favourite, me|write, think sotoy
Comments 2

lari pelan jalan..

Untitled-1Menjalani hidup, bisa diibaratkan menjalani sebuah track atau lintasan lari yang ujungnya nggak kita tau.. Kalo diperhatikan lebih dalam, ada orang2 yang kecepatan larinya sedang2 saja.. Ada yang larinya cepat seperti orang sprint, dan ada yang jalannya pelan-pelan.. Yang sebetulnya agak berbahaya itu, kalo kita konstan dalam satu level kecepatan.. Karena, kalo pasang “gigi satu” terus dalam hidup, bisa ngerusak fisik.. Dan nggak akan bisa ngebut juga kalo giginya nggak naik2.. Plus kalo jalan pelan terus, kapan nyampe’nya ??.. Gyehehe..

Gw setuju banget sama sebuah buku yang bilang kalo hidup ini (terlebih buat mereka2 yang kepengen sukses) mesti pintar2 mengkombinasikan 3 level kecepatan, yakni sprint, pacing dan marathon..

Sprint itu saat2 dimana kita mesti tancap gas lari secepat mungkin, sampe ngos-ngosan abis, untuk mengejar target2 jangka pendek.. Kalo gw yah kondisinya di saat2 dimana gw dikejar pekerjaan atau tugas dengan deadline yang ketat.. Saat mesti sampe begadang2 dan mengeluarkan tenaga ekstra.. Ibarat sebuah mesin yang sedang “full throttle..”.. Kondisi sprint ini bisa bikin kita naek kelas di kapasitas kita.. Kita jadi bisa tau “power” maksimal diri kita yang sebenernya, dan kemudian tau juga masih bisa ditingkatkan atau nggak.. Dan kalo kasusnya gw seorang mahasiswa, gw juga akan jadi lebih “menonjol” karena tugas2 yang banyak bisa gw kelarin duluan ketimbang mereka2 yang nggak melakukan sprint..

Yang kedua itu kondisi Pacing.. Pacing itu saat2 normal seperti kondisi biasa sehari2, entah itu dalam perkuliahan atau pekerjaan.. Nggak terlau diuber2 deadline, tapi tetap mesti ada yang dikerjain atau diselesaikan sebagai bentuk tanggung jawab.. Kondisi biasa atau pacing, mengerjakan sesuatu secara level “menengah” dan dikerjakan sehari2 secara terus menerus inilah yang sebetulnya membentuk profesi kita.. Kita adalah apa yang kita lakukan sehari-hari.. Pacing yang paling “enak” itu adalah pacing dimana kita sudah tau mimpi kita atau target besar kita di masa depan.. Jadi misalnya udah tau impiannya mau jadi penulis, kan enak tuh, berarti tiap hari pacingnya dia harus menulis, dan pada akhirnya disadari atau nggak, profesinya akan jadi seorang penulis..

Kondisi ketiga itu Marathon.. Ini melakukan hal yang keciiilll, tapi HARUS konsisten.. Dari beberapa sumber juga gw temuin, orang yang doyan berbagi itu suksesnya akan jadi lebih gampang.. Marathon ibarat menyebar energi positif secara kontinyu meskipun itu kecil.. Misal, ibarat sedekah seribu setiap hari, atau yaa, hehehe, jujur aja neh, gw buka rahasia.. Blog ini yang gw isi tulisan tiap seminggu sekali (hopefully terus konsisten..hehe..) sebetulnya wujud usaha gw untuk pengaplikasian teori marathon ini.. Besar kecilnya “energi” yang dikeluarin gak jadi soal, marathon penekenakannya lebih kepada konsistensi atau keberlanjutan.. Kenapa perlu ada marathon ?? Karena kerja keras & cerdas pun belum tentu menjamin keberhasilan.. “Amalan” atau “sedekah” yang konsisten, meski kecil bisa saja merubah nasib seseorang.. Karena kita nggak tau berapa kali lipat sedekah yang kecil itu akan dilipat gandakan.. Kalo di Al-Qur’an disebutkan bisa sampe 700 kali lipat.. Mana tau gw dapet jodoh gara2 do’a seorang penjual permen yang gw suruh supanya duit kembaliannya dia ambil aja ?? Mana kita tau ternyata hal2 kecil lah yang malah bikin kita naek ke kelas yang lebih tinggi..??

Hidup yang “seru” dan sehat itu kombinasi dari kondisi diatas.. Katanya sih pola hidup orang2 sukses, ya dinamika dari 3 kondisi ini.. Gw pikir bener juga sih.. Karena hanya menjalankan salah satu kondisi diatas artinya statis.. Dan statis itu artinya nggak ada kehidupan.. Coba aja liat di layar detektor detak jantung di pelm2 atau rumah sakit.. Kalo statis terus bunyi “ttiiiiiitttt” gitu, itu artinya apa ya ?? Hehehe..

Advertisements

2 Comments

  1. Pingback: “sprint” condition.. | Lagi Lagi Halaman Guna Guna

  2. Pingback: bisa ini bisa itu bisa repot.. | halaman guna guna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s