me|write, spiritual, think sotoy
Comments 7

Kreativitas & Al Qur’an..

01111Karena pernah ngajar kreativitas satu semester, gw jadi kepo.. Udah agak lama di kepala gw timbul pertanyaan kayak gini: “Ada nggak sih ayat2 di Al Qur’an yang bisa berkaitan dengan kreativitas ?”.. Bukankah ada banyak sekali hal di dalam situ ??.. Apalagi hal2 yang berbau science, bisa jadi malah bertaburan.. Euh, ini masih terkait sih sama postingan gw yang “Qur’anic inspiration” sebelumnya..

Beneran loh, ternyata ada ayat2 yang bisa ditafsirkan atau dimaknakan untuk “kepentingan” kreativitas.. Tapi kayaknya memang mesti ada syarat lain untuk bisa nemu hal2 kayak gini, yakni perbanyak referensi ilmu dulu, terutama untuk topik yang memang diinginkan.. Karena hidayah itu bukan ditunggu, terus dateng.. Tapi harus “bertindak” dulu, baru dia bisa dateng.. Gw setuju sama yang bilang: hidayah yang pertama itu akal pikiran, dan semua manusia (yang normal) udah punya yang ini.. Kalo si manusia bisa menggunakannya dengan baik, maka hidayah2 yang lain pun akan turun..

Salah satu ayat yang gw anggap bisa ditarik ke ranah kreativitas itu yang ini: “Hidup adalah permainan dan senda gurau belaka..”.. Loh ?!?.. Kenape yang ini ??.. Dari mananya kok bisa nyangkut ke kreativitas ??.. Hehe.. Penggunaan kata “permainan” itu loh yang menurut gw luar biasa.. Penjelasannya ada di paragraf berikut ini..

Banyak yang bilang syarat sukses sekarang ini adalah mesti kreatif.. Kalo boleh lebih vulgar, orang yang sukses sudah bisa dipastikan dia adalah orang yang kreatif.. Dan cara2 untuk menjadi kreatif sampai saat ini masih terus diteliti.. Dalam buku “Creative Intelligence – Harnessing the Power to Create, Connect and Inspire” yang ditulis oleh Bruce Nussbaum (2013) dinyatakan: “Salah satu cara untuk menjadi kreatif adalah dengan cara membuat hidup seakan2 sebuah game / permainan..”

Pernah dengar isitilah gamification ??.. Gamification is the concept of applying game-design thinking to non-game applications to make them more fun and engaging.. Sederhananya, menerapkan konsep pemikiran “gaming” pada apa yang kita lakukan, meski sebenarnya itu bukan game.. Jadi bisa dibilang kalo mau jadi lebih kreatif, gamification-kan lah hidup anda.. Kok bisa ??.. Karena ketika kita sedang bermain “permainan hidup”, banyak kualitas2 yang timbul yang bisa membuat seseorang menjadi sukses..

Menurut Bruce, dan juga beragam referensi yg gw temukan, ketika seseorang sedang bermain, banyak hal baru yang mesti dicoba.. Improvisasi, peran baru, mendapatkan “level up” kemudian timbul jurus / kemampuan baru, dan pada akhirnya merubah cara kita berperilaku.. Membuang apa2 yang gak perlu, dan mengumpulkan apa yang perlu.. Bisa main sendiri, berkompetisi ataupun berkolaborasi dengan orang lain.. Kita bisa gagal atau kalah, tapi selalu ada kesempatan untuk mencoba lagi..

Permainan yang dimaksud si Bruce itu tentu saja sebuah permainan yang serius, bukan game2 yang sederhana.. Dalam sebuah permainan yang serius, selalu ada aturan, ada kompetisi, ada yang menang dan ada yang kalah.. Dan diatas semuanya, ada sebuah pembelajaran di situ.. Pembelajaran yang memungkinkan seseorang menjelajah ke “wilayah2” yang belum diketahuinya, membuat “hubungan2” yang tidak biasa, dan mencapai tujuan baru melalui cara2 yang tidak terduga..

Kesimpulannya, ya kayak yang ada di Al Qur’an.. Hidup adalah sebuah permainan serius.. Maka bermainlah dengan serius & sungguh2.. Upayakan diri menjadi pemenang, bahkan jadi Top Scorer.. Bukankah di dalam situ disebutkan juga soal umat yang terbaik ???..

Advertisements

7 Comments

  1. Vinda Filazara says

    Yap, bener banget. Al-Qur’an adalah sumber inspirasi terbesar yg pernah ada. Salah seorang guru besar saya telah membuktikannya. Beliau setiap hari menulis tanpa jeda, sampai bukunya puluhan kali terbit. Bahkan namanya pun terkenal hanya karena hobby menulisnya yg menggerakkan setiap sudut masyarakat. Beliau tak pernah kekurangan ide. Darimana ? Dari Al-Qur’an. Setiap satu ayat alQur’an yg dibaca, selalu memunculkan ide yg kemudian diaplikasikannya dalam tulisan.
    Beliau Pr.Dr.H.Imam Suprayogo, mantan rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang :”)

    Liked by 1 person

  2. hensamfamily says

    enggg…koq saya lebih setuju kalo ayat Al Quran yang mewakili makna kreativitas melalui QS Al Imran : 190 “sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal”.
    Jadi Allah menstimulan kreativitas manusia melalui kreativitasNya yang diejawantahkan melalui alam semesta ini.
    QS 41:53 juga bisa mewakili.

    wallahu a’lam bissawab.

    Like

    • Iya mas.. Banyak kok sebetulnya.. Mangkanya di postingan ini saya pakai kalimat “salah satunya”.. Saya ambil ayat yang ini karena bisa dikaitkan dengan teori sains kreativitas yang saya temukan dalam sebuah buku referensi teori kreativitas.. Memang masih banyak lagi sebenarnya..

      Like

  3. Sebuah perspektif yang membuka paradigma. Tulisan ini membuktikan bahwa Alquran adalah petunjuk umat sampai akhir jaman. Menemukan korelasi dengan applied science menjadikan tulisan ini juga memiliki perspektif ilmiah. Artikel yang menginspirasi.

    Liked by 1 person

  4. Pingback: Perspektif Blog Award 2015 – Top 10 Artikel 2015 | Perspektif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s