read|me
Comments 40

brain wave…

Menepati janji seorang teman yang selasa minggu kemaren sempat tilpunan sampe hampir satu jam lamanya.. untuk itulah tulisan blog ini gw bikin.. ngobrol ngalor ngidul beragam topik di telpon, gak tau gimana, tau tau nyantol sama topik mengenai kekhusyu’an sholat.. dari bermacam buku dan training sholat tahajjud yang pernah gw ikuti, gw bilang ke dia “kalo mao khusyu tuh, gelombang otak kita mesti kita switch ke gelombang alpha..”… Gak banyak balasan kata-kata atas omongan gw itu, tapi temen gw malah terdengar jadi bingung… dan buntutnya, berhubung si boss pembaca setia blog gw, jadinya dia minta ditulisin di blog gw eneh mengenai gelombang otak.. dan ini BUKAN BERARTI GW UDAH BISA… justru gara-gara kepengen bisa itu gw jadi doyan buku yang ber”aroma” otak… pada prakteknya memang agak sulit.. trainernya mah enak ngejelasin dan ngegambarin pada kita kayak apa itu rasanya khusyuk.. tapi yah namanya “rasa”, kan sulit… ibarat contohnya gw mau ngejelasin rasa semangka sama orang yang belum pernah makan semangka.. gimana coba ?? sepinter-pinternya gw ngomong, dan sebanyak-banyaknya meteor yang muncrat dari mulut gw (jigong maksudnya.. hehe).. tetep aja orang itu gak bisa dapet rasa semangka dari gw.. jadi.. solusinya yah praktek… beli semangka, makan dah… beres… nah kalo sholat khusyu ?? yah praktek juga lah.. dicoba dan dilatih sampe ngelotok…

Mengenai gelombang otak sendiri, ternyata otak mengeluarkan gelombang tergantung dari kondisi jiwa seseorang… ini dapat diukur dengan EEG (Elekroensefalogram) yakni sebuah alat perekam gelombag otak.. dari berbagai sumber yang gw temui, berdasarkan frekuensinya gelombang otak terdiri dari 4 kategori:

– Gelombang BETA (14-100 Hz)

Saat konsentrasi serius bekerja, sadar penuh, didominasi logika, otak kiri aktif, multitasking, olah raga, presentasi, menyetir mobil dan hal aktif lainnya, gelombang beta inilah yang dipancarkan oleh otak.. gelombang tinggi ini merangsang otak kita untuk mengeluarkan hormon kortisol dan norefinefrin.. hormon inilah yang menyebabkan kita jadi stress, was was, cemas, mudah marah dan khawatir.. singkat kata, di sebagian besar waktu terjaga, kita berada di gelombang BETA..

– Gelombang ALPHA ( 8 -13.9 Hz)

Nah.. orang yang sedang ngelamun sampe nggak denger kalo dipanggil (digebuk baru deh ‘ngeh… hehe), sedang rileks, tenang, istirahat, santai, berkhayal, fokus dan superlearning, gelombang alphalah yang akan keluar dari otak kita.. gelombang alpha juga dinobatkan sebagai gelombang untuk menciptakan kondisi terbaik untuk menyerap informasi dan munculnya kreativitas.. ini membuktikan teori Golden Ages pada balita yang pada saat umur2 segitu, proses pembelajaran seorang anak sedang tinggi-tingginya.. karena menurut hasil riset, anak-anak balita kondisi otaknya selalu berada dalam gelombang alpha.. pada kondisi ini, otak memproduksi hormon serotonin dan endorfin yang membuat kita merasa nyaman, tenang dan bahagia.. Hormon ini membuat imunitas tubuh meningkat, pembuluh darah terbuka lebar, detak jantung menjadi stabil, dan kapasitas indra meningkat…. jadii, nggak heran toh kenapa ada terapi sholat tahajjud yang bisa nyembuhin penyakit kanker dan penyakit berat lainnya..?? dengan sering dan lamanya sholat tahajjud dalam kondisi gelombang alpha, imunitas menjadi meningkat dan produksi sel makrofag yang tugasnya memakan sel-sel yang abnormal menjadi naik pula.. dan dari buku yang baru aja kelar gw baca, terdapat pergeseran paradigma tentang otak di tahun 2006.. paradigma lama menyatakan kalo otak itu bagaikan komputer, spiritualitas terpisah dari kerja otak, dan bibit penyakit adalah penyebab penyakit.. sedang paradigma baru menyatakan otak itu bagaikan pabrik obat, spiritualitas berkatian dengan kerja otak, dan pikiran dapat mengontrol penyakit..

