me|write, think sotoy
Comments 2

browser serrr..

Temen2 sekalian, web browser-nya pada pake apa yah ?? Explorer ? FireFox ? Michael Housman pernah melakukan studi ‘iseng’ tentang hal ini.. Kenapa iseng ?? Karena pada awalnya studi dia itu untuk mencari jawaban: kenapa sebagian pegawai Customer Servis bisa bertahan lebih lama ketimbang sebagian lainnya ?

Housman dan timnya mengumpulkan data dari sekitar 30 ribu pegawai dari beberapa jenis perusahaan: pebankan, maskapai penerbangan, dan perusahaan telpon seluler..

Saat nyari2 petunjuk, Housman baru ‘ngeh’ ternyata timnya juga ngumpulin data mengenai web browser yang digunakan para pegawai CS.. Ide isengnya keluar.. Dia kepo: ada hubungannya nggak ya, antara pilihan penggunaan browser tersebut dengan keputusan berhenti kerja ??.. Dia sendiri pun nggak berharap akan menemukan sebuah korelasi di situ..

Dengan dasar keponya itu, akhirnya ia tetep menganalisa data2 tersebut.. Hasilnya ia jadi kaget sendiri.. Pegawai yang menggunakan Firefox atau Chrome ternyata bisa bertahan 15% lebih lama dalam pekerjaannya daripada mereka yang menggunakan Explorer atau Safari.. Dia berpikir: “Ah, paling juga kebetulan..”..

Tapi ya masih kepo, lantas dia analisa data absensi kerja mereka.. Ternyata polanya mirip: Pengguna Firefox dan Chrome berkemungkinan absen kerja 19% lebih sedikit ketimbang pengguna Explorer dan Safari..

Makin kepo lah yaw.. Dia minta tim-nya ngumpulin data2 yang ada kaitannya dengan tingkat penjualan, kepuasan pelanggan, dan rata2 lamanya menerima panggilan.. Lagi2 data menunjukkan pengguna Firefox dan Chrome punya tingkat penjualan yang lebih tinggi, pelanggan yang lebih bahagia, dan durasi menerima telpon yang lebih pendek..

Nggak ngira ya ??.. Sebetulnya masalahnya bukanlah pada browser-nya, tapi pada CARA mereka MEMILIH browser.. Yang menggunakan Explorer (Windows) dan Safari (Mac), menerima begitu saja pilihan default atau yang dari sononya.. Sementara yang memilih diluar itu, umumnya adalah mereka yang mempertanyakan: “Ada pilihan yang lebih baik dari ini nggak ya ??..”

Mereka menjadi lebih punya inisiatif untuk mencari, mendownload sendiri lagi, dan kemudian mempelajarinya.. Hal2 kecil ini yang ujungnya membedakan mereka..

Ditemukan juga: Pegawai2 yang menggunakan Explorer dan Safari menerima serta menjalankan begitu saja pekerjaannya terpaku pada naskah panduan atau sekedar mengikuti SOP.. Nganggepnya yaah udah dari sononya begitu.. Akhirnya ketika rasa jenuh datang, mulai nggak seneng sama kerjaannya, mulai deh bolos2, dan akhirnya berhenti..

Sementara pegawai yang ganti browser dengan Firefox dan Chrome memandang kerjaan mereka dengan berbeda.. Mereka mencari cara2 baru untuk menyelesaikan masalah, baik itu yang berkaitan sama penjualan dan pelayanan pelanggan.. Saat sesuatu yang “nggak nyaman” mulai muncul, mereka berinisiatif memperbaiki keadaan.. Ujungnya nggak banyak alasan untuk bolos dan berhenti kerja..

Gokil ya.. Semuanya berawal dari inisiatif kecil untuk berani mempertanyakan “default”.. Karena mungkin aja ada “fault” di dalam “default”..

2 Comments

  1. Saya pakai chrom dan web2 favorit saya klik tanda bintang agar masuk ke daftar Sy Sy pakai chrom dan web2 fav. sy tandai bintang jd masuk ke daftar bacaan gitu, kalau suami entah pakai apa, browser yg tidak simpan cookies dan tidak dia tidak mau klo lagi berselancar di dumay diketahui mesin pencari misalnya, sedangkan sy pengen apa2 yg sudah sy pernah login sdh prnh masukin kata kunci dan username agar tersimpan di datanya, jd ga ribet tiap kali buka ga perlu masukin kata kunci lagi. Klo suami tipe yg ga mau di mata-matai di internet haha ..

    Liked by 1 person

    • Memang enaknya sekarang ini banyak pilihan, jadinya bisa pilih yang sesuai kebutuhan.. Kalo poin postingan di atas sebetulnya poinnya adalah inisiatif untuk mencoba mencari pilihan yang lebih baik.. Saya sendiri primer-nya Firefox, second-nya buat cari duit online itu Safari, dan terakhir google buat fitur2 ads atau youtube studio.. Hehe..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s