me|write, think sotoy
Comments 35

Jodoh itu PILIHAN ?? DITETAPKAN ?? atau PILIHAN YANG SUDAH DITETAPKAN ??

[ my old multiply post : 12 mei 2006 ]

Entah kenapa belakangan ini gw ketemu banyak cerita soal cinta yang kandas deket deket dengan tanggal pernikahan.. dari teman lama sampai sepupu gw sendiri.. untuk yang sepupu gw ini (cewek), dari januari kemaren udah disounding bahwa dia bakal nikah tgl 1 juli ini..gedung sudah disewa & bayar DP, malahan nyokapnya sempat nanya sama nyokap gw tentang masalah gedung ini.. family di surabaya dan di madura sudah pada tau dan sudah ada yang merencanakanambil cuti untuk datang ke pernikahannya.. maklum sepupu gw ini anak pertama dari 3 bersaudara.. jadi ini pertamakalinya keluarga tante gue itu punya gawe nikahan..

Kemaren pas gw ngobrol sama nyokap, eh ternyata si sepupu gw ini nikahannya BATAL.. jelasnya sih gw sendiri kurang tau kenapa.. nyokap gw nggak enak mo nanyain secara detail.. sepertinya sih pihak keluarga jauh dari si cowok ada yang nggak setuju..Ya Allah.. gw kaget jugak denger tuh kabar.. nggak yangka bakal begono.. wong do’i orangnya baik dan okeh koq.. dan mereka gw yakin serius mo merajut bentuk keluarga sakinah.. knapa mesti jadi begini seh ??

Kmarenan lagi temen lama gw jugak tilpun (cewek jugak).. dia batal mau dilamar.. padahal orangtua sudah saling kenal, sudah terucap dari pihak cowok bahwa “tanggal sekian saya mau melamar anak ibu”.. tapi apa daya, si cowok tiba2 berubah.. di sms nggak ngebales, di telpon nggak pernah diangkat.. sekalinya diangkat pun ketus.. ditanya via telpon sama temen gw “kamu lagi ada masalah ya ?”, jawabannya “NGGAK TAU !!” dan telpon langsung ditutup. Dan kisah cinta yang kandas ini bukan yang pertama kalinya buat temen gw ini.. sebelumnya gw tau dia pernah pacaran sama temen gw sendiri selama lima tahun, keluarga udah saling kenal, sudah terucap jugak dari pihak cowok kalo akan melamar tanggal sekian.. eh.. bubar jalan jugak..

Tetangga gw barusan ini jugak ada yang nikah.. eh ternyata ceritanya sebelum dia jadi nikah sama tetangga gw ini, ceweknya sempet mau nikah sama orang laen.. kurang sebulan dari hari H.. bubar jalan.. Kmaren tante gw nginep di rumah, dia cerita jugak, temennya anaknya kurang 2 bulan hari H, bubar jalan..

Bokap gw pun ternyata sama.. dulu sempet tunangan sama orang lain dulu sebelum bubar jalan, trus gak lama jadi ama nyokap, trus nikah.. jodoh !!

Om gua 10 taon lebih pacaran, pas netepin tanggal nikah, pihak cewek agak sedikit plintat plintut, trus you knowlah.. bubar jalan.. pacaran lagi sama cewek laen.. nggak lama, nikah.. Jodoh !!

Buat gw yang hobby mikir.. dan belom nikah pula.. gw jadi bingung sendiri.. Jodoh itu PILIHAN ?? atau DITETAPKAN ?? atau PILIHAN YANG SUDAH DITETAPKAN ??

Kalo soal MEMILIH, gw yakin tadinya bokap gw pasti sudah memilih tunangannya sebelum ketemu nyokap gw (udah tunangan pasti serius lah bo;).. tetapi ternyata pada akhirnya DITETAPKAN bahwa jodohnya bokap yah nyokap gw, bukan tunangannya itu.. demikian pula sama sepupu gw dan temen gw tadi.. mereka sudah MEMILIH..

Misteri.. masa depan itu ghoib.. Allah lah pemegang kuncinya.. hati emang bisa terbolak balik.. Allah yang membolak balikkan hati.. ada hadist Nabi SAW : “Sesungguhnya Hati itu bagai pena dari bulu di tanah lapang yang dibolak-balikkan oleh angin”.. berarti semua pilihan kita kan ada di dalam ketetapanNya jugak.. jadii.. apa jodoh itu PILIHAN YANG SUDAH DITETAPKAN ?? Allah yang “menggoreng” hati kita untuk memilih pilihanNYA.. atau ada teori lain ??