– Gelombang THETA (4 – 7.9 Hz)

Frekuensi ini dapat ditemukan pada saat seseorang sedang nyaris tertidur atau dalam kondisi tidur dan bermimpi.. pada frekuensi ini, pikiran menjadi sangat kreatif dan inspiratif.. Seseorang yang berada dalam gelombang ini berada dalam kondisi sangat relaks, pikiran sangat hening, indera keenam dan intuisi muncul. Itu semua terjadi karena otak mengeluarkan hormon melatonin, catecholamine, dan AVP.

– Gelombang DELTA (0.1 – 3.9 Hz)

Saat kita tidur pulas gak pake mimpi, nggak sadar, nggak bisa merasakan badan dan nggak berpikir, frekuensi inilah yang muncul.. Di gelombang ini, otak mengeluarkan hormon pertumbuhan (HGH).

Terus.. setelah tahu 4 jenis gelombang otak diatas.. sekarang apa kaitannya sama sholat khusyu ?? nah ntu dia… balik ke pernyataan gw di awal tulisan.. kalo mau sholat khusyu’, yah kita mesti coba untuk rileks dan nurunin gelombang otak kita.. makin turun makin baik.. memang masalahnya, di jaman sekarang yang serba sibuk dan stress ini, jarang orang yang menyempatkan diri untuk mampir ke frekuensi alpha.. yang sering terjadi itu, kita kerjaaaaa terus (frekwensi beta), sholat jugak pikiran kemana mana..hehe.. kerja ampee capeekk, terus tidur (frekuensi theta atau delta).. jadi mungkin buat kita yang sibuk terus, agak sulit buat tahu gimana seh rasanya ada di gelombang alpha itu ?? yang jelas, fokus pada “satu” topik pikiran saja adalah salah satu kuncinya… ibarat ngelamunin siapa gitu deh… kalo dari tiga tingkat kesadaran (conscious, sub-conscious, dan unconscious) gelombang alpha ini berada di sub-conscious..

nah.. gimana caranya turun ke gelombang alpha ?? ini yang jadi masalah… kalo dari beragam buku dan diskusi ama temen seh, bisa melalu visual seperti melihat sesuatu yang indah, atau lewat penciuman seperti aroma therapy, atau bisa juga lewat pendengaran… sekarang kan udah banyak tuh dijual CD audio atau program soundtheraphy untuk gelombang otak.. seperti CD dari quantum ikhlas misalnya… isinya jugak aneh2.. ada yang suara gemericik air hujan, aliran air, kodok, burung, gesekan daun kalo tertiup angin, debur ombak, ada yang campuran dari itu semua, ada juga yang cuman satu jenis suara aja (kebayang gak seh, beberapa puluh menit itu yang kita dengerin cuman suara angin doang)… eit, tapi jangan salah, ada yang berpendapat kalo Rasulullah waktu menyepi di gua hira’ itu yah yang didenger itu cuman ada suara angin.. pernahkah kita nyoba menerka-nerka apa yang dipikirkan beliau saat puluhan hari di sana ?? apapun yang direnungkan Rasulullah pada saat itu, yang jelas kondisi di gua hira mendukung untuk terus berada di kondisi alpha yang notabene merupakan kondisi superlearning, kreativitas, berkhayal, dan kondisi terbaik dalam menyerap informasi… dan akhirnya, wahyu pertama pun turun.. IQRA !!!

sangat bertolak belakang sama gw yang kalo niat nyepi di kamar selalu bawa HP sony ericsson seri W dengan memory 4 giga…. (T_T)

kalo ada yang udah coba dengerin CD-CD brainwave, mungkin sedikit banyak tahu itu gimana rasanya kondisi alpha.. ada yang bilang seperti melayang, tenggelam, rileks, dll.. kalo menurut gw seh rasanya nanggung, kayak serasa nyaris tidur gituh ?? lewat dikit langsung bablas deh ketiduran.. (ADA WARNING supaya nggak mendengarkan brainwave audio pada saat menyetir..) kalo gak salah, pernah gw baca ada orang yang mampu mempertahankan kesadarannya sampe di gelombang theta atau delta.. mungkin para sahabat di zaman Rasulullah itu adalah beberapanya… kalo mereka sudah bisa tetap sadar sampe gelombang theta atau delta, cerita sahabat nabi yang tertancap panah kemudian minta dicabut panahnya pada saat sholat dan tidak merasakan apa-apa menjadi masuk di akal…

