me|write, my life stories
Leave a Comment

hocus focus..

Belakangan ini lagi terhempas ‘badai’ koreksian tugas2 mahasiswa.. Gw pikir, diri ini sudah lumayan produktif.. Apalagi di saat WFH gini, nggak ada tuh kena macet pulang pergi ngajar.. Tapi ternyata kalo di-track bener2, gw nggak se-produktif yang gw kira..

Sadar begitu banyak distraksi dari dua bocil, notifikasi2 ‘tipe-halu’ (terlihat penting padahal semu).. Belum lagi distraksi dari dalam diri yang pengennya liat fesbuk bentar aja, eh malah jadi lama.. Milih2 lagu biar kerja tambah semangat, eh malah kelamaan milih2nya.. Hihi.. Gw jadi ngerasa perlu adanya ‘support’ lain yang bisa bantu untuk mempertahankan fokus..

Dan gw nemu aplikasi yang imut dan keren.. Namanya ‘Focus Plant’, available untuk iOS/Android.. Menurut gw, ini bentuk gamification yang cakep.. Bener2 sesuai dengan kaidah2 gamification di buku referensi..

Aplikasi tersebut, sederhananya seperti ‘focus-timer’ dengan game rules yang lucu: waktu fokus kita akan dikonversi menjadi ‘water’.. Dan ‘water’ itu nantinya bisa digunakan untuk menyiram dan menumbuhkan beragam tanaman yang imut dan lucu2.. Plus lagi tersedia beragam ‘land’.. Land-nya ada yang ijo subur, padang pasir, salju, dsb.. Masing2 land punya tanaman2 khas masing2..

Dalam buku ‘Gamify’ yang ditulis oleh Brian Burke (2014), ada beberapa poin kunci dari gamification.. Dan itu benar2 diimplementasikan di aplikasi ini: (1.) Game Mechanic.. Adanya elemen seperti point yang layak digunakan game pada umumnya.. Kalo di game ini ‘water’ point.. Dan ada point ‘sunshine’ juga, ini semacam koin untuk beli2 sesuatu (avatar baru, lagu baru, dsb..)

(2.) Experience design.. Adanya ‘play space’, atau ruang untuk melakukan sesuatu.. Kita bisa tanem / nyiram tanaman di ‘land’, dan bisa interaksi sama kucing, kodok, dan bekicot yang kadang2 suka lewat..

(3.) Digitally engage.. Lebih ‘engage’ ke perangkat digital ketimbang orang.. (4.) Motivate people.. Aplikasi ini bisa memotivasi kita untuk fokus lebih banyak.. Karena ada banyak tanaman2 imut dan ‘land’ yang masih belum terbuka.. Dan untuk ngebukanya, perlu lebih banyak ‘water’ dan ‘sunshine’, yang tentu saja itu semua bisa lebih banyak didapet dari lebih banyak fokus..

Dan (5.) Membantu orang Achieve their goals.. Bener juga sih nih.. Bisa jadi tau seberapa produktif kita dalam sehari, seminggu, dst.. Bahkan kita juga bisa jadi tau masing2 porsi waktu kita dihabiskan ke kerjaan yang mana..

Overall, ini aplikasi yang gw rekomendasikan untuk mereka yang produktivitasnya pengen lebih ‘kebaca’, atau kepengen punya time-tracker yang fun / ter-gamifikasi.. Kalo masalah fokus atau nggaknya sih, ya tergantung ke si orangnya masing2.. (^_^)/

“Time is a created thing.. To say ‘I don’t have time’, is like saying: ’I don’t want to..” – Lao Tzu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s