entrepreneurship, me|write, think sotoy
Comments 29

yes boss… oke boss..

Minggu kemaren ada temen gue yang mengeluh soal bossnya… katanye nih bossnya suka saling sikut sama boss yang laen.. nggak akur gitu.. jadi bawahannya pun jadinya gak asyik.. di lain waktu, temen gue yang lain juga ngedumel.. “halah.. boss guwe bisanya cuman nyuruh doang.. padahal dia gak bisa apa-apa tuh..”…Ada lagi temen guwe di sebuah perusahaan kosmetik, ngeluh jugak, soalnya bossnya gak tau maunya apa.. pagi lemper, siang risol, sore bakwan, malem bisa lemper lagi.. akhirnya banyak banget waktu kebuang dan capek sendiri nurutin apa maunya si boss… kesimpulan singkatnya, banyak temen gue yang ngeluh soal boss mereka..

Memang kalo gue pikir-pikir, seorang boss belum tentu seorang pemimpin… walaupun seorang pemimpin juga belum tentu jadi seorang boss, namun bisa diartikan pemimpin mempunyai scope yang lebih luas.. boss mungkin bisa saja memenej sesuatu dengan baik.. tinggal suruh sana suruh sini, beres.. tapi belum tentu yang disuruh menaruh simpati kepada si boss.. tingkat leadership lebih dari itu.. Ada yang mengartikan leadership itu ilmu mempengaruhi orang lain. Ada juga yang bilang leadership itu kemampuan untuk menentukan arah hidup, apa yang harus dilakukan, dan jalan mana yang harus ditempuh untuk mencapainya. Terbukti, orang yang gak punya visi tujuan hidup jelas jarang menjadi pemimpin, karena yah itu, nggak bisa bikin peta jalan sendiri, jadilah ikut peta jalan orang lain. Seperti ditulis di sebuah buku sukses: “Milikilah impian, bila tidak, impian anda akan ditentukan orang lain”.

Gw setuju banget kalo kepeimpinan itu erat kaitannya dengan “menentukan”. Sekarang kalo boss gak tau maunya, kan repot. Seandainya semua tugas bisa didelegasikan ke bawahan dan tugas pemimpin itu cuman satu, tugas yang cuman satu itu adalah MENGAMBIL KEPUTUSAN. Gimana seorang leader bisa ngambil keputusan cepat, akurat, accountable dan acceptable kalo maunya sendiri aja gak tau ??

Plus lagi beratnya jadi pemimpin kudu punya empati ke bawahan.. nggak cuman asal nyuruh sana sini seenaknya.. masalahnya yang kita pimpin kan punya hati, punya mata, punya kuping, punya akal jugak.. mereka juga bisa menilai boss mereka itu seperti apa.. Jadi boss yang maen suruh & perintah sampe hal kecil seenaknya model kumpeni biasanya kurang disegani sama bawahannya.. Mentang-mentang boss maen suruh-suruh ajah..hehehe.. Pernah suatu waktu dalam sebuah perjalanan Rasulullah mengendarai unta dan sahabat2nya ada yang naik unta juga dan ada yang berjalan kaki.. di tengah perjalanan, pedang Rasulullah terjatuh.. dan apa yang Beliau lakukan ?? Rasulullah bukannya menyuruh atau minta tolong “hai.. tolong ambilin dong…” yang semestinya bisa beliau lakukan, tapi Rasulullah malah turun dari untanya, mengambil sendiri pedangnya dan naik kembali ke untanya..

Tapi yaah.. hare gene geto loh… gyahaha…. yah gini deh.. model gue sendiri jugak baru bisa nulis doang.. sok tau lageh… ngelakonin ndiri jugak belom tentu… (T_T!)
semoga aja deh kita nggak jadi boss yang oke di jabatan, dibelakang dicela – cela sama bawahan..

Advertisements

29 Comments

  1. ogieurvil said: Plus lagi beratnya jadi pemimpin kudu punya empati ke bawahan.. nggak cuman asal nyuruh sana sini seenaknya.. masalahnya yang kita pimpin kan punya hati, punya mata, punya kuping, punya akal jugak.. mereka juga bisa menilai boss mereka itu seperti apa..

    Setojoooh Booozzz…

    Like

  2. siipot said: ada gambar wan pis nyah….. oke boosss….

    Luffi tuh salah satu leader yang oke menurut guwheee… biar pun rada blo’on… hehehe..

    Like

  3. anakhalal said: Lho, kirain dari pondok gede? Ternyata dari luar negeri? Makin salut aja gue sama boss yang satu ini.. ^_^

    blon tau ya…?? bos ini emang export import lho…. ya nggak booss….?

    Like

  4. anakhalal said: Lho, kirain dari pondok gede? Ternyata dari luar negeri?

    gyhahaha.. bisa aje lu ris… emang harapan gw seh suatu saat nanti bisa maen2 ke hong kong…

    Like

  5. boosss???k’ogie bos???ya..iyalah,, masa ya iya donk…secara duren ajah dibelah bukan dibedong…belum pernah liat duren dibedongkan????

    Like

  6. tennnaaaaaaaaaaang…. kita dah siyap pasang aksi,, tim – tim hebat nan tangguh telah dipersiapkan… btw.. PPDJ dah ditentukan hari baeknya tuh… Awwwaaaaaaasss!!! yah.. alumni yang dari kemaren pada nanyain PPDJ tapi pas PPDJ ga’ dateng….!!!

    Like

  7. punyatiwi said: Awwwaaaaaaasss!!! yah.. alumni yang dari kemaren pada nanyain PPDJ tapi pas PPDJ ga’ dateng….!!!

    yang nanya agung lohh.. aku ndaaakk… kekeke…

    Like

  8. punyatiwi said: boosss???k’ogie bos???ya..iyalah,, masa ya iya donk…secara duren ajah dibelah bukan dibedong…belum pernah liat duren dibedongkan????

    ya iya laah…masaya iya doong…. ada juga Mulan Jameelah… masaMulan Jameedong… ?? kak Ogie memang.. mana situs Qaf nyaah….???

    Like

  9. sugwan said: tulisan yg apiiik bro!!

    thanx pal…. learn from everything.. including you and the others.. hehe.. KEEP ON ROCKIN’ !!!

    Like

  10. haha….gambarnya itu lho yg ga kuku ^ ^ pas banget haha kocak!!piye carane biar sugwan bisa koleksi icon lucu2 gitu…maklum sugwan rada gaptek ^ ^

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s