me|write, my life stories
Leave a Comment

belajar nyervis..

Belum lama ini mesin cuci di rumah rusak.. Bunyi gluduk2 gitu, dan “drum”nya nggak mau muter.. Gw coba bersabar, semoga besoknya bener sendiri, eh ternyata nggak bener2 juga.. Katanya sabar adalah “kunci”.. Ealah keingetan: kunci itu kan harus dimasukin ke lubang kuncinya, dan harus diputer juga, baru dah solusinya nampakin diri..

Jadi kalo mau menang sabar ya harus ada aksi.. Akhirnya gw telpon dah seorang tukang servis mesin cuci.. Gw lapor riwayat penyakit si mesin cuci.. Besoknya dia dateng ke rumah menemui istri, dan bilang kalo si mesin cuci harus dioperasi.. Ini kenapa tulisah gw jadi akhiran “i” terus begini ??.. Gwakakak..

Tukang servis mesin cuci bilang: ada “onderdil” yang harus diganti.. (Laah, akhiran “i” lagi..).. Hyahaa.. Akhirnya setelah nego harga, diganti baru deh tuh onderdil yang rusak.. Tapi setelah dipasang, rusaknya malah jadi beda..

Kan pertamanya rusak gluduk2 dan nggak mau muter gitu.. Nah, abis onderdil baru dipasang, bunyi gluduk2 memang hilang, tapi si mesin cuci malah jadi “auto-buka” saluran pembuangan airnya.. Jadinya pas dinyalain, mesin cuci ngisi air ke drum seperti biasa, namun tuh airnya malah langsung keluar lagi dari bawah.. Lah, gimana si drum mau muter untuk nyuci ??.. Wong drumnya nggak bakalan bisa penuh airnya..

Si tukang servis ngutak2 lagi deh.. Ada mungkin sekitar 1 jam gitu dia nyoba ini itu dan pusing sendiri.. Dan akhirnya dia melambaikan tangan ke kamera.. Dia nyerah setelah nggak sanggup lagi melihat penampakan ketidak beresan mesin cuci gw..

Ya udahlah, mo gimane lagi.. Tapi duit gw udah keluar kan ya.. Onderdil yang rusak pun udah diganti.. Gw nggak mau rugi begitu saja.. Jadi gw putuskan untuk mencari2 video solusi kasus kerusakan kayak gw gini di youtube.. And you know what ??.. Ada loh !!..

Ternyata solusinya: ada kabel yang harus dikupas, dipotong dan dituker gitu deh.. Jadi awalnya kabel biru “ketemu” biru, dibikin biru jadi ketemu hitam.. Karena onderdil yang diganti memang bukan merk si mesin cuci, tapi merk “universal”, jadi kerja komputernya mesti diakalin dikit..

Gw coba praktekin dong.. Berasa jadi tukang servis deh: ngulitin2 kabel, motong sana sini, terus nyambungin lagi.. Daann, YEAH !! Bisa !!.. Mesin cuci kembali berjalan normal seperti saat dia sehat wal afiat.. Gw berhasil menaklukkan tantangan yang nggak bisa diselesaikan tukang service mesin cuci panggilan !!..

Pesan moralnya: (1.) Internet memang penuh knowledge yang berharga kalo kita memang mau mencarinya.. (2.) Youtube bisa bikin seseorang jadi lebih bermanfaat, atau sebaliknya.. (3.) Kepikir kerjaan sambilan baru: youtuber, atau freelancer servis mesin cuci profesional.. Gwakakak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s