All posts tagged: motivasi

cambuk ketidak nyamanan..

Lanjutan dari postingan sebelumnya yang ini: “di tengah karena menengah”… Dimana hasil studi dari Mihaly yang menyatakan bahwa, orang2 dari “kelas menengah” secara statistik lebih sedikit yang mencapai kesuksesan besar / prestasi kelas dunia.. Disebabkan karena motivasi yang “menengah” juga.. Jadi perlu trik2 tertentu untuk membuat motivasi kelas menengah menjadi tetap tinggi.. Ini cuman sotoy2nya gw aja sih yang gw himpun dari beberapa buku bacaan gw.. Pertama, Gunakan teori OMA (One Minute Awareness).. OMA ini semacam menit dimana kita demikian tersentuh, dan menjadi berani membuat komitmen2 diri yang nggak tanggung2 tingginya.. Siapapun bisa menemukan, atau “menjadikan” peristiwa biasa disekitarnya menjadi OMA.. Contoh: Melihat orang meminta2, keluarga / orang kurang mampu, buat sebagian orang mungkin biasa.. Tapi bagi sebagian yang lain, bisa jadi sebuah motivasi yang memicu diri untuk berperan dalam mengubah kehidupan mereka.. Dan kalo mau mengubah mereka, diri ini mesti sukses dulu toh ??.. Dengan membawa “hati” yang bersih dalam melihat keseharian sekitar, OMA bisa diciptakan, dan motivasi seseorang bisa terjaga untuk tetap tinggi.. Masih banyak sebetulnya contoh dari OMA, poin dari caranya sih: …

mengajar itu 10% sharing ilmu, 90% motivasi ???

Waktu gw lagi nyari buku-buku referensi untuk ngajar (maklum dah… belum pengalaman… hehehe…), di sebuah buku, ada yang menuliskan seperti ini: “takaran dalam mengajar itu 10% sharing pengetahuan, dan 90% memotivasi… karena dengan motivasi yang kuat, siapapun jadi haus pengetahuan..” Kalo gw pikir ada benernya juga… kalo udah sampe pada tahap ini, nantinya kita atau mereka nggak hanya belajar pas di kelas atau pada saat kuliah doang… sampe nanti saat mereka lulus pun, mereka akan tetep belajar dengan alasan KEPENGEN TAHU…. Yang gw rasain pun kalo gue inget-inget saat gw kuliah dulu kayak gitu… ditambah lagi salah ambil jurusan yang gw lakukan… boro-boro dah gw kepengen tau akunting… Tapi entah kapan gw beneran mulai jadi seneng kepengen tau… entah kenapa dan sejak kapan curiosity gw meninggi… entah mulai kapan rak-rak buku di kamar gw mulai penuh dengan buku selain komik… kalo nggak beli dan baca buku per bulan rasanya ada yang kurang… Ternyata selalu ada hal menarik untuk diketahui di kehidupan ini…. Sedikit penyesalan, mestinya gw punya pikiran kayak gini dan melakukan ini dari dulu …