me|write, think sotoy
Leave a Comment

kelemahan kekuatan..

Waktu masih nguli sarjana dulu, selain sejumlah buku tasawuf, beberapa buku yang jadi favoit gw itu buku2 Chinese Wisdom.. Tapi yang dijadi’in komik gitu.. Illustratornya si Tsai Chih Chung.. Dulu Gramedia lumayan rajin nerbitin buku2 dia, yang meng-illustrasikan kisah2 kebijaksanaan dari Cina..

Jadilah gw “kenal” gitu sama tokoh2 bijak asal Tiongkok.. Mulai dari Confucius, Zhuang Zi, Han Fei Zi, Laozi, terus tauk dah siapa lagi, gw lupa.. Hehe.. Tapi buku2nya masih gw simpen sampe sekarang.. Halaman2 isinya udah ada yang lepas dari jilid lem-nya, dan kertas putihnya udah jadi agak kekuningan gitu karena dimakan usia..

Entah gimana, sama kayak pemikiran para Sufi, buah2 pikir mereka pun buat gw pribadi bisa jadi sarat makna dan perenungan.. Kadang nyeleneh, menggelitik, tapi koq kalo dipikir-pikir, iya bisa bener juga.. Kesimpulan akhirnya bisa multi-tafsir dan “awet” menembus zaman..

Salah satu yang gw suka itu Lao Zi.. Buah pikirnya terkadang bertentangan dengan pendapat umum.. Sementara pada masanya banyak orang beranggapan bahwa kekuatan seseorang itu sebaiknya ditunjukkan atau di’pamerkan’, ia malah berargumen: “Exhibit weakness & foolishness.. Don’t let people think you are strong or intelligent..”

Ia beranggapan bahwa yang benar2 natural / alami adalah ketenangan dan kerendah hatian.. Lagipula, yang terlihat kuat belum tentu kuat, begitupun sebaliknya, yang terlihat lemah belum tentu beneran lemah..

Pernah ia meminta muridnya menyebutkan, dari semua bagian tubuh si murid, mana bagian tubuh yang paling keras / kuat dan mana yang paling lemah..? Si murid menjawab, yang paling keras adalah giginya, dan yang paling lemah adalah lidahnya..

Lantas Laozi (yang saat itu udah sepuh) menjawab: “Nih liat gigi guwa, udah rontok semua gara2 umur.. Dan liat nih lidah gw, masih fine-fine aja sampe sekarang..”.. Tentu saja itu kalimat terjemahan bebas dari gw.. Gwakakak..

Laozi melanjutkan, pohon besar lebih kuat dari rumput kecil kan ??.. Tapi begitu ada badai, si pohon besar tumbang tercabut, sementara rumput kecil berayun2 aja tanpa tercabut.. Air merupakan benda yang sangat lembut, tapi dia bisa mengikis gunung dan memahat lembah.. Angin juga begitu, nggak punya bentuk, tapi bisa menerbangkan rumah..

Berdasarkan hal2 diatas, Laozi menyatakan: Kesemuanya menunjukkan bahwa kekokoh-an belumlah tentu sebuah kekuatan, dan kelemahan adalah kekuatan yang sebenarnya..

Tuh kaan, “dalem”.. Kayak ada yang salah gitu, tapi ya bener juga ya..
Liat pejabat2 korup ??.. Berkesan “kokoh” dalam jabatan, tapi rapuh dalam membedakan mana baik dan buruk.. Liat orang2 yang merasa bener2 kuat dan pamer dalam “kesan” membela agama ??.. Apakah mereka benar2 kuat secara ilmu, kehidupan, dan spiritual ??.. Entahlah.. (^_^)/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s