me|write, my life stories, think sotoy
Leave a Comment

“lingkaran ajaib..”

01Lagi seneng maen game Thunder Raid di gadget.. Nggak sengaja sih, gara2 ngeliat dua orang temen di fesbuk saling adu tinggi2an score, terus genrenya juga pesawat, jadi akhirnya gw memutuskan untuk ikutan maen itu game.. Buat gw, ini juga bisa jadi pelampiasan atas kandasnya impian gw menjadi “pilot pesawat tempur super duper mega canggih ultima” yang gak kesampean saat gw kecil..

Hehe.. poinnya sih bukan itu yang pengen gw tulis disini.. Gw cuman kepo aja secara ilmiah, kenapa sebuah game itu bisa betah dimaenin untuk sebagian orang, dan tidak untuk sebagian orang lainnya.. Oke, soal selera genre, itu udah jelas bisa ngejawab.. Kalo dari sudut pandang gaming sendiri gimana ??.. Sebetulnya, para desainer game saat merancang gamenya sudah memikirkan dalam2, gimana caranya si pemain itu bisa betah berlama2 dengan game yang dimaenkannya itu, dan terus2an mau maenin berulang2..

Dalam teori game itu ada yang namanya istilah “the magic circle”.. Istilah ini pertama kali dinyatakan oleh Johan Huizinga (1872–1945), itu loh, beliau ini orang yang terkenal pernah bilang kalo manusia itu makhluk bermain / Homo Ludens.. Kemudian istilah tersebut diaplikasikan ke dalam game oleh Katie Salen & Eric Zimmerman (2004) dalam bukunya: Rules of Play.. The magic circle sederhananya adalah sebuah batas tipis antara kenyataan sebenarnya dengan realitas artifisial yang ada di dalam dunia game.. Magic circle ini akan terus ada selama gamer memainkan game, dan akan hilang saat gamer berhenti bermain..

Sejauh ini, nggak ada faktor tunggal pasti yang bisa menentukan kenapa seseorang mau memasuki magic circle dalam sebuah game, dan kenapa mereka mau “ngetem” lama-lama di situ kayak angkot.. hehe.. Yang jelas, ada kaitannya dengan faktor kesenangan.. Kalo menurut LeBlanc, seorang game desainer, ada 8 kategori kesenangan dari seseorang bermain game, yakni: sensasi, fantasi, naratif / penceritaan, tantangan, fellowship, discovery, ekspresi, dan submission.. Submission itu ketundukan terhadap ‘sistem’ dari game.. Aneh ya, dalam game kita bisa tunduk patuh sama aturan dengan senang hati, tanpa dibayar, dan tanpa merasa terpaksa sama sekali..

Nah, ternyata, game juga didasarkan pada pemikiran kebutuhan intrinsik seseorang.. Jadi faktor2 instrinsik seperti jenis kesenangan apa yang diinginkan oleh seseorang, itu lah yang bisa menentukan apakah seseorang itu mau mulai maenin sebuah game, dan kemudian memutuskan akan terus melanjutkan, atau nggak..  Menurut Salen & Zimmerman, jika dikatikan dengan teori kondisi “flow”, saat seorang gamer memasuki magic circle sebuah game, maka seseorang bisa masuk dalam efek kondisi: the merging action & awareness, concentration, the loss of self-consciousness, dan transformation of time.. Gila ya.. Menjadi logis kalo orang maen game jadi sampe lupa sekitarnya, dan bahkan lupa tidur.. Gimana mau tidur ?? Wong tau2 udah pagi.. Gyahaha..

Ya gitu deh, kalo balik ke game Thunder Raid di awal postingan, kalo dari internal diri gw pribadi, ada banyak sih dari 8 kategori dari LeBlanc itu yang bikin gw memutuskan maenin ini game, salah satunya ya faktor fellowship, karena di game ini bisa bagi2 “nyawa” ke temen2 maen di FB, dan bisa “pinjem” pesawat mereka untuk bisa dicombine dengan pesawat gw.. (Meski fitur ini belum sempurna, karena gw cuman bisa “minjem” pesawat temen2 yang iOS user, yang Android user belum bisa..).. Mungkin karena ini game masih tergolong baru, semoga ke depannya ada banyak upgrade-tan lagi.. Pendek kata, kalo dikaitkan dengan teori “the magic circle”, kayaknya game ini masuk list game yang bisa bikin gw “enter, play, and  stay..”   

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s