me|write, spiritual
Comments 61

nabi Sulaiman pernah miskin ??

Belum lama seorang kolega yang cukup lebih tua dari gue maen ke kantor gue… dia cerita pada saat dia menghadiri sebuah pengajian, sang ustad bercerita bahwa nabi Sulaiman sempet tuh seluruh harta dan kekuasaannya diambil oleh Allah selama 40 hari… Kenapa sebab ?? ternyata lantaran istri sang nabi Sulaiman sempat menyembah berhala tanpa sepengetahuan nabi Sulaiman sendiri alias diem-diem… Dicabutlah itu harta dan kekuasaanya, kemudian nabi Sulaiman terus menerus memohon supaya hartanya dan kekuasaannya dikembalikan lagi oleh Allah.. dan setelah 40 hari terus meminta dan memohon, baru deh semuanya dibalikin lagi…

cerita yang menarik menurut gue, karena selama ini GUE jarang banget denger cerita nabi Sulaiman selain bisa ngomong sama binatang, punya harta dan kekuasaan yang luar biasa… mungkin akan lebih menarik lagi kalo ada yang tau kisah nabi kita ini lebih jauh… kayak misalnya begimana kok dia bisa punya kekuasaan dan harta begitu banyak… awal mulanya tuh pie toh ?? hehe…

ada satu lagi yang gue pernah baca tentang kisah nabi Sulaiman, kurang lebih kayak gini…. suatu ketika di siang hari menjelang sore nabi Sulaiman sedang menyikat / membersihkan kuda-kuda kesayangannya.. saking asyiknya nyikat tuh kuda, beliau lupa waktu shalat dan menjadi terlambat mendirikan sholat ashar… Dan apa yang beliau lakukan ?? saat itu juga nabi Sulaiman langsung membuka kandang-kandang, dan kemudian melepas semua kuda-kuda peliharaan kesayangannya tersebut dan membiarkan mereka kabur meninggalkan istana….

Subhanallah… telat shalat aja, beliau berani menghukum dirinya sendiri sedemikian jauh…. beda jauuuhh banget ama gua… kalo misalnya gue telat sholat gara-gara saking asyiknya gue maen PSP, gak mungkin dah saat itu juga gue berani lempar tuh PSP dari kamar gue di lantai dua….

yang jelas, dapet dah satu resep dari nabi Sulaiman….: MENOMOR SATUKAN ALLAH !!!

This entry was posted in: me|write, spiritual
Tagged with:

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

61 Comments

  1. gw jg br dgr tuh crta tu. . .setau gw emg stiap nabi n rasul dberikan mukjizat.mk’a nabi sulaiman pny kelebihan2 tu. Allah jg mmberikan tu sbg bkti kebesaran-Nya,agar umat Islam pcy kpd Allah n Rasul2-Nya

    Like

  2. ogieurvil said: kayak misalnya begimana kok dia bisa punya kekuasaan dan harta begitu banyak… awal mulanya tuh pie toh ?? hehe…

    Bukannya beliau mewarisi kerajaan Nabi Daud dan bakat keilmuan beliaunya juga, ya, Gie? Klo ga salah ada di Quran, tp lupa surat berapa.

    Like

  3. ogieurvil said: gue berani lempar tuh PSP dari kamar gue di lantai dua….

    Dari pada dilempar, mending buat gw, Gie. Hehe..Gak punya soalnya;p

    Like

  4. Kita memang harus kudu sabar ya Gie, dlm meminta&memohon….Dan terus konsisten dalam permohonan kita pada-Nya itu banyak ujiannya…Kata WS Rendra “Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata,”…buat gue…”Perjuangan adalah pelaksanaan niat.”

    Like

  5. setau saya kuda2 yang kesayangan nabi Sulaiman ityu kuda yang bisa terbang, terus karena lalai akibat sayang bener ama tuh kuda di bunuh semua.*makanya skrg ga ada lagi deh kuda terbang di dunia (mungkin). Ngomong2 kalo dulu ada kuda terbang, jangan2 unicorn itu bukan mitos belaka juga 😀

    Like

  6. seperti biasa..OGIE MEMANG !!eniwei.. sini Gie.. gw tangkep PSPnya..lumayan dong, buat dua ponakan loe di sini…(ok.. emak-bapaknya juga.. 😀 )*siap2 menangkap lemparan PSP Ogie*

