me|write, think sotoy
Comments 3

Resiko pilihan atau pilihan resiko..

UntitledBelum lama ini sempet gw baca sebuah status di facebook yang bunyinya kayak gini: “apakah setiap PILIHAN ada RESIKOnya | atau | apakah setiap RESIKO ada PILIHANnya..”

Yang nulis masih anak muda.. Jadi wajar ada kebingungan di situ.. Dan terus terang aja, kalo menurut gw ini pertanyaan yang cukup bagus mengenai pilihan & resiko.. Sayangnya, dari pertanyaan tersebut juga terlihat si penanya masih agak rancu dalam membedakan makna kata antara resiko dan konsekwensi..

Karena dalam pemahaman gw, ada koq pilihan2 tanpa resiko.. Contoh, kalo ada orang baru kenal mau pinjem duit, pilihan untuk nggak minjemin itu kan pilihan nggak beresiko.. Dan secara arti katanya sendiri, resiko atau risk dalam bahasa inggris selalu terkait dengan hal yang negatif, kegagalan, atau sesuatu yang nggak enak, dan berbahaya.. Dan kata risk juga terkait dengan kata chance atau peluang.. Itulah kenapa resiko pada umumnya selalu dihindari atau bahkan nggak bisa dipilih, karena “rasa”nya selalu nggak enak.. Misal: resiko naek pesawat itu bisa jatoh, mau gitu pilih jatoh ??.. Resiko dagang itu rugi, mau gitu pilih rugi ??.. Maka dari itu kita seringnya denger istilah “pilihan yang beresiko”, dan bukan “resiko yang dipilih..”

Nah, kalo konsekuensi itu asal katanya consequence.. Di dalem kamus ada yang mengartikan: akibat, kepentingan, atau dampak.. Setiap pilihan PASTI ada konsekuensinya.. Yang sering jadi masalah itu, konsekuensi ini bisa dipilih, mau dilakukan atau nggak untuk membuahkan hasil2 tertentu.. Dan seringkali kalo konsekuensi ini nggak dilakukan dengan baik bisa memicu timbulnya resiko..

Contoh: misalnya gw sebagai mahasiswa baru, gw pilih jurusan desain grafis.. Konsekuensinya, tugasnya banyak banget, sampe begadang, berasa kurang waktu, sampe “keabisan napas”, dan kalo males dikit, bisa tewas dah lu.. Hehe.. Itu bukan resiko, karena emang mesti begitu, kebanyakan semua mahasiswa desain seperti itu, lantas mana bisa dibilang resiko ??.. Misalnya lagi gw memutuskan kuliah mau sambil kerja, terus aktif organisasi pulak, tapi pengen lulus cepet dan kalo bisa jadi lulusan terbaik.. Maka konsekuensi / dampak / akibat yang ditimbulkan dari pilihan gw itu: gw mesti berupaya lebih keras lagi daripada upaya mahasiswa standard ataupun mahasiswa yang tipe “kupu-kupu” (kuliah pulang kuliah pulang).. Hehe.. Kalo gw pikir resiko jadi mahasiswa itu apapun jurusannya: ya D.O.. Kalo lulus dengan nilai kurang memuaskan itu bukan resiko, tapi kurangnya menjalankan konsekwensi wajar dengan baik..

Itulah kenapa di beberapa kamus gw liat kata consequence bisa terkait dengan consistency, benefit, importance, & result.. Karena mungkin konsekuensi itu sebenernya adalah sesuatu yang penting, yang sebaiknya dilakukan dengan benar, dan kalo dilakukan dengan konsisten, maka akan ada hasil yang positif sebagai akibatnya.. Sedangkan resiko itu terkait dengan peluang, jadinya kita sering dengar kalimat “berani ambil resiko”, atau “risk taker”, bahkan manajer resiko.. Tapi kita nggak pernah denger kalimat “berani ambil konsekuensi”, atau “consequency taker”, atau manajer konsekuensi.. hehehe.. Kenapa ?? Karena ya konsekuensi itu dampak wajar dari sebuah pilihan…

Jadi kalo boleh gw kasi jawaban dari pertanyaan yang ada di awal postingan: “Setiap PILIHAN ada KONSEKUENSINYA, dan RESIKO nggak ada PILIHANnya, karena hal negatif bukanlah PILIHAN..”… 

*yaaah, sotoy guwa kumaaaatt..!!*

Advertisements
This entry was posted in: me|write, think sotoy
Tagged with: ,

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

3 Comments

    • Ah maca cih ?? Emangnya kalo mau dagang, resiko ruginya bisa diasuransikan gituh ?? Gyahaha.. Kabar baik Alhamdulillah.. Pa kabar juga ??.. Capa nih yaa ??.. hihihi..

      Like

  1. yoi says

    bener itu, jadi semua yang kita pilih harus kita pertanggung jawabkan juga 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s