Sebagai seseorang yang pasang niat nikah.. gw cuman bisa berserah diri, berusaha dan berdo’a semoga Allah menuntun hati gw untuk memilih yang terbaik yang ditetapkanNya.. Amiin ya rabbaal alamiiinn..

Advertisements
This entry was posted in: me|write, think sotoy
Tagged with:

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

35 Comments

  1. Hehehe…salam kenal ya. Aku tambahin deh satu cerita, ada temenku cowo, udah 12 tahun pacaran, pas deket hari H, bubar juga. Hehehe..padahal katanya dah beli rumah, nyiapin undangan, dah beli tiket honeymoon, dll. Huhuhu…Soal jodoh emang susah ya :).

    Like

  2. kalo menurut gw sih gie… temen2 cewek loe yg batal nikah itu sebenernya pegnennya dilamar elu gituloohh…. :p

    Like

  3. harlia said: temen2 cewek loe yg batal nikah itu sebenernya pegnennya dilamar elu gituloohh…. :p

    hmm… kayaknya bener deh gitu.. 🙂

    Like

  4. instantmirage said: amiin, semoga mas diberi kemudahan dan keyakinan yg mantap oleh Allah swt

    oohh… amiiinn.. terimah kaseh sekalee sudah dido’akan.. semoga yang mendo’akan turut mendapatkannya pula.. amiin..

    Like

  5. viliaciputra said: Hehehe…salam kenal ya. Aku tambahin deh satu cerita, ada temenku cowo, udah 12 tahun pacaran, pas deket hari H, bubar juga. Hehehe..padahal katanya dah beli rumah, nyiapin undangan, dah beli tiket honeymoon, dll. Huhuhu…Soal jodoh emang susah ya :).

    salam kenal jugak.. hweleh ?? 12 taon ?? dah beli rumah ama tiket honeymoon pula ?? gilee beneer.. ukh.. kalo gw mungkin bakal stress banget dah tuh.. huehe..

    Like

  6. harlia said: kalo menurut gw sih gie… temen2 cewek loe yg batal nikah itu sebenernya pegnennya dilamar elu gituloohh…. :p

    asal banget seehh.. Harley jeleeeeeeeeeekkk !!!.. hihihi…

    Like

  7. Lhooo… kan biasanya mulai dari curhat-curhat gitu Gie… emang curhatnya agak ekstrim sih, soal nikahannya yang batal.. but still…. heheheheheh

    Like

  8. ogieurvil said: asal banget seehh.. Harley jeleeeeeeeeeekkk !!!.. hihihi…

    kok asal…???coba aja tanyain… tapi mungkin mereka malu2 buat ngaku kali gie..yah… biyar gw jelek kan yang penting ogie tetap ganteng berkharisma… weeeeeeeeeeeeeeeeeeeeekk!!

    Like

  9. Sekedar berbagi pengalaman, saya dulu menjalin hubungan sejak kuliah selama 7 tahun dengan seorang gadis yang cantik dan pandai (S2). Saya diputus lewat telepon dengan alasan saya tidak mempunyai karir yang bagus. Belakangan saya ketahui dia telah menjalin hubungan dengan pria lain yang lebih mapan. 3 Tahun kemudian saya menjalin cinta dengan seorang yang biasa saja. Hanya 8 bulan, saya mantap menikah dengan niat beribadah. Ternyata saya mendapat istri yang setia dan sangat melayani saya. Setiap bangun pagi, meskipun istri saya juga pekerja kantoran tapi baju kerja saya sudah ia siapkan dan bekal makan siang saya telah tersedia.Karir saya menanjak setelah menikah dan rejeki tidak pernah berhenti mengalir.Hanya dalam 3 tahun pernikahan yang semula “Nol Besar”, saya telah memiliki rumah sendiri di dalam kota.Kalau melihat lagi kebelakang, saya justru bersyukur telah “diputuskan”.Percaya deh!.. Allah akan memberi jalan yang terbaik untuk kita .. Percayakah kita?..

    Like

  10. harlia said: yah… biyar gw jelek kan yang penting ogie tetap ganteng berkharisma… weeeeeeeeeeeeeeeeeeeeekk!!

    harley yang baik.. gue tuh najong tauuuukk !!!. kharisma dari hongkong.. dasar lu.. WEEEEEKKK !!!

    Like

  11. kadisaputra said: Percaya deh!.. Allah akan memberi jalan yang terbaik untuk kita .. Percayakah kita?..

