dari kegiatan masyakarat, baik hubungan makhluk dengan Tuhannya, atau antara makhluk sesama makhluk.. Tidak ada hak suatu golongan menindas golongan lain, dan semua sama di hadapan tuhan, karena JIWA SESEORANG HARGANYA KARENA BAKTINYA..”

“Dan TIDAK PERLU NEGARA ITU DIKUTAK-KATIKKAN OLEH SEGOLONGAN ULAMA karena ‘La Ruhbaniyata fil Islam’.. Islam tidak mengenal sistem kependetaan, sehingga kalaupun ada golongan Ulama dalam Islam, itu hanyalah keahlian, BUKAN GOLONGAN YANG BERKUASA MENGUTAK-ATIKKAN AGAMA..”

“Kepada Tuhan kita harapkan taufik & hidayahnya..”

Advertisements
This entry was posted in: read|me
Tagged with: , , ,

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s