me|write, spiritual, think sotoy
Comments 56

STMJ..

meski gue udah lama liat dan tau, gue masih heran kenape ada aja orang model begeneh… di musholla jadi imam, begitu diluar mabok-mabokan.. nggak cuman satu dua aja seh orang yang gue tau idupnya model begeneh… sholat terus maksiat jalan alias STMJ… kan katanya sholat itu mencegah perbuatan munkar… ada yang bilang itu pasti sholatnya mereka yang nggak bener… kalo gue pikir seh, bukan sholatnya yang salah, tapi orangnya… sholat mah dari dulu sampe sekarang yah begitu-begitu ajah…

mungkin yang patut dipermasalahkan itu motivasi atau niat orang itu untuk sholat… dalam teori psikologi, motivasi ada dua macem, motivasi eksternal dan motivasi internal… yang gue curiga seh, motivasi sholat orang-orang model begeneh jatohnya motivasi eksternal… biar dibilang alim, biar orang lain pikir dia amanah dan nggak bokis, supaya orang lain pikir dia sudah ngerjain kewajiban… mbok ya dipikir lageh gituh siapa yang dia sholatin, dan kenapa sih salah satu rukun kita tuh ada yang namanya sholat… Islam kan bukan cuman sholat… ada kewajiban, ada larangan… kalo kewajiban dilakonin, larangan dibablas ya sama juga bodong…

secara bahasa, sholat itu artinya do’a… buat orang yang udah mumpuni, sholat udah jadi kebutuhan… buat yang model STMJ, mungkin sekedar kewajiban seperti harus punya KTP… yang penting punya… sholat, yang penting ngelakuin… buat apa yah nggak ngerti… mo ngepek apa nggak ya kagak ngurus… kalo yang sering gue liat model STMJ begini sih… mungkin karena pergaulan gue kali yee… biasanya loh yaa… orang-orang yang berkecukupan… eksmud yang dunianya “dapet”… nggak punya masalah dengan materi… yah, mungkin memang itu yang mereka cari… dunia… abis capek cari duit… YAHOOOYY !!! party party party !!! minum nyok pren… tapi jangan ampe mabok ya coy….!!! tapi gue yakin, orang-orang yang pas-pasan, atau tidak berkecukupan juga ade yang idupnya kayak gitu…

yang gue gak abis pikir, apa seh sebenernya do’a orang-orang model begene di dalem sholatnya ??

—————————————————————————————————————————————-

(*wah-waahh… rasanya malem ini sotoy gue lagi mendominasi….)

Advertisements

56 Comments

  1. nggak mau jadi ustadz….. kalo MEMANG mah ada sejarahnya… lucu… jadinya gw over dramatis biar tambah lucu…. wakakakaka….

    Like

  2. harlia said: kami bilang MEMANG itu karena datang dari lubuk hati yang paling dalam.karena Ogie SUNGGUH SANGAT MEMANG SEKALI ALWAYS AND FOREVAAHH

    GEELLLLOOOOO””…!!!!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s