All posts tagged: olahraga

badminton ai lop yu..

Lagi rame ngomongin badminton gini, gw jadi inget guru badminton gw yang pertama.. Udah berumur, namun cukup bersemangat ngajarin anak2 komplek untuk ber-badminton ria.. Setiap malem apa latihannya gw udah lupa.. Karena ini kenangan waktu kelas 4 atau 5 SD gitu.. Badan masih kecil, pegang raket pun masih berasa berat.. Yang gw inget dari pak guru itu sampe sekarang,  di bagian belakang lututnya keliatan banget ada benjolan pembuluh darah keluar gitu, kayak varises.. Usia beliau sekitar 50an, rambutnya agak botak dan penuh uban, tapi semangatnya bener2 semangat muda.. Jam2 habis Isya di hari latihan, beliau manggilin gw dari depan pager rumah, dan kemudian lanjut “menjemput” beberapa anak lain untuk latihan di lapangan badminton komplek.. Seinget gw sih dulu yang latihan bareng gw cuman 4 anak.. Kulitnya agak hitam, postur tinggi kurus atletis, pas lah buat potongan badmintoners.. “Maniak” banget maen badminton.. Selain di waktu rutin ngelatih anak2 komplek, beliau juga sering gw liat maen bareng bapak2 sekomplek, kadang sampai menjelang tengah malam.. Suatu malam, gw dikejutkan oleh sebuah kabar.. Guru gw ini, meninggal di lapangan …

Olahraga Bikin Orang Jadi Pintar

Description:ayo ayo ayoo.. olah raga olah raga olah ragaaa… Ingredients:copas dari sene neh… http://udinmduro.wordpress.com/2009/09/17/olahraga-bikin-orang-jadi-pintar/ Directions:Selain belajar dan makan makanan bergizi, olahraga juga ternyata membuat otak lebih cerdas. Itulah kesimpulan yang ditarik beberapa peneliti dari Taiwan dan Amerika. Tapi olahraga seperti apa yang membuat otak encer? Peneliti dari National Cheng Kung University, Taiwan membandingkan olahraga lari di treadmill dan lari dalam labirin air pada tikus percobaan. Setelah dilihat di bawah mikroskop, otak tikus yang berlari dengan treadmil lebih banyak yang aktif ketimbang tikus berlari dalam labirin. Tapi tikus yang berlari dalam labirin memiliki satu bagian otak yang lebih aktif yaitu bagian kognitif. “Hal itu menunjukkan bahwa beda jenis olahraga memicu perubahan neuroplastisitas yang berbeda pula,” ujar Chauying J. Jen, profesor physiology yang memimpin studi tersebut, seperti dilansir New York Times, Kamis (17/9/2009). Sepuluh tahun yang lalu, peneliti dari Salk Institute in California mempublikasikan bahwa olahraga akan menstimulasi dan menciptakan sel-sel baru di otak yang memungkinkan seseorang lebih cerdas. Tapi olahraga seperti apa yang bisa berefek seperti itu? apakah aerobik, angkat beban, lari, berenang atau apa? Studi …