me|write, think sotoy
Comments 45

cuman issyu…

mata kuliah etika dan estetika komunikasi jadi salah satu favorit guwe.. selain kuliahnya diskusi ngemeng melulu, topiknya jugak aktual… kayak kebebasan pers yang diplesetin jadi kebablasan pers.. setelah belajar nih mata kuliah, gw jadi tau banyak sekali berita yang jatohnya hanya opini dan bersifat mengarahkan… mulai dari berita-berita di majalah, acara gosip sampe yang katanya reality show padahal rekayasa..

temen gue yang punya temen wartawan bilang “jangan terlalu percaya majalah dah… kadang suka dibayar..”.. dilemanya media sekarang.. pegang idealis atau perusahaan tetap berjalan.. terlebih acara-acara yang ngerjain orang ituh… sebenernya gak etis… kalo di luar negeri, ternyata sebelum ditayangin, dikonfirm dulu ke korbannya.. boleh atau bersedia jadi konsumsi publik gak neh ?? kalo iya, baru ditayangin, dan kemudian orang tersebut dibayar.. kalo di sini maen tayang ajah… gue tanya pas kuliah ama dosennya “berarti kalo orang itu mau nuntut bisa dong pak ??”… “bisa”.. kata dosen gue.. cuman “di Indonesia belum ada Undang Undang Privacy..”…. yaaa.. yaaa…

dan termehek-mehek itu kebohongan publik abis… itu rekayasa.. bukan reality show… dosen gw sempat bertemu lakonnya.. dan dia bilang yah diatur dan dibayar.. apalagi acara gosip-gosip ca’ur ituh.. sukanya ngarahin opini publik ke kesimpulan tertentu… padahal faktanya belum…

ada sebuah cerita, ntah dari imam siapa gue lupa di arab sono sepertinya.. ada seseorang bertanya soal gosip sama nih ulama.. lalu nih ulama nyuruh orang tersebut potong ayam di pagi hari, terus disuruh jalan-jalan keliling kota sambil bulu-bulunya tuh ayam disebar sepanjang perjalanan.. sorenya si ulama minta orang tersebut ngumpulin lagi tuh bulu-bulu yang tadi pagi dia sebar… dan orang itu setelah bersusah payah mencoba, kemudian laporan sama ni ulama “cape dweeeh… nggak sanggup dah guwa.. nyerah booss”.. (ini versi gue… aslinya rasa2nya jauh lebih sopan)..

ya gitu deh, analogi gosip… mudah untuk disebar.. tapi sulit untuk ditarik ataw meralat yang sudah tersebar..

hhwaayyooo.. jangan ngegosip muluuu……….. btw… pasya ungu terus jadi sama si acha gak yah ?? (^_^!)

Advertisements
This entry was posted in: me|write, think sotoy
Tagged with:

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

45 Comments

  1. baru tahu yah? makanya kuliah jurnalistik hehehe…. emang gi, gw jg eneg sama (yang ngaku) berita yang mencampuradukkan fakta dan opini. btw, termehek-mehek tuh tiap minggu buka audisi pemeran lageh… nge-BT-in ih! dusta publik!

    Like

  2. iyah tuh..tmehek-mehek dusta..sempat ttipu diriku..tp pas Lg nonton,,”ko’ kya kenaL ya??”tnyata tmnku sndr yg Lg akting.. pas dkonfirm dy bLng..”akting kaLi wi..”hua..siaL..sungguh tlalu,, n dr situ muLai maLas nntn,, mending nonton suami2 takut istri dah,, yg emang dr awaL dah jeLas rekayasa..btw pasha ungu ma acha kyany g jd dah..acha ny kan sukany ma SUPER MEMANG..hahahahaha..

    Like

  3. ah loe gie teori aja…btw klo kita lagi maen Xbox…kyaknya kita ngegosip mulu tuh…ngegosip tentang reptile, uler dsbnya…dosa nggk klo itu…memang OGIE yg MEMANG….

