me|write, spiritual
Leave a Comment

dzikr a lot..

Untitled-2“Banyak2 berdo’a deh.. hehe..”.. Seinget gw, gw pernah beberapa kali ngasi saran gini ke temen2, atau ke mahasiswa.. Karena dari pengalaman, gw sendiri mengakui kalo berdo’a itu ada pengaruhnya pada kehidupan.. Pendek kata, berdo’a adalah baik.. Pertanyaannya, mesti seberapa banyakkah kita berdo’a ??.. Gw jadi kepo sendiri, di Qur’an, ada nggak ya anjuran untuk berdo’a sebanyak2nya ??..

Ternyata setelah diinget2 dan baca2 buku lagi, memang nggak ada loh perintah untuk berdo’a sebanyak2nya.. Tapi yang ada itu perintah untuk berdzkir sebanyak2nya.. Cukup banyak juga ayat yang membahas hal untuk banyak2 dzikir.. Seperti: dzikirlah sebanyak2nya (QS 33: 41), dan berdzikirlah sebanyak2nya supaya menang (QS 8:45), atau berdzikir supaya hati menjadi tenang (QS 13: 28).. Kira2 kenapa ya ??.. Kok nggak ada perintah gamblang untuk berdo’a atau memohon / minta tolong sebanyak2nya ??..

Buat gw sih ini bisa dimaknakan untuk lebih memaksimalkan usaha / kerja keras selain berdo’a.. Karena banyak juga orang yang memperbanyak do’anya, tapi usaha dan kerja kerasnya tidak ikutan diperbanyak.. Padahal kita liat sendiri, orang atheis tidak berdo’a, tapi yang sukses banyak juga toh ??.. Itulah bentuk ke Maha Adilan Alloh.. Kalo ada pertandingan sepakbola, tim yang satu memperbanyak latihan ekstra, dan tim yang kedua memperbanyak do’a dengan latihan standard, kira2 mana yang akan menang ??.. Besar kemungkinan tim pertama yang akan menang..

Makna lain, orang2 yang terlalu banyak meminta / memohon pertolongan tanpa diimbangi usaha pantas, justru akan memperlemah mentalnya sendiri.. Bayangkan mental orang peminta2, yang segalanya mesti dibantu oleh orang lain.. Ia akan memperlemah daya juangnya sendiri, ia akan kurang menghargai kerja keras / usaha, karena apa2 didapat dengan meminta.. Adakah orang sukses dengan mental seperti ini ??.. I don’t think so..

Sebaliknya, orang2 yang banyak berdzikir justru bisa menjadi “kuat”.. Karena ia yakin Alloh bersama dia saat sedang berusaha, selama dzikir tersebut nggak cuman di mulut, tapi juga di hati.. Sepertinya perintah Alloh untuk dzikir sebanyak2nya juga supaya manusia selalu “nyambung” atau connect dengan NYa.. Hal2 negatif akan sulit dilakukan kalo sambil berdzikir / mengingat Alloh.. Coba aja dzikir sambil tanda tangan proyek fiktif, sambil minum bir, atau sambil maen judi.. haha.. Pasti bisa nggak jadi asyik tuh.. Sebaliknya, gw sih cukup yakin kalo para koruptor itu juga berdo’a.. Tapi bisa dilihat sendiri mana dampak dari do’anya ??..

Sepertinya juga, relatif lebih mudah untuk melakukan sesuatu sambil berdzkir ketimbang sambil berdo’a.. Terlebih untuk aktivitas yang dilakukan sendirian, seperti menyetir, nyetrika, ngomik, maen game (hehehe), dan sejenisnya.. Sebetulnya dalam “aktivitas tim” pun, dzikir individual masih bisa dilakukan.. Misal, sambil maen basket, atau sepakbola, kan bisa aja tuh sambil dzikir.. Contoh2 ini membuat anjuran ayat2 di awal tulisan menjadi masuk akal, kalo dzikir / mengingat Alloh sangat bisa dilakukan sebanyak2nya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s