me|write, think sotoy
Comments 2

“ditarik” rasa mampu..

00233Aaakkk.. banyak banget tugasnyaaa.. Mungkin kurang lebih begitu isi kepala mahasiswa gw pas gw lagi ngasi tugas borongan.. Yah, bagaimanapun, desain grafis itu seni terapan.. Sebuah skill problem solver yang beroutput visual.. Dan yang namanya skill, jelas perlu latihan yang buanyak..

Keuntungan dari tugas banyak yang bisa jelas terlihat itu ya umumnya kemampuan yang meningkat.. Bisa keliatan deh tuh dulu desainnya pas awal kuliah gimana, terus sekarang jadi gimana.. Rumus jadi seorang ahli (kaidah 10.000 jamnya) jadi lebih cepat terkejar.. Namun tetep mesti ada niat dan kesungguhan dalam pengerjaan tugasnya.. Karena ada juga yang gw liat, karena asal jadi ngerjain tugasnya, ngaret dari deadline, pada akhirnya skillnya jadi nggak meningkat secara signifikan..

Sebetulnya tugas banyak juga latihan terhadap mental.. Untuk menguji, bisa melepas dari rantai opini “nggak mampu” atau tidak.. Seringkali kita2 nih udah ngerasa nggak mampu duluan kalo dikasi project yang sebelumnya nggak sebanyak, atau “sebesar” yang pernah kita kerjakan sebelumnya.. Padahal itu bisa jadi hanya prasangka buruk dari diri, yang timbul dari minimalnya kesungguhan, atau ya maksimalnya kemalasan.. Padahal perasaan mampu atau nggak di depan, bisa mempengaruhi kemampuan kita yang sesungguhnya.. Perhatikanlah orang2 yang berhasil, seringkali adalah mereka yang merasa bisa atau mampu di awal.. Dan kemudian, rasa mampu inilah yang memicu mereka untuk mengambil tindakan awal..

Gribble J.R. (2000) dalam riset disertasi Ph.D nya menemukan, 8 dari 10 orang merasa citra diri mereka memberikan pengaruh yang nggak kecil pada kinerja mereka.. Pendek kata, bagi sebagian besar orang, langkah pertama untuk meningkatkan kinerja tidak ada kaitannya dengan pekerjaan itu sendiri, tetapi justru terkait dengan meningkatkan perasaan “mampu” pada diri mereka sendiri..

Seringkali yang berat itu di awal, atau pada langkah pertama.. Pas udah dilakonin, ternyata ke depannya nggak sesulit yang kita kira.. Jadi prasangka buruk pada awal tindakan, selayaknya dihajar dengan membesarkan rasa mampu diri..

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s