me|write, think sotoy
Comments 4

going with the “FLOW”..

KUntitled-1alo pas lagi ngajar, gw kadang2 suka cerita pengalaman2 gw pribadi di depan kelas.. Yah, selain buat ngilangin rasa jenuh di kelas, kali aja ada sisi positif yang bisa mereka ambil, kali aja ada “lorong2” hidup yang nantinya ternyata sama dengan yang akan mereka jalanin.. Ceritanya juga bisa macem2, bisa soal kagak pacaran pas jaman kuliah dulu, dari momen2 keberhasilan, sampe yang apes, mulai dari ngerintis bisnis, dimaki2 klien, sampe kehilangan kemasan sabun adidas pas ngekos dulu.. Hehe..

Suatu ketika pernah mahasiswa gw ada yang berkomentar kurang lebih begini: “dulu banyak bener kegiatannya mas, apa nggak merasa kehilangan masa muda..?”.. Gyyaa.. Gw jadi mikir setelah “ditembak” pertanyaan begini.. Iya juga yaa ?? Apa gw dulu itu nggak nikmatin masa muda guwa ??.. Setelah gw inget2 lagi, kok rasa2nya gw nggak pernah kepikir yah saat2 dimana gw ngerasa nggak menikmati masa muda gw.. Kayaknya semua aktivitas gw dari dulu sampe sekarang (yang tetep masih muda, hehe) gw lakuin dengan enjoy2 ajah, meski tetep lah ada beban, stress2, ngeluh2 gitu, tapi sebagian besar sih tetep Alhamdulillah bisa enjoy, tanpa terbesit pikiran “kehilangan masa muda”.. Gw sekarang malah jadi mikir, mungkin kalo dilihat dari sudut pandang orang lain, kehidupan gw bisa jadi terkesan kayak gitu..

Yang jelas2 sangat gw inget sih, dan sangat gw syukuri, gw bisa sangat menikmati apapun yang gw kerjain, dan ujung2nya bawaannya seneng2 aja tuh… AHA !!.. Jadi ini “poin” pentingnya.. Berarti kalo narik ke penjelasan ilmiahnya itu teori FLOW.. Tahu teori FLOW dari Mihály Csíkszentmihályi ?? Mihály ini seorang pakar psikologi & kreativitas, ia puluhan tahun meneliti orang2 kreatif.. Dalam salah satu risetnya, ia “menemukan” teori ini..

Sederhananya, FLOW adalah kondisi mental seseorang saat ia bena2 fokus, serius, menikmati, sepenuh hati, dan bener2 larut (fully immerse) dalam apa yang sedang dikerjakannya.. Saat orang dalam kondisi sangat larut seperti ini, banyak hal yang bisa terjadi, antara lain: distorsi waktu (waktu berasa berjalan lambat, padahal mah berjalan seperti biasa, ini yang bikin orang lagi “FLOW” kalo lagi kerja nggak inget waktu, tau2 udah ketemu pagi lagi..), hyperfocus, on fire, energized, joy, dan beragam konsep psikologi positif lainnya… Mihaly menyatakan konsep flow bisa menjadi salah satu cara untuk bisa berbahagia dalam hidup.. Ha ?? Kok bisa ??.. Begini caranya: kalau ingin selalu berbahagia, masuklah ke dalam kondisi flow sesering mungkin dari segala sesuatu yang kita kerjakan.. Karena, dalam konsep flow, semakin “dalem” masuk, semakin “energized”, dan makin happy..

Kalo tips dari gw sih, untuk bisa masuk ke kondisi flow itu salah satu kuncinya adalah kesadaran.. SADAR penuh atas apa yang kita lakukan.. Pernah kan kita (euh, mungkin gw doang sih.. hehe), pas lagi mandi, lupa udah sabunan atau belum, udah gosok gigi atau belum.. Ya itu akibat kalo sesuatu dilakukan tanpa kesadaran yang penuh..  Seringkali kita ni dalam melakukan sesuatu itu: otak dimana, hati dimana, badan jugak dimana (hehe), kadang kesemuanya mencar2 nggak jadi “satu”.. Badan boleh di meja kerja, tapi pikiran kemana2, hati apalagi, moody & galau gak jelas.. Mungkin SADAR penuh ini yang bikin gw jadi bisa lupa sama segala macem, termasuk melupakan “kondisi” gw dulu, dan tanpa sadar jadi terkesan nggak menikmati masa muda.. Padahal sebaliknya, kalo dipikir2, gwnya mah sangat menikmati banget.. Alhamdulillah, hasilnya pun Alhamdulillah.. Hehe..

Advertisements

4 Comments

  1. Kalo begitu… kita harus meniikmati hidup, mengkondisikan diri supaya bisa “FLOW”. Tapi menurut gue enakan kita milih supaya bisa “FLOW” Salah satunya dengan mengerjakan apa yang kita sukai. cari passion kita apa 🙂 hehee

    Like

    • Yes.. passion memang cara enak untuk mencapai kondisi flow.. Namun, dalam hidup sering juga kita mesti ngerjain hal2 yang bukan passion.. Banyak cara mencapai kebahagiaan, dan FLOW hanya salah satunya..

      Like

  2. Pingback: diri dan pedang adalah satu.. | halaman guna guna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s