yang agak sulit adalah meng”switch” ke alpha pada saat sholat.. nggak mungkin kan gw sholat pake earphone sambil dengerin CD brainwave ?? apalagi kalo lagi jamaah ?? mo sholat apa mo ajeb-ajeb sendiri ??… kalo dari modul training, bisa lewat lari di tempat 1-2 menit (ane
h yah??), pikirkan sesuatu yang menyenangkan atau menyedihkan.. rasakan relaksasi.. tutup mata, tarik nafas yang dalam, bikin badan serileks mungkin, hembuskan nafas perlahan-lahan… atur nafas saat sholat selembut mungkin, seperti cara bernafas saat orang tidur… Teruuss sumber lain dari buku yang it.. WAKS !! bukunya gak ada !! ternyata lagi dipinjem klien !!!….. eeuh, kurang lebih sih isinya ada yang biar khusyuk tuh inget mati, inget nikmat biar bersyukur, fokus kebesaran Allah, dll.. tapi buku-buku sholat khusyu yang banyak beredar itu pendekatannya spiritual banget… gw pengen nyari buku yang teknis praktis cara naek nurunin gelombang otak, tapi sampe saat ini blom nemu juga… paling banter yah pake CD brainwave itu…

ya gitu deh boss sedikit penjelasannya….

halah.. nih blog jadi panjang begini yah……. udah aaah…..

begadangnya besok ajah.. sambil nonton liga champioooonnn…

Advertisements
This entry was posted in: read|me
Tagged with: ,

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

40 Comments

  1. hmmm thx buat sharingnya gie….wahhh klo skrng seh kita sulit khusyu sholat karena gelombangnya udh masuk ke kategori gelombang tsunami gie…wakakakkk…intinya seh gw ngerti menghadirkan gelombang Aplha tadi…nah tapi apakah harus dengan cara spt itu kita harus menghadirkan suasana tenang dsbnya…malah makan waktu gie…Mungkin ada jga cara spt ini gie yaitu dengan mencintai & menyukai SHOLAT, sama spt saat kita nonton liga champion atau baca komik kesukaan…nah kita nggk peduli khan ada kucing lewat, dipanggil orang tua nggk denger, ada telpon berdering cuek aja bahkan ekstremnya maling masuk & kitapun nggak tau…kenapa kita spt itu karena kita lagi asyik atau lagi enjoy dengan sesuatu yang kita sukai, akhirnya kita nggk peduli dengan lingkungan di sekeliling kita…Kenapa kita nggak coba menyukai dan mencintai Sholat…nah mungkin dengan begitu kita akan bisa menghadirkan gelombang Alpha spt yg dirimu maksud gie…bagaimana? bisa kah spt itu? :-pJust sharingfrom melbourne-dd-

    Like

  2. ogieurvil said: pikirkan sesuatu yang menyenangkan atau menyedihkan..

    Dari buku yang gue baca…mengingat mati saat sholat dapat menambah khusyu’…

    Like

  3. hendryanto said: Kenapa kita nggak coba menyukai dan mencintai Sholat…

    Ya, itu tadi …yang ditulis Ogie kan, memikirkan sesuatu yang menyenangkan… 😀

    Like

  4. pemikirulung said: jadi penasaran aku sama ni orang..hehe

    penasaran kenapa tuuh??Ogie masih single kok..lagi nyari tuh… *wink wink**menghindar dari serangan celurit terbang*

    Like

  5. harlia said: penasaran kenapa tuuh??Ogie masih single kok..lagi nyari tuh… *wink wink**menghindar dari serangan celurit terbang*

    waduh..kok jadi begini yak..huhuhu…*ngelap keringet*

    Like

  6. pemikirulung said: waduh..kok jadi begini yak..huhuhu…*ngelap keringet*

    tenang aja….ogie emang single koq…laki perempuan diterima asalkan kasi’ sayang…wakakak…..*kabur ah*

    Like

  7. hendryanto said: hmmm thx buat sharingnya gie….wahhh klo skrng seh kita sulit khusyu sholat karena gelombangnya udh masuk ke kategori gelombang tsunami gie…wakakakkk…intinya seh gw ngerti menghadirkan gelombang Aplha tadi…nah tapi apakah harus dengan cara spt itu kita harus menghadirkan suasana tenang dsbnya…malah makan waktu gie…Mungkin ada jga cara spt ini gie yaitu dengan mencintai & menyukai SHOLAT, sama spt saat kita nonton liga champion atau baca komik kesukaan…nah kita nggk peduli khan ada kucing lewat, dipanggil orang tua nggk denger, ada telpon berdering cuek aja bahkan ekstremnya maling masuk & kitapun nggak tau…kenapa kita spt itu karena kita lagi asyik atau lagi enjoy dengan sesuatu yang kita sukai, akhirnya kita nggk peduli dengan lingkungan di sekeliling kita…Kenapa kita nggak coba menyukai dan mencintai Sholat…nah mungkin dengan begitu kita akan bisa menghadirkan gelombang Alpha spt yg dirimu maksud gie…bagaimana? bisa kah spt itu? :-pJust sharingfrom melbourne-dd-

