me|write, spiritual, think sotoy
Comments 56

STMJ..

meski gue udah lama liat dan tau, gue masih heran kenape ada aja orang model begeneh… di musholla jadi imam, begitu diluar mabok-mabokan.. nggak cuman satu dua aja seh orang yang gue tau idupnya model begeneh… sholat terus maksiat jalan alias STMJ… kan katanya sholat itu mencegah perbuatan munkar… ada yang bilang itu pasti sholatnya mereka yang nggak bener… kalo gue pikir seh, bukan sholatnya yang salah, tapi orangnya… sholat mah dari dulu sampe sekarang yah begitu-begitu ajah…

mungkin yang patut dipermasalahkan itu motivasi atau niat orang itu untuk sholat… dalam teori psikologi, motivasi ada dua macem, motivasi eksternal dan motivasi internal… yang gue curiga seh, motivasi sholat orang-orang model begeneh jatohnya motivasi eksternal… biar dibilang alim, biar orang lain pikir dia amanah dan nggak bokis, supaya orang lain pikir dia sudah ngerjain kewajiban… mbok ya dipikir lageh gituh siapa yang dia sholatin, dan kenapa sih salah satu rukun kita tuh ada yang namanya sholat… Islam kan bukan cuman sholat… ada kewajiban, ada larangan… kalo kewajiban dilakonin, larangan dibablas ya sama juga bodong…

secara bahasa, sholat itu artinya do’a… buat orang yang udah mumpuni, sholat udah jadi kebutuhan… buat yang model STMJ, mungkin sekedar kewajiban seperti harus punya KTP… yang penting punya… sholat, yang penting ngelakuin… buat apa yah nggak ngerti… mo ngepek apa nggak ya kagak ngurus… kalo yang sering gue liat model STMJ begini sih… mungkin karena pergaulan gue kali yee… biasanya loh yaa… orang-orang yang berkecukupan… eksmud yang dunianya “dapet”… nggak punya masalah dengan materi… yah, mungkin memang itu yang mereka cari… dunia… abis capek cari duit… YAHOOOYY !!! party party party !!! minum nyok pren… tapi jangan ampe mabok ya coy….!!! tapi gue yakin, orang-orang yang pas-pasan, atau tidak berkecukupan juga ade yang idupnya kayak gitu…

yang gue gak abis pikir, apa seh sebenernya do’a orang-orang model begene di dalem sholatnya ??

—————————————————————————————————————————————-

(*wah-waahh… rasanya malem ini sotoy gue lagi mendominasi….)

Advertisements

56 Comments

  1. yah di tanya aja gie.. “kalo solat pake doa apa kagak..?? kalo pake, biasanya doa apaan..?? :Dmaksud gw, walo solat itu berarti doa.. tapi mungkin banyak yang belom doonG.. umumnya yang dianggap doa itu yah.. doa sesudah solat.. apa yang dia panjatkan setelah melakukan solat.. yang terucap secara sadar (simplenya yang dia minta deh, ke Allah, itu apa..?? ) menurut gw siy, kalo seseorang sudah ngelakuin doa secara sadar.. mungkin orang itu bakal jadiin doa sebagai kebutuhan.. kebutuhan identik dengan tujuan.. yang jadi pertanyaan, tujuan hidup orang itu apa ya..?? hihihi.. malah nanya lagi.. (udah ahh.. sok teu deh gw.. hehe.. :P)

    Like

  2. ogieurvil said: rasanya malem ini sotoy gue lagi mendominasi

    sotoy tapi ceramahnya keren ya… coba kalo mas ada di dekat2 saya… huhu.. bakalan…… bakalan saya maenin xbox 360 nya. xixixi*koknggaknyambung.com*

