All posts tagged: ilmiah

kotak misteri..

Pernah baca status di fesbuk, poinnya sih, kita nih berasa males untuk mengetahui lebih dalam dan jauh tentang “misteri2” yang ada di agama kita sendiri.. Jika misteri itu adalah sebuah kotak, maka kotak itu seperti dibiarkan tertutup begitu saja, padahal sedikit2 kebayang isinya apa.. Misalnya nih: kita meyakini kalo mau nambah rejeki, lakukan sholat Dhuha.. Sering denger kan info begitu ??.. Jadi, dulu itu saat gw awal2 memulai bikin usaha, karena pengen berhasil dan banyak rejeki, sholat Dhuha pun jadi tergolong sering gw lakukan.. Dan Alhamdulillah, sebelum umur 30 tahun, nggak nyangka gw berhasil bikin perusahaan sendiri, dan masih berlanjut sampe sekarang.. Apakah itu gara2 sholat Dhuha ??.. Kalau iya, kenapa bisa begitu ??.. Seberapa besarkah efeknya ?? Faktor pendukung lainnya apa saja kalo ada ??.. Di lingkungan gw, ada seseorang, gw nilai ini orang baik, sholat Dhuhanya pun gw pikir lebih rajin dari gw, malah sepertinya subuhnya rajin ke masjid.. Tapi kenapa kok rejekinya seakan “begitu2” saja.. Untuk uang kuliah anaknya pun mesti “pinjem”.. (T_T!) *kasihan*.. Apakah “efek” dari Dhuha-nya nggak jalan ??.. Atau …

teori ah..

Belakangan ini otak gw berasa “gosong”.. Sampe2 komitmen nulis postingan seminggu sekali pun sempet gw langgar.. Mungkin gara2 emang lagi banyak kerjaan.. Atau mungkin juga karena kebanyakan baca buku2 teori untuk update materi ajar.. Di sebuah buku creative thinking, gw pernah baca, untuk bikin sesuatu yang bagus terus menerus itu emang bisa menjadi “beban” bagi otak.. Akibatnya, otak ribet, penuh informasi, tapi nggak bisa dikeluarin, persis kayak makanan mateng yang nggak diangkat2, dan akhirnya jadi gosong..!! Walau bagaimanapun, gw tetep suka banget baca2 teori sains.. Terlebih buku2 terbitan luar.. Dulu, dosen gw yang S3-nya cumlaude jebolan UI pernah bilang, kalo tulisan penyajian teori orang2 sini tuh sukanya muter2.. Hehe.. Menurut beliau, kultur orang timur untuk nulis atau berteori, memang berbeda dengan kultur atau cara pandang orang barat.. Barat itu lebih sering nggak banyak beropini dalam menyajikan teori2.. Sedangkan kultur timur biasanya lebih “seneng” untuk menambah opini.. Mungkin Itulah kenapa, kalo gw perhatiin, banyak buku2 teori sains barat, untuk satu bab saja, rujukan / referensinya bisa puluhan buku, (yes, cuma untuk satu bab !! ).. Beda …