    Like

  7. Klu gag salah, Nabi Sulaiman emang bokapnya udah tajir n’ jugak raja -Nabi Daud- jugak keturunan sholih, Nabi Sulaiman jugak pernah minta ama Allah SWT, untuk diberikan kerajaan yang belum pernah n’ gak akan pernah ada selain Nabi Sulaiman AS sendiri yang punya, do’anya ada di Al Qur’an koq, cuman gue lupa suratnya he he….^^;

    Like

  8. ogieurvil said: kalo misalnya gue telat sholat gara-gara saking asyiknya gue maen PSP, gak mungkin dah saat itu juga gue berani lempar tuh PSP dari kamar gue di lantai dua….

    gak usah dilempar Gie…klo lo lupa salat, g tampung deh selama 40 hari tar g balikin lagi…..:)gue rawat kok, tenang ajah….gue orangnya apik kok ;)*ngarep mode:ON*

    Like

  9. okey… betul… kalo buat yang kritis, mereka pada nanya, gimana koq bisa kaya begetoh ?? resepnya tuh apa aja ?? mosokseh gak ada yang bisa kita tiru barang sedikit.. gue sih percaya sama hal-hal yang gak logis… wong kalo mau jadiin sesuatu, Allah tinggal bilang “jadi..” maka jadilah…

    Like

  10. imeldadwi said: lm meminta&memohon….Dan terus konsisten dalam permohonan kita pada-Nya itu banyak ujiannya…

    tul… ini gue setuju banget… malah ada yang bilang ke gue, saat seseorang mau masuk ke jalur keimanan yang bener, Allah bakal nguji dulu tuh dengan beragam ujian… tapi buntutnya yah itu, sampaikan berita gembira pada orang2 yang sabar…

    Like

  11. abhicom2001 said: kuda2 yang kesayangan nabi Sulaiman ityu kuda yang bisa terbang,

    ha ?? serius ?? baru denger neh…sayang banget tuh dibunuhin… padahal bisa jadi solusi yang bagus banget buat ngatasin kemacetan di jakarta…

    Like

  12. ratnaz said: Nabi Sulaiman jugak pernah minta ama Allah SWT, untuk diberikan kerajaan yang belum pernah n’ gak akan pernah ada selain Nabi Sulaiman AS sendiri yang punya, do’anya ada di Al Qur’an koq, cuman gue lupa suratnya he he….^^;

    oh iya… betul… gue inget… bener neh… do’anya bener-bener dahysat…. berarti… resep nomer dua..: DO’A yang bener !!!… kekeke…

    Like

  13. asiiikk… dikasih satu set komputer ama Ogie…*sibuk menangkap*TV plasma loe ga mau dilempar Gie?*siap nangkepin lagi*

    Like

  14. ramarame said: g tampung deh selama 40 hari tar g balikin lagi…..:)

    euh… hehehe… sorry ma… sepertinya gue nggak ada rencana untuk bikin simulasi cerita nabi Sulaiman di atas…. gyahahaha….

    Like

  15. baru denger tuh gie, kalo nabi Sulayman pernah miskin 40 hari….. trus nabi Sulayman beging2 lagi utk dikembalikan harta dan kekuasaannya….. gue perlu baca lagi tuh, kalo nabi Sulayman yg menghukum dirinya dgn melepas kuda2nya sih pernah denger….. tapi kalo dipikir2 kebalikan dari sifat yg sebelumnya ketika kekayaannya ludes… aneh juga… aneh gak?

    Like

  16. iya jugak seh pot… tapi mungkin ini akibat kesalahan fatal istrinya, dan kalo kejadian ini duluan terjadi sebelum kasus kuda, bisa jadi logis… ibarat teguran “berani macem-macem sama Allah… ta’ kuras hartamu”.. nah pas kasus kuda, beliau udah tambah ngarti… mungkin seh… secara gue juga baru denger…

    Like

  17. ogieurvil said: iya jugak seh pot… tapi mungkin ini akibat kesalahan fatal istrinya, dan kalo kejadian ini duluan terjadi sebelum kasus kuda, bisa jadi logis… ibarat teguran “berani macem-macem sama Allah… ta’ kuras hartamu”.. nah pas kasus kuda, beliau udah tambah ngarti… mungkin seh… secara gue juga baru denger…

    gua gak tau juga sih… tapi istri nabi Nuh as (karena nyembah berhala) dan istri nabi Luth as juga kafir (karena lesbian), tapi dua nabi itu gak dihukum karena kesalahan istrinya, makanya gue mo cari lagi tuh cerita…soalnya bertolak belakang ketika nabi Sulayman as yg rela melepas hartanya… wallahu’alam