    Like

  3. kgak jadi jaminan orang yg rajin sholat & jadi imam bakal baik orangnya juga….klo gw sehh mending yg kgak sholat tapi mulia dalam perilaku….heee3xyah klo bisa sehh seimbang…tp khan susah cari spt itu…Liat aje mostly orang jepang sangat tinggi menghargai orang (respect for people)…bahkan ada yg bilang klo jepang itu justru idealnya muslim yg sebenarnya…kgak spt disini sok2x islam tp sering nyakitin orang…ngaku2x front pembela islam suka ngerusak…halah…capek deh…so kembali ke masing2x..krn itu tanggung jawab mereka nanti dengan yang Sang Pencipta 🙂

    Like

  4. dveranita said: mumnya yang dianggap doa itu yah.. doa sesudah solat.. apa yang dia panjatkan setelah melakukan solat..

    nnaahhhh iinnniiih…. mereka sepertinya males banget untuk tau bacaan sholat… padahal ada do’a juga… terus, banyak juga kan yang abis sholat kagak do’a, tapi langsung cabut… hehehe… aneh dah…dulu almarhum guru silat gue pernah bilang… jangan model “seledri”… selesai sholat langsung berdiri… gyahaha…

    Like

  5. andywirawan said: .. bakalan saya maenin xbox 360 nya. xixixi

    wakakaka… sini ceramah, situ maen XBOX 360… ogah ah… ayuk maen bareng ajah…. dengerin ceramahnya Ryu, Ken, Chunli dan kawan kawan….

    Like

  6. ogieurvil said: dulu almarhum guru silat gue pernah bilang… jangan model “seledri”… abis sholat langsung berdiri… gyahaha…

    Selain agamis Ogie juga jago martial art!! Ogie MEMANG NAJOOOONK!! Kekekeke… tapi gw juga kepikiran soal yang sholat bertipe STMJ. mungkin Sholat adalah ritula rutin n MJ adalah kebutuhan? sekularisme kali? (asal ngomong) hehehe…

    Like

  7. betul din… mangkanya gue bilang gue sotoy… hahaha… guwe gak punya hak ngingetin mereka… that’s why di tulisan itu gue bilang, bukan sholatnya yang salah… tapi orangnya…

    Like

  8. dyochan said: Selain agamis Ogie juga jago martial art!!

    oh betapa Ogie SANGAT SUNGGUH MEMANG SEKALI ALWAYS !!

    Like

  9. tuk mba Dyo : kayaknya Ogie Memang Najoooonkkk!!!! (banyak banget talentanya.. :D)btw, serem mba kalo MJ jadi kebutuhan.. atuuuttt.. =P (*kaburdotcom)

    Like

  10. yah..asal gak narkoba, jadi otaknya masih bisa diluruskantemen gw ada Yang PKS (P K Sx) STMJ tapi sangat amat anti narkoba

    Like

  11. dyochan said: Ogie juga jago martial art!!

    najong dah…. salah banget luh yo… gue dikejar anjing juga langsung kabur…!!! euh.. gambarnya banteng yak… ah bodo’ah..(*maksa mode ON..)

    Like

  12. Mau juga dong Gie, dishoryuken tapi bisa sampe surga…OGIE OH MEMANG SUMEMANG APALAH AKU BILA DIBANDINGKAN DENGANNYA!

    Like

  13. NEH REEESSS GUE KIRIIIMMM PAKE MOTOR…. PIGI KE SURGA DUNIA !!!… masuk rumah sakit.. enak kan… nggak kerja beberapa minggu…. bener-bener surga dunia… wakakakaka…

    Like

  14. ogieurvil said: ya si ma’mum kagak tau lah…. wong kite tau gara-gara udah akrab ajah…

    Walah kok bisa jadi imam toh? kenapa nggak Ogie aja yang ngimamin?

    Like

  15. dyochan said: Walah kok bisa jadi imam toh? kenapa nggak Ogie aja yang ngimamin?

    wong sholatnya di kandangnya dia koq…. lagian gua juga nggak hobby menawar-nawaekan diri jadi imam… emangnya gua sopo seeehh…?!?

