me|write, think sotoy
Comments 2

RuBaRu..

Untitled-1Di zaman sekarang ini, kadang ada orang2 yang bingung mau bikin apalagi, atau mau jualan apalagi ?? Kayaknya semuanya udah ditemukan, sulit untuk bener2 membuat atau menjual sesuatu yang bener2 baru.. Seakan2 semuanya udah “ditemukan” di abad sekarang ini..Kalo diluar negeri mungkin lebih berasa, kalo hasil riset / penemuan2 berjalan dengan cepat.. Inovasi orang mau jualan apa’an lagi juga lebih berasa ketimbang di sini..

Mungkin diantara kita ada juga yang mikir, kalo dirinya lahir atau menjadi dewasa di zaman yang salah.. Zaman dimana semua udah ada & ditemukan.. Jadinya susah deh mau jualan barang baru lagi.. Hehehe.. Kalo dipikir2, seandainya Einstein lahir 50 tahun lebih lambat atau lebih cepat, mungkin rumus E = MC kuadrat akan tercatat bukan atas nama dia.. Seandainya juga Mark Zuckerberg lahir di tahun 1940an, mungkin Facebook akan tetap ditemukan, tapi bukan sama dia..  Karena ada pakar yang beranggapan, semua hal baru, terlebih yang berbau science, cepat atau lambat pasti akan “ditemukan..” oleh seseorang..

Tapi ada juga teori yang secara tersirat bilang; nggak ada itu sebenernya “ketidak adilan” akibat lahir di zaman yang salah.. Atau keberuntungan akibat lahir di zaman yang tepat… Namanya teori Zeitgeist, dari bahasa Jerman.. Kalo dibahasa inggrisin, nggak ada terjemahan baku, apalagi di bahasa kite.. Hehe.. Jadi kalo diinggrisin itu jadi “spirit of the age”, atau semangat jaman.. Teori ini pendek katanya menyatakan: kalo setiap zaman itu pasti membawa “wadah” atau “ruang” tersendiri untuk bisa dieksplorasi oleh orang2 yang hidup di zaman tersebut.. Jadi tergantung si orangnya juga..

Maka, buat mereka yang bergerak di bidang kreativitas, inovasi ataupun research & development, sejatinya sih nggak akan kehabisan bahan untuk bisa dieksplorasi dan kemudian bisa menelurkan hal2 yang baru.. Lagi2 baliknya ke orangnya lagi.. Hehehe.. Gw sih berharap, semoga di tahun ini semua harapan gw dan teman2 semuanya bisa tercapai.. Semoga juga semuanya bisa mencapai potensi2 terbaiknya.. Memang bener dah tuh, musuh yang ada di dalem diri sendiri itu nggak mudah untuk ditaklukkan..

Sebagai penutup postingan, ini gw kasi faktor2 penghalang potensi diri menurut pakar psikolog yang gw dapet dari sebuah buku.. Psikolog Abraham Maslow menyebutkan, ada enam faktor penghalang potensi manusia:

  1. Perasaan mencari stabilitas tanpa tujuan tertentu.
  2. Perilaku yang berusaha menghindari ketidaknyamanan.
  3. Perasaan mempertahankan status quo.
  4. Kurangnya keberanian.
  5. Menekan hasrat naluriah.
  6. Kurangnya hasrat untuk berkembang.

Mudah2an kita semua bisa ngancurin tuh penghalang di tahun ini dan seterusnya.. Selamat tahun baru 2014.. Semoga sehat, sukses, bahagia dan barokah selalu sekeluarga semuanya.. Amiin..

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s