me|write, my life stories, think sotoy
Comment 1

dulu hardcore, casual now..

Untitled-1Belakangan ini gw lagi agak2 kecanduan satu game casual: Thunder Raid.. Menurut gw sih, ini game gokil yang bisa bikin gw terus2an main.. Karena update-annya cukup rajin dan makin gila !!.. Banyak banget fitur2 yang dulunya nggak terpikir oleh gw jadi ada di game ini..

Awalnya gw pikir, ini cuman game pesawat biasa kayak model Raiden gitu, dengan stage yang linier dan mudah ketebak.. Selain pesawat2 baru & pet / peliharaan baru yang bermunculan seiring apdetan, eeh lantas jadi ada random stage, alias tiap main jenis stagenya jadi nggak ketebak.. Bosan dengan random stage, ditambah lagi “kanal” baru: Zodiac Mode (ngelawan Lord 12 zodiac), dan Scenario Mode (kalo maen ini ada ceritanya, beda sama arcade mode yang maen gede2an score gitu aja..)..

Terus apdetan pun berlanjut: Legion Mode.. Ini mulai gokil nih, dan sama sekali nggak pernah kepikir oleh gw sebelumnya.. Jadi player bisa bikin sebuah legion yang masing2 beranggotakan 20 orang player lain.. Score komulatif masing2 legion diadu tiap minggu, dan rewardsnya oke banget.. Tanpa banyak pikir, gw bikin satu legion NUSANTARA untuk iOS, dan Alhamdulillah membernya puFile 18-12-15 11.17.30n nggak lama langsung full.. Untuk mendukung fitur legion mode ini, diadakan juga chat room, jadi para member dari satu legion bisa komunikasi bareng..

Apdetan terakhir lebih gokil lagi: Cooperative Mode.. Gampangnya, ini 2 player mode.. Player jadi bisa langsung main bareng DALAM SATU LAYAR secara simultan.. Gillaaakk.. Apdetan bulan ini malah bisa Co-Op PVP.. Jadi sesama member legion bisa bahu membahu maen berdua langsung, versus 2 player dari legion yang lain.. Jadi 2 lawan 2.. Akh, gokil sekali game casual yang satu ini..!!

Social play di game ini jadi makin terasa.. Dan sangat menghibur.. Menurut studi XEODesign, salah satu dari 4 emosi game2 yang sukses adalah menghibur / amusement.. Emosi ini bisa didapat dari kesenangan / fun yang berjenis People Fun.. Kunci dari people fun adalah cooperating / bekerja sama, interaksi baru antar pemain dan bersosialisasi.. “Pamer” score, manuver dan gaya main juga merupakan bagian dari people fun.. Dalam bukunya Sears File 18-12-15 11.16.51& Jacko (2008) – “Human-Computer Interaction Handbook”, dinyatakan: frekuensi dan variasi dari interaksi antar pemain memang dapat membuat sebuah permainan jadi semakin dapat dinikmati..

Rasa2nya juga, sekarang ini gw udah jadi casual gamer nih.. Secara game rutin gw sekarang itu Thunder Raid, sama LINE POP 2, hehe.. Memang ada juga studi yang menyimpulkan: banyak dari hardcore gamer yang beralih jadi casual gamer setelah memiliki pekerjaan, punya istri dan punya anak.. Hehe.. Dulu gw emang hardcore banget, dari Final Fantasy, Zelda, sampe Metal Gear Solid gw tamatin semua.. Tapi sekarang rasa2nya waktu untuk main game jadi semakin berkurang..

Game2 memang sudah sewajarnya menjadi semakin kompleks / rumit, atau bahkan makin sulit seiring makin canggihnya teknologi untuk game develop.. Hal ini nggak jarang membuat orang kayak gw jadi bingung mesti maein apa, dan terkadang juga membuat para calon gamer baru menjadi ‘minder’untuk main game.. Thanx to casual game.. Karena casual game berhasil me-reset kemballi kurva tingkat kerumitan dan kesulitan ini, serta bisa mengundang mereka “orang awam” untuk bermain game..

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s