me|write, think sotoy
Comments 2

Go DaiGo !!

Untitled-1Pernah denger nama Daigo Umehara ??.. Kalo bukan penggemar game Street Fighter (SF), hampir bisa dipastikan nggak akan kenal nama ini.. Yang doyan main SF pun belum tentu tau nama ini kalau nggak memperhatikan perkembangan turnamen SF di kancah internasional..

Media Jepang sering menyebut Daigo sebagai “2D Kakutō Gēmu no Kami”, atau Dewa game fighting 2D.. Ini orang emang jago banget maen game fighting 2 dimensi, terutama game Street Fighter.. Karir sebagai gamer profesionalnya berawal di umur 10 tahun (sekarang usianya 35), saat mesin game Arcade lebih berjaya ketimbang console..

Usia 13 tahun, dia mulai rajin ikut2 lomba & turnamen.. Dan di usia 17 tahun (1998) Daigo ikutan turnamen nasional Street Fighter yg diselenggarakan oleh CAPCOM selaku publisher dari game tersebut.. Kemenangan membawanya pergi ke Amerika untuk melawan jawara nasional dari sana.. Dari 3 pertandingan, Daigo menang dengan score 2-1 setelah awalnya kalah dulu..

Sejak saat itu popularitasnya pun melambung di dunia persilatan Street Fighter.. Sampai tahun 2010, Daigo mampu memenangkan 15 turnamen Street Fighter nasional dan internasional.. Atas prestasi tersebut, namanya berhasil tercantum dalam Guinness World Records sebagai “The Most Successful Player in Major Tournaments of Street Fighter”.. Sampai sekarang pun ia masih aktif ikut turnamen, melawan pemain2 muda baru, namun tetep namanya cukup sering bertengger di 5 besar..

Kisah sukses Daigo bukan tanpa pasang surut.. Kegagalan, kekecewaan juga pernah ia alami.. Pernah suatu ketika, target kemenangannya gagal ia raih, ia pun terpuruk dan jadi males pergi ke arcade center untuk maen lagi.. Malah sempet juga beralih ke maen Mahjong dalam kurun waktu tertentu..

Yang gw salut dari kisahnya si Daigo ini, dia berani menempuh jalur yang ekstrim untuk sukses sebagai gamer profesional.. Coba bayangin gimana kalo kita jadi orang tua si Daigo.. Daigo itu maen game (baca: latihan) per harinya bisa sampe 8 jam !!.. Bahkan pernah juga untuk persiapan sebuah turnamen, ia berlatih hingga 16 jam per hari !!.. Kalo gw jadi ortu Daigo tanpa pengetahuan tentang game, gw pasti akan bilang: “Maen game mulu lu Tong !! Belajar lu biar pinter dan banyak duit !!”..

Resep sukses dari Daigo adalah terus menantang dirinya sendiri.. Sampe2 dia sempet berpikir: bukan hanya sekedar menang, tapi bagaimana caranya supaya menang dengan indah !!.. Hadeehh.. Menang aja udah susah, ini pake indah lagi.. Gokill.. Dan yang terakhir adalah hal yang sering kita dengar: PASSION.. Passionlah yang bikin si Daigo mampu melewati segala macam kesusahan dan jadi punya GRIT yang tinggi / mampu konsisten dalam jangka waktu yang panjang..

Ketekunan memang luar biasa ya.. Kalo tekun, permainan pun bisa jadi hal yang serius.. Kalo di sini nih, seringnya kebalik, hal2 yang sifatnya serius (kayak pekerjaan) malah dianggap permainan.. Haha.. Istiqomah / konsisten dalam jangka panjang pun bukan hal yang mudah.. Silakan dicoba sendiri..

Tapi gw heran, kok bisa ya para haters itu tetep konsisten dalam jangka waktu lama untuk nyebar hoax & kebencian ??.. Apa iya passionnya emang si situ ??.. (^_^!)/

Advertisements

2 Comments

  1. Saya kebetulan punya saudara ipar yg suka bermain game dan memang passionnya disitu. Sudah beberapa kali ikut turnamen nasional dan hasilnya lumayan sering masuk 3 besar. Sayangnya di indonesia persepsi tentang gamers belum terlalu positif. Padahal tidak banyak yg secara serius menekuni menjadi gamers profesional sehingga persaingan masih sedikit sebenarnya. Yang pasti jika mau menghasilkan ya harus menjadi yang terbaik.

    Like

    • Betul.. persepsi kurang positif di sini bisa jadi hambatan.. Mungkin sebaiknya mencari sponsor untuk bisa naik ke turnamen tingkat internasional.. Kemarin saya lihat di NET TV, ada tentang gamer perempuan lokal yang diwawancara karena sering ikut turnamen game bergenre FPV (First Person View..)..

      Untuk Game Street Fighter di postingan saya itu, nanti bulan Oktober CAPCOM bakal menggelar turnamen resminya di acara IFGC (Indonesia Fighting Game Championship) untuk mencari jagoan lokal.. Hadiahnya bisa sampai $2000.. Yang menang akan diberangkatkan ke Korea untuk tanding tingkat Asia.. Yah semoga saja nanti ada jagoan SF dari sini… Setuju pak, untuk hasil terbaik, sangat perlu totalitas..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s