me|write, think sotoy
Comments 16

mengajar itu 10% sharing ilmu, 90% motivasi ???

Waktu gw lagi nyari buku-buku referensi untuk ngajar (maklum dah… belum pengalaman… hehehe…), di sebuah buku, ada yang menuliskan seperti ini:

“takaran dalam mengajar itu 10% sharing pengetahuan, dan 90% memotivasi… karena dengan motivasi yang kuat, siapapun jadi haus pengetahuan..”

Kalo gw pikir ada benernya juga… kalo udah sampe pada tahap ini, nantinya kita atau mereka nggak hanya belajar pas di kelas atau pada saat kuliah doang… sampe nanti saat mereka lulus pun, mereka akan tetep belajar dengan alasan KEPENGEN TAHU….

Yang gw rasain pun kalo gue inget-inget saat gw kuliah dulu kayak gitu… ditambah lagi salah ambil jurusan yang gw lakukan… boro-boro dah gw kepengen tau akunting…

Tapi entah kapan gw beneran mulai jadi seneng kepengen tau… entah kenapa dan sejak kapan curiosity gw meninggi… entah mulai kapan rak-rak buku di kamar gw mulai penuh dengan buku selain komik… kalo nggak beli dan baca buku per bulan rasanya ada yang kurang… Ternyata selalu ada hal menarik untuk diketahui di kehidupan ini…. Sedikit penyesalan, mestinya gw punya pikiran kayak gini dan melakukan ini dari dulu pas gw kuliah….. Sebulan plus seminggu jadi pengajar, gw ngerasa alangkah baiknya kalo para murid juga ngerasain hal seperti ini sedini mungkin…

Tapi yah gitu deh… gw juga dulu pas jadi mahasiswa nggak terpikir dan nggak punya wawasan kayak gitu… mungkin juga gara-gara pas kuliah dulu gw nggak menemukan dosen yang bisa membuka wawasan dan memotivasi gw untuk “belajar”… atau emang gwnya yang telmi atau o’on…. (@_@!)

Gw udah niat terpikir sih untuk memotivasi mahasiswa gw… tapi gimane yee ?? nggak gampang memotivasi orang lain untuk cinta belajar, seneng baca dan jadi kepengen tau banyak… apalagi di umur mereka yang masi seneng-senengnya maen….

Pelan-pelan, tapi pasti… Insya Allah gw bakal memotivasi dan membuka wawasan mereka…

gw jadi inget kata mario teguh kemaren di tipi… “guru yang hebat itu, guru yang bisa membuat muridnya belajar meskipun sudah keluar dari kelas..”

Advertisements

16 Comments

  1. turunin dikiit dong buat motivasi kebanyakan 90% takut tar ogie staminanya ngedrop saat ngajar.motivasi kudu pake contoh, susah klo gak kasih liat contohnya. tar malah melengos biarpun ogie dah ngomong sampe berbusa-busa. maklum mhs bukan anak SD lagi..jelas punya pendapat sendir.=)Ayoo bapak Dosen yg Keyeen Cemangaaat…^_^V

    Like

  2. Bisa diterimaTerkadang dengan termotivasi akan muncul semangat dan keinginan untuk belajar lebih :-)Makasih sharingnya ^_^a

    Like

  3. motivasi muncul dari rasa simpatik or kagum akan sesuatu, trus akhirnya jd ikut2an..hmm.. menurutku ogie bisa jadi motivator.. dari share pengalaman bisnis selama ini..share blog ini.. n terus memacu mahasiswa tuk punya mimpi n yakinin kalo “kamu bisa/mereka bisa”

    Like

  4. amiinnn daaahh jadi motivator… gw dah bilang di awal pertemuan, gw yang lulusan D1 aje bise.. masak lu yang D3 kagak bisee ?? padahal kite same-same makan nase… eh nasii..

    Like

  5. debapirez said: justru ilmunya jadi 110% karena kita akan ingat terus,bro…

    ooowww…. bagus sekalee kalo begetooohh… hehehe..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s