    hehehe… mencintai sholat.. bagus itu kalo bisa… tapi gak segampang itu.. lebih mudah untuk MENYUKAI YANG BENTUKNYA FISIK DAN JELAS TINGGAL MENIKMATI.. kalo contohnya baca komik, atau maen game atau nonton liga champion.. rasa nikmat disitu gak perlu dicari.. udah nyata… dan sifat kepuasan dari yang tadi gw sebut biasanya berasal dari luar (komik = eksternal berwujud fisik) dan tetap bisa dinikmati meski banyak “noise” dari luar… terbukti kita masih bisa menikmati komik, game, apalagi sepak bola di saat lingkungan rameee bangggeet (makin rame makin seru)… coba sholat, bisa kita nikmati di saat seperti itu ?? rasa-rasanya sih nggak.. kalo seperti itu rasanya lebih deket ke sensasi ketimbang “rasa”..Sholat lebih bersifat rasa seperti orang yang menikmati sebuah lukisan abstrak.. Ada yang liat lukisan abstrak, gak ngerti langsung cabut.. ada yang sedikit bisa nikmati… ada juga yang bener-bener bisa menikmati sampe dibeli dan dibawa kerumah untuk dinikmati berjam-jam… Yah, semua itu karena tingkat ke”mengertian” sholat dari masing-masing orang berbeda… Untuk mencintai sholat sendiri saja, kita perlu ilmu yang banyak.. ada pepatah “tak kenal maka tak sayang”.. jadi untuk mencintai sholat kita perlu tau apa itu sholat, asal usulnya, kenapa harus, siapa yang nyuruh, siapa yang disholatin, arti gerakannya apa, kenapa masing2 sholat rakaatnya beda, dll.. PALING MINIM yang gw kadang sendiri kadang lupa yaitu mesti apal semua arti bacaan sholat !!

    Like

  8. pemikirulung said: jadi penasaran aku sama ni orang..hehe

    saya manusia biasa yang doyan baca komik dan maen badminton.. euh.. videogame juga deng…

    Like

  9. harlia said: penasaran kenapa tuuh??Ogie masih single kok..lagi nyari tuh… *wink wink**menghindar dari serangan celurit terbang*

    makan niihhh.. cangkir, monitor, sama meja terbang !!! gyahahaaaa…

    Like

  10. hendryanto said: tenang aja….ogie emang single koq…laki perempuan diterima asalkan kasi’ sayang…wakakak…..*kabur ah*

    sembarangan lu din… gw lelaki tulen… dan tidak merokok… HALAH.. GAMBARNYA SALAH !!

    Like

  11. dayorules said: ogie tunggu salma cukup umur aja deh…! gwaaahahaha….

    gluk.. euh.. euhehehe. tengkyu ya dar… saat itu pipi gw pasti udah kempot…

    Like

  12. ogieurvil said: hehehe… mencintai sholat.. bagus itu kalo bisa… tapi gak segampang itu.. lebih mudah untuk MENYUKAI YANG BENTUKNYA FISIK DAN JELAS TINGGAL MENIKMATI.. kalo contohnya baca komik, atau maen game atau nonton liga champion.. rasa nikmat disitu gak perlu dicari.. udah nyata… dan sifat kepuasan dari yang tadi gw sebut biasanya berasal dari luar (komik = eksternal berwujud fisik) dan tetap bisa dinikmati meski banyak “noise” dari luar… terbukti kita masih bisa menikmati komik, game, apalagi sepak bola di saat lingkungan rameee bangggeet (makin rame makin seru)… coba sholat, bisa kita nikmati di saat seperti itu ?? rasa-rasanya sih nggak.. kalo seperti itu rasanya lebih deket ke sensasi ketimbang “rasa”..Sholat lebih bersifat rasa seperti orang yang menikmati sebuah lukisan abstrak.. Ada yang liat lukisan abstrak, gak ngerti langsung cabut.. ada yang sedikit bisa nikmati… ada juga yang bener-bener bisa menikmati sampe dibeli dan dibawa kerumah untuk dinikmati berjam-jam… Yah, semua itu karena tingkat ke”mengertian” sholat dari masing-masing orang berbeda… Untuk mencintai sholat sendiri saja, kita perlu ilmu yang banyak.. ada pepatah “tak kenal maka tak sayang”.. jadi untuk mencintai sholat kita perlu tau apa itu sholat, asal usulnya, kenapa harus, siapa yang nyuruh, siapa yang disholatin, arti gerakannya apa, kenapa masing2 sholat rakaatnya beda, dll.. PALING MINIM yang gw kadang sendiri kadang lupa yaitu mesti apal semua arti bacaan sholat !!