    Like

  18. siipot said: makanya gue mo cari lagi tuh cerita…soalnya bertolak belakang ketika nabi Sulayman as yg rela melepas hartanya…

    istri-istri yang lu sebut ituh sepertinya pada akhirnya langsung dihukum mati kena adzab… gyehehe… ………menarik pot… kalo ada apdetan boleh ye diinfo… thanx…

    Like

  19. wah aku gak pernah tahuyg paling kondang kan pas sama Ratu Bilqis…(bener gak namanya?)soal ketaatan semua nabi pun selalu memikirkan Allah sebagai kekasihnyabahkan nabi Ibrahim sampai menyembelih nabi Ismail

    Like

  20. ogieurvil said: he ?? sumpe masi ada… gue pikir lunye yang dah ngabur… YM gua lagi erorr kale neh..

    di sini elu yang sign out..udah ah… gw mo siap2 ke…. cikinii!! :D*lirik2 Ogie*kikikikikikikikikikikikikikikikkkkk

    Like

  21. ogieurvil said: nah ini gue masih kurang tau dah… kurang elmu…

    Bukan kurang elmu, tapi saking banyaknya jad lupa mungkin, Gie. Secara situ kan busy berat, bukan? ;pKalo ga salah itu kuda2 pada dipotongin kakinya Gie, kalo ga salah itu yang pernah baca dari Quran. Tp yg soal dia mewarisi kerajaan dan ilmu2 Nabi Daud kalo ga salah ada di surat An Naml deh, hehe sapa tau ada waktu ngecek;p

    Like

  22. harlia said: WAKAKAKAKAKKAKAKAKAK….

    seneng banget lu yak ngeliat temen repot ?!? gyehehe… kalo dalam waktu dekat temanmu ini minta pertolongan boleh ye… hihihihi…

    Like

  23. itu dia mas… justru maksutnya aku tulis yah buat refleksi diri sendiri… gimana kehebatan nabi-nabi jaman dulu itu memang sebanding banget sama ketakwaan mereka… kalo kita kan, solat masih acak adul langsung mau minta kaya… hehehe… susah dah..

    Like

  24. ogieurvil said: solat masih acak adul langsung mau minta kaya… hehehe… susah dah..

    tinggal ketik : reg [spasi] kaya,, trus kirim ke XXXXXXXXXX

    Like

  25. ogieurvil said: itu dia mas… justru maksutnya aku tulis yah buat refleksi diri sendiri… gimana kehebatan nabi-nabi jaman dulu itu memang sebanding banget sama ketakwaan mereka… kalo kita kan, solat masih acak adul langsung mau minta kaya… hehehe… susah dah..

    utk sebuah hikmah sih gue setuju banget ustadz Ogie, keikhlasan kan utk semua harta yg suatu saat Allah akan mengambilnya…?tapi kalo hikmah diambil dari sumber yg belum jelas, belum tentu keluar hikmahnya….he he…. btw tfs

    Like

  26. siipot said: tapi kalo hikmah diambil dari sumber yg belum jelas, belum tentu keluar hikmahnya….he he…. btw tfs

    soal hikmah, menarik nih pot… gue pernah baca dan gue inget karena gue suka kalimatnya, tapi entah dari imam siapa, imam syafi’i atau al ghazali gue lupa… begini dia bilang “ambillah hikmah meskipun dari seekor keledai..”kalo gue pikir, hikmah tuh tugas kita untuk mengambilnya atau mencarinya, bukan sesuatu yang “keluar” begitu aja… terbukti begitu banyak orang yang sulit mendapat hikmah dan jatoh ke lubang yang kagak bener…. padahal kalo menurut gue, Allah sudah menebar hikmah di seluruh penjuru kejadian, baik itu yang terjadi di masa lalu ataupun sekarang… jadi tergantung gimana manusianya dah tuh.. mau dapet hikmah atau nggak ?? Pertanyaannya sekarang, Gimana caranya supaya mudah dapet hikmah ?? untuk jawaban ini, gw pernah nemu kalimat begini di sebuah buku:”jika hati seseorang telah diberi makanan dzikir, dan diberi minuman tafakkur, serta bersih dari penyakit duniawi, maka akan nampak berbagai keajaiban olehnya. DAN IA AKAN MEMPEROLEH HIKMAH DARI MANAPUN…”

    Like

  27. roelworks said: memilik dunia tapi tidak terikat padanya…hatinya kepada Allah…perjuangan seumur hidup

    iye boss.. mesti minta tolong pada Allah untuk menjadikan dunia ini didalam genggaman, tapi tidak di dalam hati…

    Like

  28. ogieurvil said: begini dia bilang “ambillah hikmah meskipun dari seekor keledai..”