    HARUS PERCAYA !!! (maap, ini sugesti buat pribadi, hihi..).. kisah mas cukup sinetron jugak (hwalah).. maksudnya hepi ending gitu.. hehe.. Bener mas.. memang meyakini janji Allah itu mudah diucapkan, tapi sulit dilakukan.. kadang kegusaran, keraguan dan goda’an keinginan yang tak tentu arah itu masih timbul tenggelam.. Smoga semua yang udah ngisi di blog ini ndapet kepercayaan yang lebih untuk dapat meyakini kebenaran atas janji Allah !! aMiinn…Thanx for sharing nya ya mas..

    Like

  12. ogieurvil said: Allah yang membolak balikkan hati.. ada hadist Nabi SAW : “Sesungguhnya Hati itu bagai pena dari bulu di tanah lapang yang dibolak-balikkan oleh angin”..

    Jodoh..??duh ghaib banget kalo ngomongin hal yang satu ini,gak bisa ketebak,sumpeh deh..kadang ada orang yg pacaran ampe 5 tahun, eh batal begitu aja di tengah jalan..ada juga yg baru ta’aruf 2 minggu langsung married..subhanallah..Allah memang yang menguasai hati manusia..So kita kudu tetep tawadhu,ikhtiar, n banyakin doa..!! Tapi kunci yang penting adalah kita harus pasrah n ikhlas apapun yang terjadi !! Ingat janganlah engkau mecintai seseorang secara berlebih-lebihan..Kadang tak kita sadari,kita lebih mencintai kekasih kita daripada mencintai Allah..Na’udzubillah,segeralah kita beristigfar..!!

    Like

  13. silmi said: So kita kudu tetep tawadhu,ikhtiar, n banyakin doa..!!

    yup.. nggak ada yang tau masa depan.. bahkan esok hari yang terjadi pun kita nggak tau.. mungkin yang harus kita lakuin itu melakukan yang terbaik apa apa yang sampai di depan kita.. kalo yang yang sampai hari ini didepan kita pekerjaan kita, so do our best.. sampai nanti mungkin yang sampai di depan kita adalah kesempatan untuk menjalankan amanah jodoh tsb, we must do our best too.. mari kita saling mendo’akan..

    Like

  14. jodoh itu di tangan Allah dan akan terus di tangan-Nya kalau kita tidak berusaha. Tapi masalah siapakah jodoh kita, memang hanya Dia yang tahu… Wallahu’alam bishawab

    Like

  15. hiks…ternyata Oom Ogie ini pemikir yang dualeeem juga yakk 😛 jarang2 ada orang sampai ke pertanyaan gitu 😛 he.he.he… Udah buruan nikah Gie…. kalau perlu lu gambar dulu bagaimana muka cewek idaman loe versi kartun dulu he.he.he..

    Like

  16. mbakje said: jodoh itu di tangan Allah dan akan terus di tangan-Nya kalau kita tidak berusaha.

    okeh.. mungkin batasan usaha itu yang perlu ada pakemnya.. kagak kebablasan kaya’ anak muda sekarang.. parah ooii..

    Like

  17. verdhie said: ternyata Oom Ogie ini pemikir yang dualeeem juga yakk 😛 jarang2 ada orang sampai ke pertanyaan gitu 😛 he.he.he…

    dalem ?? emang gw sumur ?? huehe.. lu kaya’ baru kenal gw aja lu ver.. dari kuliah dulu kan gw emang udah gila.. hihi.. mangkanya gw tularin tuh kegilaan gw dulu lewat mading mading kampus yang lu baca dulu.. biar ikutan ketawa sendiri di depan kaca mading.. hehe.. gila sendiri nggak enak tauk !!.. gwahahahaa..

    Like

  18. Gie,That how life is! of course it should not be taken for granted, you need to work hard to achieve your future, although you never know the result. you can only predict but the end result may appear differently. now stop thinking! age number keeps growing big and bigger….you have no way around. stop thinking! Start looking for someone and stick with her [her or him neh? kekekekkk], then marry her/him [it does not really matter hahahaha…], and if she/he runs away on the day of your wedding, just think of yourself as Richar Gere in runaway bride movie ;p

    Like

  19. ekapermanasari said: Start looking for someone and stick with her [her or him neh? kekekekkk], then marry her/him [it does not really matter hahahaha…],

    kaya’nya kalo “him” nggak banged deh ka.. huehehe.. ngaco’ lu !!.. ntar gw smash lu pas maen baminton lagee.. hehe.. Start looking.??. udah looking-looking seh.. sampe mesen mesen ke teman2 pula.. emang baru niat bangednya taon ini seh.. cuman ye gimane ye, gw do’a minta jodo, eeh dikasinya order mulu.. ya udah, gw pikir syukuri aja dulu apa yang sampe di depan gw.. hihi.. thanx for your suggest anyway.. keep up the good work.. Kapan neh maen minton lagee ?? …..(^_^)/

    Like

  20. ogieurvil said: okeh.. mungkin batasan usaha itu yang perlu ada pakemnya.. kagak kebablasan kaya’ anak muda sekarang.. parah ooii..

    tul betul betul… kat sepakat… Hidup ‘pacaran setelah menikah’!

