me|write, think sotoy
Comments 4

koruptor tanpa passion..

Untitled-1Meski gw orang yang terlambat menemukan passion diri, namun gw sangat bersyukur pada akhirnya bisa menemukan passion.. Dan lebih bersyukur lagi, berkat penemuan passion tersebut, gw ngerasa berada “on the right track”.. Sebagian besar pekerjaan dan kegiatan yang gw kerjain rutin sekarang ini, memang berasa selalu ada passionnya di situ..

Kalo boleh dibilang karier, ya karier gw sebagai pengusaha & pengajar sekarang ini, rasa2nya cukup selaras dengan visi misi hidup pribadi yang gw mau.. Beruntunglah mereka yang berkarier di organisasi / perusahaan yang bisa selaras dengan passion mereka.. Tempat dimana passion individu2 bisa tersalurkan.. Karena kata “karier” sendiri sebetulnya berasal dari bahasa Latin “carriere” yang artinya carrier atau kendaraan.. Alhamdulillah banget kan kalo “kendaraan” yang seseorang kendarai atau tumpangi saat ini bisa satu tujuan dengan tujuan hidup orang tersebut..

Setuju banget sama Rene Suhardono & Team Impact Factory (2015) dalam bukunya “Passion 2 Performance”..  Tuhan pasti punya maksud dalam penciptaan setiap individu, dan passion adalah jejak2 dari tujuan individu tersebut diciptakan.. So, kalo kepingin tau “misi dunia” seseorang yang diberikan Tuhan padanya, bisa ditelusuri dari passionnya..

Mereka yang ber-passion umumnya akan merasa sangat antusias melakukan sesuatu, baik itu dalam berkata2 maupun bertindak, dan ini biasanya cukup gampang dilihat secara kasat mata.. Pekerjaan mereka jadi nggak hanya sekedar terselesaikan, atau bahkan asal2an.. Karena buat mereka, apa yang mereka kerjakan adalah panggilan hidupnya, sebuah misi penting yang harus mereka selesaikan dengan standar yang tinggi..

Dan gw juga baru tau, ternyata kata “Antusiasme” itu berasal dari bahasa Yunani “Entheos” yang kurang lebih artinya “God within us”.. Bisa dimaknakan, mereka yang antusias dalam melakukan pekerjaannya, sadar atau nggak, semangatnya itu didampingi oleh Tuhan.. Sadar atau nggak, sebenernya mereka sedang menjalani misi duniawi pribadi yang memang diberikan Tuhan khusus untuk dirinya..

Pernah ngeliat koruptor yang terang2an berpassion atau sangat antusiasme dalam menjalankan aksi korupsinya ??.. Hyahaha.. Bisa lucu kali yaa.. Karena ini sama aja dengan mengundang KPK untuk segera hadir di hadapannya.. Passion kan dari Tuhan, mana mungkin Tuhan menanamkan passion pada seseorang untuk melakukan hal2 yang buruk ??.. Nggak mungkin Tuhan memberikan misi khusus pada hambaNya untuk menjadi seorang koruptor..

Passion memang letaknya di hati, namun sangat jelas seseorang menjadi koruptor bukan karena passion diri, tapi karena nafsu pribadi yang tanpa kendali.. Passion tinggi dan nafsu rendah adanya sama2 di hati, namun sangat jelas sekali mana yang dari Tuhan, dan mana yang dari setan.. Berpassion = berantusiasme, dan antusiasme bermakna God within us.. Saat merasa Tuhan hadir, mana bisa muncul niat negatif atau buruk ??..

Aha, berarti, para koruptor itu bisa dibilang adalah orang yang sangat tidak antusias dengan pekerjaannya, karena sama sekali tidak menyadari kehadiran Tuhan di dalam pekerjaannya.. Euh, gw juga nggak tau deh mereka yang suka bikin2 fitnah dan hoax2 najong itu ngerjainnya sangat antusias atau nggak.. hehe.. Karena yg udah gw rasain sendiri, passion itu bergairah, bukan penuh amarah..

 

 

 

Advertisements

4 Comments

    • Yes memang nggak sama.. Kalo dari baca2 sih, Bahasa Latin itu salah satu bahasa kuno dari semenanjung Italia.. Awalnya dituturkan oleh bangsa latin italia pada jaman Romawi kuno.. Dan menjadi sumber pembentukan bahasa2 modern.. Ada beberapa yang kita udah kenal seperti: Cum laude, alma mater, nihil, dsb..

      Like

  1. Pingback: Go DaiGo !! | halaman guna guna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s