me|write, spiritual, think sotoy
Comments 2

do’a dan aksi…

Sering banget gw denger, kita mesti banyak berdo’a… Terkadang malah terkesan maksain, do’a kita mesti dikabulkan sama yang diatas… Minta ini minta itu, berharap ini berharap itu.. kalo terkabul barang sedikit, Alhamdulillah lumayaan, dan kalo gak terkabul… lu manyuuun… hehehe…

Kalo dipikir, kita-kita ini berdoa atau malah mendikte Allah ya ??

Dalam beberapa referensi, gw menemukan adanya beberapa tingkatan berdo’a.. Dan peringkat kedua tingkatan berdoa yang paling tinggi adalah bersyukur.. Allah janji kalo bersyukur, pasti akan ditambah.. Belum minta udah dikasi.. Jadi pada hakikatnya bersyukur adalah berdoa, tapi tanpa mesti mendikte atau menyuruh Tuhan.. Bersyukur sendiri sejatinya adalah memaksimalkan semua potensi yang sudah ada pada diri… Banyak kita liat orang mensyukuri / memaksimalkan bakat yang ada pada dirinya makin jago kan yah… Ya itu salah satu tanda kalo potensi diri disyukuri akan ditambah…

Peringkat pertama, do’a yang paling tinggi itu ada yang bilang adalah amal kebajikan..
Orang2 yang berpandangan begini, setiap tindakannya menjadi bentuk pengejawantahan dari do’anya… Kalo gw peratiin, ternyata banyak orang yang tindakannya nggak sesuai sama do’anya…
Berdo’a kepengen sehat, tapi tetep ngerokok dan gak olahraga.. Berdo’a, minta ilmunya ditambah tapi males belajar… Ada orang yang berdo’a kepingin jadi pengusaha, tapi nggak mau kerja ekstra keras, takut ambil resiko, dan gak mencoba pelan2 mengasah mentalnya jadi mental pengusaha.. Berdo’a sampe naek haji segala biar hidupnya berkah, tapi ongkos naek haji dan makan keluarganya dicampur sama hasil dari suap & korupsi… Lah, do’a sama aksi gak sejalan, ya gimana mau terkabul ??..

Kalo belum bisa dibilang “satu”, do’a dan aksi menurut gw sama pentingnya.. Bayangin hasil kerja orang yang berfikir punya keharusan seperti ini: Bekerja dengan sangat keras seolah-olah do’anya nggak akan dikabulkan kalo nggak kerja mati2an, dan berdo’a dengan penuh harap cemas serta kerendahan hati yang mendalam seolah-olah segala kerja kerasnya nggak akan ada hasil & artinya tanpa makbulnya do’a yang dipanjatkan… Pasti luar biasa banget tuh…

Bhuhuhu… Kalo gw jujur aja deh… kadang kalo rasa males guwe menyerang, yang konsep2 sukses begini lewat dah semuanyah… apalagi kalo lagi galaw… Wadaw !!!

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s