me|write, spiritual, think sotoy
Comments 14

rah marah…

Abis ngebaca postingan gw sendiri yang ini http://ogieurvil.multiply.com/recipes/item/51/efek_marah_

Gw jadi pengen nulis tentang marah… rasanya topik ini belum pernah gw sentuh, padahal udah dari dulu kita semua pasti mengalaminya… yo wis dah, sekalian bayar utang postingan minggu kemaren dimana gw bablas tanpa postingan sama sekali…. Hehe…

Pernah ngadepin orang marah ??… pernah mengalami ditatap dengan mata melotot dan tudingan-tudingan jari ?? pernah dicaci maki dengan kata-kata penghuni kebun binatang ?? atau menerima sms dengan ada kata “anjiiiing..” ??…. atau yang lebih parah, diberi pukulan ke badan meski cuman ngeles doang ?? ataaauu… pernah liat kursi melayang atau benda lain melayang di depan muka, meski gak mengarah ke kita ??

Alhamdulillah… di umur gw yang puluhan tahun ini, gw udah pernah ngalamin itu semua… hehehe…

Pelajaran yang bisa gw petik, sebisa mungkin jangan sampe deh gw melakukan ini ke orang lain, di saat sekarang ini, dan di masa depan nanti… karena gw tau bener gimana itu rasanya….. Gw selalu berusaha meyakini, kalo Allah menimpakan semua yang sampe ke depan gw bukan untuk gw sia-siakan… termasuk keadaan yang gak enak… Kalo gw dalam kondisi yang membuat gw marah, mudah-mudahan Insya Allah gw berusaha hanya cukup bicara seperlunya dan kemudian diam… sebisa mungkin nggak berbuat sesuatu yang membikin sakit atau merugikan orang lain dan diri sendiri….

Sulit menghadapi orang yang sedang marah… nggak ada yang bisa masuk ke dirinya saat itu meski itu ayat Al-qur’an atau Hadist yang notabene kebenaran mutlak dari Allah… Banyak juga gw temui penyesalan yang nggak berguna akibat keputusan yang dibuat di saat marah… Kadang gw nemuin emang ada orang yang gampang banget memilih untuk marah, padahal kalo dia milih untuk gak marah saat itu bisa banget, dan efeknya pasti jaaauuuhhhhhh lebih baik ketimbang memilih untuk marah… tapi yah gitu deh… kedewasaan dan keterampilan memanage emosi memegang peranan penting di sini…

Ada almarhum dari keluarga gw yang mata batinnya luar biasa tajem… beliau bilang, kalo ada orang sedang berantem atau marah banget sampe hilang akal, setan-setan bakal ngumpul di sekelilingnya.. bersorak, bertepuk tangan dan nambah “ngomporin” orang yang sedang marah biar marahnya makin menjadi jadi….

banyak efek negatif marah buat tubuh kita yang telah terbukti secara ilmiah… tapi di postingan sekarang ini, gw kutip tentang marah dari sudut pandang Islam aje dulu yee…. Yyuukkk.. monggo dibacaaa… (^_^)/

————————————————————————————————————————————————————–

Gw kutip dari sini nih: http://debyanhajiprastyo.blogspot.com/2010/01/pintu-pintu-masuk-setan-lanjutan.html

Marah (ghadhab) juga merupakan jalan setan. Pada zaman Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, ada seorang sahabat menemui beliau, “Ya Rasulallah, saya ingin menghafal haditsmu. Coba beritahukan kepadaku satu hadits saja yang tidak terlalu panjang agar aku dapat menghafalnya.” Nabi bersabda, “La Taghdhab; Jangan marah.” Sahabat itu pulang dengan menghafal hadits itu. Setelah hafal ia kembali untuk meminta hadits yang lain. Nabi bersabda lagi, “La Taghdhab; Jangan marah.” Nabi menyebut hadits itu sampai tiga kali. Sahabat itu lalu berkata, “Aku memikirkan mengapa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam menyebut hadits itu tiga kali. Tiba-tiba aku memahami bahwa sesungguhnya marah bisa mengumpulkan seluruh kejelekan.”

Kalau seorang telah marah, seluruh kejelekan bisa ia undang masuk ke dalam dirinya. Ia, misalnya, akan berbicara kasar. Bicara kasar adalah sebuah kejelekan. Seorang mukmin tidak mungkin berbicara kasar dan mengucapkan kata-kata yang tajam. Ia tidak mungkin berbicara yang menusuk perasaan, memaki-maki, mengeluarkan kata-kata kotor. Seluruh hal yang tidak mungkin itu akan menjadi mungkin bila seseorang marah; seluruh keburukan akan keluar dari dirinya. Otaknya tidak akan berfungsi lagi. Karena itu, dalam beberapa aliran silat tenaga dalam, kalau ingin mengalahkan musuh, kita di suruh membangkitkan emosi musuh kita agar dia marah. Kemarahan itulah yang akan membinasakannya. Dengan kata lain, bila kita ingin menang dalam suatu pertempuran, usahakanlah untuk tidak marah.

Tenaga orang yang marah pun lebih kuat dari pada orang yang tidak marah. Ia memiliki tambahan energi yang bisa dimanfaatkan setan untuk berkhidmat kepadanya. Karena itu, dalam hadits disebutkan agar kita memanfaatkan energi itu untuk sesuatu yang tidak merusak. Ada juga keterangan yang mengatakan bahwa bila kita marah, hendaklah kita berwudhu. Karena marah berasal dari setan – yang terbuat dari api – maka untuk memadamkan amarah itu, kita menggunakan air atau wudhu.

semoga bisa bermanfaat ye guys !!! sukses mulia selalu…!!

Advertisements

14 Comments

  1. Kata AA Gym marah itu boleh koq gie….asal waktunya tepat & caranya juga baik :-phayooooo….bagaimana? eh gw pertamax yeeee :-p

    Like

  2. hendryanto said: caranya juga baik

    benneeerrrr… cara yang baik biasanya nggak memperburuk keadaan dan menyakitkan orang laeen…. gitchu seh kalo kalo gw pikiirr…. hehehe.. pertamax pertamax… pake shell donk…

    Like

  3. berarti boleh marah dong gie…bukan berarti nggk boleh khan !!! :-phayoooo gw mau marah ame loe nehhhh…..xixixixixiix :-p

    Like

  4. Jadi inget cerita saat Sayyidina Ali diludahi sama seorang musuhnya pada saat perang, akhirnya gak jadi nyerang karena tiba-tiba beliau marah

    Like

  5. yes… seinget gw ceritanya dia muter-mmuter dulu ngelilingin tuh orang sampe marahnya mereda… karena dia nggak kepengen bunuh tuh orang karena marahnya yang notabene dari hawa nafsu dan setan, tapi hanya karena Allah… hebat banget dah tuh..

    Like

  6. ogieurvil said: yes… seinget gw ceritanya dia muter-mmuter dulu ngelilingin tuh orang sampe marahnya mereda… karena dia nggak kepengen bunuh tuh orang karena marahnya yang notabene dari hawa nafsu dan setan, tapi hanya karena Allah… hebat banget dah tuh..

    iya pernah denger juga.. akhirnya orangnya di lepas..subhanalloh.. 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s