    Like

  4. ogieurvil said: dan termehek-mehek itu kebohongan publik abis… itu rekayasa.. bukan reality show…

    ah… pantesan, sekali2nya gw nonton (karena pengen tau apaan..)kesan gw.. kok kayak sinetron gini sih?bertamu ke rumah orang malem2.. yang nerima bermake-up bagus gitu…??yaa… ya… berarti otak gw masih normal. alhamdulillah… ^_^

    Like

  5. roelworks said: Ehm ehm…

    maksutnya apa neh ??coba tolong jangan bikin orang laen beropini yang nggak ngaak yeee..hehehe… bikin gossip aje lu boooss…

    Like

  6. punyatiwi said: acha ny kan sukany ma SUPER MEMANG..

    awas wi… ini candaan internal… jangan dipake… ada yang gak suka loh… hehehe..

    Like

  7. hendryanto said: .kyaknya kita ngegosip mulu tuh…ngegosip tentang reptile, uler dsbnya…dosa nggk klo itu…

    ini mah bukan konsumsi publik kalleeeee….. mo ngomongin kentut siapa yang paling nyaring pun kalo publik gak tau sah-sah ajah… gyahaha…

    Like

  8. republikradikal said: selamat datang di indonesia kawan… 😀

    deeeehhh ardie… gue mo pindah ajah ah… ke hongkong… semuanya ada… coba aja sebut, pasti ada semua… tinggal jawab ” …………… dari hongkong”…

    Like

  9. harlia said: yaa… ya… berarti otak gw masih normal. alhamdulillah… ^_^

    tapi cara lu meneror orang lain sudah dalam tahap nggak normal ley… gwakakakak…

    Like

  10. ooo…ternyata termehek-mehek itu bohongan…gw pikir beneran…gw juga suka liat, tapi ga setia kok, selewat aja;D abis orang-orang pada heboh amet kalo cerita pasca nonton termehek-mehek, gie.ok, tfs, ditunggu hasil kuliah selanjutnya yahhh..simak dg baik gie, kuliah2 lo, biar bisa dibagi kayak gini lagi;p *ngarep*

    Like

  11. ogieurvil said: “jangan terlalu percaya majalah dah… kadang suka dibayar..”..

    ada juga kok, Gie, yg anti amplop… yg dimarah2in narasumber (karena dianggap ngejelek2in imej-nya) tetep muka tebel. yg disodor2in duit tetep sok gak butuh…

    Like

  12. gyahahahahaha…..klo neror elu kan musti pake ilmu tingkat tinggi,secara level loe kan jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhh di atas gw..:D

    Like

  13. ogieurvil said: pasya ungu terus jadi sama si acha gak yah ??

    Bukannya ama penyanyi baru dengan inisial AK?…yang katanya video klipnya disensor itu lhoooo….

    Like

  14. roelworks said: Bukannya ama penyanyi baru dengan inisial AK?…yang katanya video klipnya disensor itu lhoooo….

    astagaaa.. udah di enggris sana, masih masih apdet sama perkembangan seleb nasional..padahal gw yang ibu2 aja ga tau blass.. ^^;;

    Like

  15. bisa tau sejauh itu meski di enggeress sonoh ?!?! sama ley.. gue jugak kagak tau..ck ck ck… cek en ricek tayang ampe sono ye roel ??

    Like

  16. dayorules said: ada detikhot.com, kapanlagi.com, dan berbagai inpotenment dotcom lainnya….

    euh… poin gue sebenernya seh… rajin sekali mengikuti…. hehe…

    Like

  17. sekarang aje dah bikin gue mikir my… perspektif yang menarik… sungguh kritisi yang handal… mungkin ada yang kurang sedikit… solusi kongkrit yang aplicable untuk menyelesaikan itu semua…. hehe.. tapi gak papa… biar orang laen aja dah yang mikirin…

    Like

  18. masalahnya, mereka yang kudunya mikirin solusi itu kerjanya ngapain?gw baca buku2nya mereka suka ketawa2 sendiri… sambil ujung2nya sedih

    Like

  19. ogieurvil said: euh… poin gue sebenernya seh… rajin sekali mengikuti…. hehe…

    Nak Ogie, apakah Nak Ogie sengaja mau mempermalukan calon mertua? Oh….

    Like

  20. ogieurvil said: bisa tau sejauh itu meski di enggeress sonoh ?!?! sama ley.. gue jugak kagak tau..

    Kennnnaaaa deeeh…wakakakaka.a.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s