    Like

  16. mk’a ada syarat2 jd imam,jd selektif milih imam,hrz tau luar dlm gt,,hesok tau y gw,hetapi kalo emg udh tau ky gt,mbok y ksh tau k makmum’a,biar ga trus2n..

    Like

  17. ittsss said: tapi kalo emg udh tau ky gt,mbok y ksh tau k makmum’a,biar ga trus2n..

    die gak selalu jadi imam seh… mungkin karena dipandang akibat punya jabatan yang tinggi… jadillah bawahan dan lainnya mempersilakan jadi imam…. kalo ma’mumnya gue kasi tau…waaaakkksss… posisi gua yang terancam bakal digebukin bawahan… gyahahaha…

    Like

  18. nggak mungkin…ogie kan MEMANG jagoan…ga bakal lah dia bengep kecuali karena sengaja..(biasa… biar ga ketauan jagoannya… )

    Like

  19. tuh kan..pantes jadi ustadz, hehehehe….tapi mas ogie, yang namanya motivasi, mesti ada dua-duanya, ngga mungkin bisa jalan kalo cuma ada motivasi eksternal aja, seseorang menjalani sesuatu karena ada motivasi internalnya juga, nah yang tadi mas ogie sebutin itu masuk motivasi internal loh misal biar dibilang alim, berarti di dalem dirinya dia menginginkan pujian dari orang jadi termasuk motivasi internal tuh, dibilang motivasi eksternal kalo dia udah beneran dapet pujiannya, misal makin dipuji (motivasi eksternal), makin semangat karena seiring dengan motivasi internal yaitu keinginan akan pujian tadi, gitu..misal, seseorang udah dibayar bermiliar-miliarpun (motivasi eksternal nih) kalo emang ga kepengen duit (motivasi internal) ya ngga bakalan jalan juga kan?begitulah kira-kira…*abis belajar manajemen topik pengarahan kemaren*

    Like

  20. oh yah ?? gue nilis ini karena kemaren baru kelar kelas psikologinya niniek L. karim loh.. keinginan itu beda sama motivasi… dari materi yang gue dapet seh motivasi itu ada di atas keinginan…dalam psikologi:Motvasi eksternal = membentuk perilaku melalui reward dan punishmentMotivasi internal = perilaku terjadi berdasarkan kepuasan individu melakukannyacontoh yang kemaren beliau kasih di slidenya kemaren seperti ini:Seseorang mengikuti kelas psikologi entertainment hari ini karena dia ingin lulus ujian dengan nilai baik sekali (motivasi eksternal) atau, karena dia menyukai pelajarannya (motivasi intrinsik)…

    Like

  21. ogieurvil said: dalam psikologi:Motvasi eksternal = membentuk perilaku melalui reward dan punishmentMotivasi internal = perilaku terjadi berdasarkan kepuasan individu melakukannya

    owh gitu ya mas..uhh..nyerah deh sama yang belajar sama psikolog, sebenernya saya menyimpulkan sendiri dari buku yang saya baca, hehehehehemaap deh kalo kesimpulannya salahmangstab dah mas ogie, udah jago kungfu, melek internet, jago nulis, ngerti psikologi pula, ustadz kabir dah*masih dukung mas ogie buat jadi ustadz*

    Like

  22. mas ogie tau ga, kenapa orang-orang seneng ngatain MEMANG? soalnya mas ogie lucu nanggepinnya, berlebihan, terlalu kelihatan ga suka, jadi orang-orang semakin seneng ngatainnya, termasuk saya, jadi seneng nih, ngompor-ngomporin mas ogie buat jadi ustadz, harusnya sok cool aja, gitu..ok ustadz?

    Like

  23. pemikirulung said: soalnya mas ogie lucu nanggepinnya, berlebihan

    TETOOOOTT!!kami bilang MEMANG itu karena datang dari lubuk hati yang paling dalam.karena Ogie SUNGGUH SANGAT MEMANG SEKALI ALWAYS AND FOREVAAHH^_^ v

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s