    Kalau kata Saidina Ali r.a. yang lihat siapa yang mengatakan tapi apa yang dia katakan..

    Like

  29. ogieurvil said: soal hikmah, menarik nih pot… gue pernah baca dan gue inget karena gue suka kalimatnya, tapi entah dari imam siapa, imam syafi’i atau al ghazali gue lupa… begini dia bilang “ambillah hikmah meskipun dari seekor keledai..”kalo gue pikir, hikmah tuh tugas kita untuk mengambilnya atau mencarinya, bukan sesuatu yang “keluar” begitu aja… terbukti begitu banyak orang yang sulit mendapat hikmah dan jatoh ke lubang yang kagak bener…. padahal kalo menurut gue, Allah sudah menebar hikmah di seluruh penjuru kejadian, baik itu yang terjadi di masa lalu ataupun sekarang… jadi tergantung gimana manusianya dah tuh.. mau dapet hikmah atau nggak ?? Pertanyaannya sekarang, Gimana caranya supaya mudah dapet hikmah ?? untuk jawaban ini, gw pernah nemu kalimat begini di sebuah buku:”jika hati seseorang telah diberi makanan dzikir, dan diberi minuman tafakkur, serta bersih dari penyakit duniawi, maka akan nampak berbagai keajaiban olehnya. DAN IA AKAN MEMPEROLEH HIKMAH DARI MANAPUN…”

    cakep deh bos….soal hikmah itu elu betul, gue setuju aja perkara hikmah bisa dari mana aja, apalagi dari seorang Nabi, seorang manusia yg derajatnya diatas kita, bahkan seorang Al-Ghazali pun mendapat hikmah yg berharga dari Penyamun yg merampoknya, gue cuma kurang sreg cerita ttg istri Nabi Sulaiman yg kafir ‘diam2’ tapi kenapa Nabi Sulaiman yg di hukum ?, terus Nabi Sulaiman (yg gue tangkap) ‘gak ikhlas’ hartanya diambil lagi oleh Allah dan mohon utk dikembalikan, itu yg kebalikan dari ‘ikhlas’ melepas seluruh kuda terbaiknya hanya karena ketinggalan shalat Asyar… yah mungkin gue musti banyak baca lagi nih… gue khawatir aja kisah itu kisah2 Israiliyat, atau kisah2 palsu yg dibuat oleh musuh2 Islam utk menyesatkan kita… wallahu’alam

    Like

  30. siipot said: yah mungkin gue musti banyak baca lagi nih… gue khawatir aja kisah itu kisah2 Israiliyat, atau kisah2 palsu yg dibuat oleh musuh2 Islam utk menyesatkan kita… wallahu’alam

    iye pot.. kalo soal fakta apa nggaknya emang repot seh… kudu sejarahwan neh yang nguber jawabannya… kekeke…. tengkyu pot…

    Like

  31. roelworks said: Kalau kata Saidina Ali r.a. yang lihat siapa yang mengatakan tapi apa yang dia katakan..

    yes boss… ini untuk nakar seseorang… soalnye kalo hikmah bukan hanya perkataan, kejadian pun bisa ada hikmahnya…. MEMANG dah lu ROEL !!!

    Like

  32. ogieurvil said: Subhanallah… telat shalat aja, beliau berani menghukum dirinya sendiri sedemikian jauh…. beda jauuuhh banget ama gua… kalo misalnya gue telat sholat gara-gara saking asyiknya gue maen PSP, gak mungkin dah saat itu juga gue berani lempar tuh PSP dari kamar gue di lantai dua….

    ga percuma jadi calon mantu gw: “Selevel kekayaannya dengan Sulaeman”

    Like

  33. ogieurvil said: seneng banget lu yak ngeliat temen repot ?!? gyehehe… kalo dalam waktu dekat temanmu ini minta pertolongan boleh ye… hihihihi…

    apatuuwww?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s