me|write, spiritual, think sotoy
Comments 2

kotak misteri..

Untitled-1Pernah baca status di fesbuk, poinnya sih, kita nih berasa males untuk mengetahui lebih dalam dan jauh tentang “misteri2” yang ada di agama kita sendiri.. Jika misteri itu adalah sebuah kotak, maka kotak itu seperti dibiarkan tertutup begitu saja, padahal sedikit2 kebayang isinya apa..

Misalnya nih: kita meyakini kalo mau nambah rejeki, lakukan sholat Dhuha.. Sering denger kan info begitu ??.. Jadi, dulu itu saat gw awal2 memulai bikin usaha, karena pengen berhasil dan banyak rejeki, sholat Dhuha pun jadi tergolong sering gw lakukan..

Dan Alhamdulillah, sebelum umur 30 tahun, nggak nyangka gw berhasil bikin perusahaan sendiri, dan masih berlanjut sampe sekarang.. Apakah itu gara2 sholat Dhuha ??.. Kalau iya, kenapa bisa begitu ??.. Seberapa besarkah efeknya ?? Faktor pendukung lainnya apa saja kalo ada ??..

Di lingkungan gw, ada seseorang, gw nilai ini orang baik, sholat Dhuhanya pun gw pikir lebih rajin dari gw, malah sepertinya subuhnya rajin ke masjid.. Tapi kenapa kok rejekinya seakan “begitu2” saja.. Untuk uang kuliah anaknya pun mesti “pinjem”.. (T_T!) *kasihan*..

Apakah “efek” dari Dhuha-nya nggak jalan ??.. Atau ada penjelasan lain ??.. Sampe sekarang gw belum pernah baca studi ilmiah tentang korelasi antara sholat Dhuha dengan jumlah rejeki yg dilakukan oleh “ulama2” sini.. Apakah mereka memang sudah nggak tertarik dengan hal2 berbau sains ?? Terpikirkan-kah untuk riset bareng ilmuwan gitu ??..

Kan seru MISALNYA ada riset kayak gini: Ada dua kelompok yang terdiri dari para pedagang yang baru mau memulai usaha.. Kelompok 1 rutin melakukan sholat Dhuha, dan yang kelompok 2 tidak, kemudian omsetnya terus dipantau selama setahun.. Nah gimana dah tuh hasilnya ??.. Seru kan ??..

Padahal, sebuah “kotak misteri” yang berhasil dibuka, isinya akan lebih mudah “dibawa” dan “ditularkan” ke banyak orang.. Dengan adanya data ilmiah & dasar logikanya, umumnya akan lebih mudah untuk bisa diterima.. Dan siapa tau, akan ada banyak orang yang “tertolong” dengan isi kotak misteri itu..

Sebagaimana kata Buya Hamka, akal yang bagus akan memperkuat iman.. Saat misteri2 agama ini bisa “dikuak” dan dijelaskan dengan logika melalui ilmu pengetahuan, berapa banyak orang yang bisa “tercerahkan” ??.. Nggak lagi hanya meyakini dengan hatinya, tapi juga dengan akal-pikirnya sendiri..

Yang perlu digaris bawahi, yang gw lakukan ini adalah MEMPERTANYAKAN, dan bukan meragukan.. Karena kalo gw meragukan, kemungkinan besar gw nggak sering melakukannya dari dulu.. Meragukan dan mempertanyakan adalah dua hal yang berbeda..

Dasar dari mempertanyakan = KEPO = pengen tahu = penasaran, terus mikir.. Aahh, iya yah.. Jangan2, akar masalah dari ini semua adalah rasa “keingintahuan” kita yang memang kurang pada agama kita sendiri..

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s