me|write, think sotoy
Comments 4

diri dan pedang adalah satu..

01234Legenda Samurai Jepang Miyamoto Musashi pernah berkata: “Diri dan pedang adalah satu..”..

Ternyata kata2 ini maknanya bisa sama loh dengan konsep teori FLOW dari Mihály Csíkszentmihályi, seorang pakar psikologi & kreativitas.. Soal teori FLOW yang bisa bikin orang lebih berbahagia pernah gw tulis di postingan sini..  Salah satu konsep dari teori flow itu Hyperfocus.. Kondisi dimana seseorang kalo lagi ngerjain sesuatu dengan skill maksimal diri, seluruh perhatiannya akan terpusat pada apa yang dikerjakannya.. Sampe2 nggak menghiraukan apa yang ada di sekelilingnya..

Contoh paling umum, pemain basket pro saat bertanding sangat serius, seperti nggak mempedulikan riuhnya penonton.. Bahkan mereka bisa menganggap para penonton itu nggak ada.. Seorang pemain biola yang sedang konser juga sama.. Mereka fokus pada apa yang mereka kerjakan saja, sampe2 adanya penonton pun menjadi tidak terasa..

Mereka2 yang masuk ke kondisi flow demikian larut dengan apa yang dikerjakannya.. Diri dan kegiatannya melebur menjadi satu.. Tapi ini bukan berarti kesurupan.. Bukan berarti mereka jadi nggak sadar mengenai apa yang mereka lakukan.. Pemain basket pro yg lagi tanding juga tetep sadar gerak bola & rekan setimnya, ring, papan pantul, dan gerakan otot mereka.. Pemain biola yang sedang konser tetap menyadari keberadaan biola, senar dan alat geseknya..

Dalam kondisi ini, yang hilang adalah konsep tentang diri.. Saat seseorang masuk ke dalam kondisi hyperfocus, seluruh atensinya jadi tersedot pada apa yang dilakukan.. Siapa diri mereka menjadi nggak berarti lagi, tergantikan oleh yang sedang mereka lakukan..

Nah saking asyiknya melakukan pekerjaannya, terkadang malah konsep diri mereka bisa memuai atau bertransformasi menjadi lebih besar daripada diri mereka yang sebenarnya.. Si pemain biola malah jadi semakin enjoy “tergetar dan tergerak” ngikutin musik pengiring, si pemain basket malah jadi “on-fire” seakan dia yang paling jago di lapangan, dan seorang ahli meditasi bisa merasa kalo alam dan dirinya jadi satu..  Kalo si samurai gokil Miyamoto Mushashi, jadi sesuai dengan kata2nya di awal postingan: “diri dan pedang adalah satu..”

Itulah keajaiban kondisi flow.. Tanpa sepengetahuan kita, kemampuan atau skill seseorang bisa jadi lebih tajam setelah sering melewati kondisi seperti ini.. Dikarenakan selama mereka “nge-flow”, kemampuan mereka ditarik ke tingkat maksimum tanpa sadar..   So, apapun pekerjaan kita, usahakan bisa “nge-flow”, supaya tauk2 skill kita udah naek level.. Bisa dengan mencari tantangan2 yang lebih tinggi atau melakukan pekerjaan dengan cara2 baru atau tingkatan yang lebih kompleks..

Advertisements

4 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s