    bener jga kta loe gie…tapi secara analogi seh hampir sama, maksud gw kenapa kita bisa menikmati baca komik sendirian, nonton TV sendirian apalagi nonton bola yg seru. Nah proses menyukai & menikmati memang lebih enak jika ada kontak langsung dengan sesuatu dlm hal ini fisik yg loe maksud. Hmmmm gw sendiri pernah merasakan nikmatnya sujud, sholat hingga akhirnya plong semua beban dan rasa di dada..emang belum tiap sholat gw seperti itu…Setidaknya gw pernah rasakan hal yg sama nikmatnya bahkan lebih seperti baca komik atau nonton bola. Mungkin dengan bentuk memakai pakaian yg rapi, menggunakan peci terbaik dan sarung yang bagus, itu bentuk fisik yang digunakan. Karena dengan begitu kadang keyakinan menjadi berlebih saat memanjatkan doa…keyakinan akan doa yang terkabul :-)jadi merinding gw nulisnya neh….just my opinion, gw sendiri masi belajar terus bagaimana menikmati, menyukai sholat hingga ke level mencintai sholat sebagai satu kebutuhan 🙂 Subhanalloh….-dd-

    Like

  13. gw jadi inget sabda Rasul pada Bilal, “Wahai Bilal, istirahatkan kami dg sholat”. Subhanallah… Rasul dan para sahabat menjadikan sholat sbg istirahat, dan bukannya tidur! Malahan Rasul menganalogikan tidur sebagai “mati kecil”.Meskipun masih belajar untuk bisa sholat khusyu’, seringkali gw menganggap sholat itu sbg istirahat, apalagi kalo lagi hectic kerja, rasanya luar biasa damaaiiii banget… mungkin bisa dicoba triknya Kak Ogie…? Atau ada usulan lain?? 😉

    Like

  14. mbakje said: seringkali gw menganggap sholat itu sbg istirahat, apalagi kalo lagi hectic kerja, rasanya luar biasa damaaiiii banget…

    yah.. ada yang bilang sholat juga merupakan sebuah bentuk meditasi ataw relaksasi.. jadi gak heran kalo ngerasa damai… orang-orang yang gw anggap “MEMANG” dalam keislamannya, kebanyakan tidurnya sedikit, lambung mereka jauh dari tempat tidurnya… tapi yang gw heran, kok yah bugar terus, malah makin sakti… hehehe.. padahal ritualnya dari jam 12 teng sampe subuh sholaaaaatt teruuuss…

    Like

  15. ogieurvil said: orang-orang yang gw anggap “MEMANG” dalam keislamannya,

    Kak Ogie… MEMANG…(maap KoKaBi, pinjem kata2 mutiaranya ^^)

    Like

  16. mbakje said: Kak Ogie… MEMANG…(maap KoKaBi, pinjem kata2 mutiaranya ^^)

    tuh kan Gie…orang2 MEMANG mengakui keMEMANGan dirimu…XD

    Like

  17. Salam kenal… Hari ini aku belajar hal baru..Ini bukti belajar itu bisa dari siapa aja, ke anak muda seperti Ogie pun ok lah..kalau emang belum tahu….Padahal lagi googling dari info rumor ‘Guna-Guna lewat telepon yag katanya bisa bikin langsung meninggal’ Weh serem. Kok dapatnya malah gelombang Alpha ya…:)Itu kali jawabannya, sholat khusuk akan menolak semua guna-guna .. :-)Boleh di copy ya tulisannya.:). Thanks ya. Kalau gak boleh aku link aja ..Met ber shola Khusuk..

    Like

  18. monggo dicopy mbak.. yah… inilah halaman “guna-guna” yang aku punya… guna-guna lewat telepon langsung meninggal ?? wew… itu malah aku gak tau sama sekali….. hehehe…

    Like

  19. Ogie MEMANG!!btw.. lagi seru telpon / sms nomer merah..ada yang bilang santet..ada yang bilang infra merah tinggi..katanya bikin kejang2.. trus meninggal..nggak ngarti juga sih.. selewatan aja denger / taunya dari si Mb Mah yang heboh ama isu itu.. ^^;

    Like

  20. hwalah ??? ada yeh model begitu…. baca aah… tapeee… kenapa mesti pake MEMANG seh ?!? gak perlu leeeeyyyy…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s