    Like

  21. yoooo.. kalo bisa setelah nikah tetep pacaran ampe kakek nenek.. hihi.. kmaren senior gw telpon.. mendadak bilang bulan ini mo nikah.. gw kaget juga, soalnya selama gw kenal dia, gw blom pernah liat dia pacaran or deket ama cewek.. gw tanya “lu jadian berapa lama men ??” dia bilang “3 bulan aja coy.. itu yang namanye jodo..”.. Model begini okeh jugak neh.. efektif dan efisien.. kekekekekee..

    Like

  22. Bapak ogie, kalau pengen ketemu jodoh, shalat hajat lah setiap selesai shalat Isya. Minta jodoh lah kepada Yang Kuasa. Insya Allah, ditunjukkan jalan supaya bisa ketemu dan bersama dengan jodoh kita. Ini nasehat dari seorang supir taksi, ketika gw nangis di perjalanan gara2 patah hati! (makasih, ya, Pak Supir….) Problemnya, elo sendiri udah pengen nikah, dan berkomitmen membina keluarga sakinah apa belom? Lah, elonya sendiri masih maju mundur gitu. Gimana mau ditunjukin jalan?

    Like

  23. dayorules said: Problemnya, elo sendiri udah pengen nikah, dan berkomitmen membina keluarga sakinah apa belom? Lah, elonya sendiri masih maju mundur gitu. Gimana mau ditunjukin jalan?

    yap.. ada benernya jugak neh… oke deh.. ntar guwe TOTAL MAJU pantang mundoeeeerr !!! langsung praktek !!!

    Like

  24. tersentuh bang baca blog mu ini…bokap ma nyokap gw juga sama,sebelum mereka kawinan, bokap tuh ud mo nikah sama org laen yang sama keluarga bokap tuh ud setuju banget ma wanita itu… mangkanya pas nikahan bokap ma nyokap gw, keluarga dari bokap tuh rada gak setuju… tapi apa daya… JODOH!!!

    Like

  25. runningthrough said: makanya bang… banyak2 istikharoh.. heheeee

    hehehe… bener… gue berpikiran: lebih baik istikharah beberapa bulan ketimbang pacaran beberapa tahun… lebih efektif dan efisien geto loh..

    Like

  26. ogieurvil said: hehehe… bener… gue berpikiran: lebih baik istikharah beberapa bulan ketimbang pacaran beberapa tahun… lebih efektif dan efisien geto loh..

    bener tuh bang…wew.. berarti abang masih jomblo dunk? hihihiiii… tenang bang, kata enyak ane, jodoh gak akan kemana kok… tapi jangan diem ajha bang, musti diusahain juga 😛

    Like

  27. runningthrough said: musti diusahain juga

    usaha ?? udah koq… tapi ya itu… hasil istikharahnya emang gak jodo, mo diapain.. kekekee..

    Like

  28. Bahwa rizki jodoh kematian adalah ketetapan Allah itu sudah pasti, itu adalah masalah keimanan. Sedangkan siapakah jodoh Anda itu adalah bersifat suatu pilihan, dalil yang menunjukkan bahwa menentukan pasangan hidup adalah pilihan manusia adalah:
    “Maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat.” (An-Nisa;4).
    ”Maka janganlah kamu (para wali) menghalangi mereka kawin dengan bakal suaminya” (QS. Al Baqarah: 232) 
    ”Dari Ibnu Abbas rodhiyallahu anhu, bahwa seorang wanita datang kepada Rasulullah shalallahu ’alahi wa sallam, lalu ia memberitahukan bahwa ayahnya telah menikahkannya padahal ia tidak suka, lalu Rasulullah shalallahu ’alahi wa sallam memberikan hak kepadanya untuk memilih” (HR Abu Daud)
    Kita tetap harus beriman bahwa ketetapan itu dari Allah. ! ! ! Namun manusia diberi pilihan…
    Di baca dari  http://nuurislami.blogspot.com/2010/12/rizki-jodoh-dan-ajal-adalah-takdir.html
    Salam persahatan.

    Like

    • thanx bro… ini hasil pengamatan waktu gw belum nikah dulu seh… Sekarang udah nikah jadi ada beberapa sudut pandang laen… Ada di postingan yang laen… Tp memang benar, ketetapan Allah punya peran…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s