me|write, think sotoy
Comment 1

positive vibes..

Makin ngerasa “Waw!!” dengan Indonesia ini.. Karena makin banyak prestasi yang membanggakan.. Udah lama gw mikir: sebetulnya negeri ini memendam banyak potensi hebat sejak dahulu, cuman sayang sempet ‘salah urus’ aja selama puluhan tahun..

Mampu membangun sirkuit bertaraf internasional menjadi salah satu bukti kemampuan negeri ini.. Suksesnya event Internasional di sirkuit baru Mandalika ini pun bener2 bikin rame medsos dunia.. Dan di Minggu malam kemarin, untuk penggemar badminton, ada lagi hal yang bikin hati ini bangga..

Terjadi All Indonesian Final Ganda Putra di All England 2022.. Gimana nggak seneng hati..?? All England itu turnamen bulu tangkis cukup bergengsi dan tertua di dunia yang dimulai sejak tahun 1899.. Dan yang tampil di Final ganda putra kemarin, semua pemainnya berasal dari Indonesia..

Hebatnya lagi, pemain debutan dari Indonesia berhasil meraih juara, setelah mengalahkan seniornya sendiri.. Bayangin bro, baru pertama kali ikutan, langsung jadi juara !!.. Mantabh lah tuh Bagas Maulana dan Shohibul Fikri..

Kayaknya belum ada nama ‘julukan’ buat mereka.. Tapi yang jelas mereka berhasil mengalahkan senior2nya: ‘Minions” dan ‘The Daddies’.. Senior2nya juga pasti bangga karena tradisi ganda putra Indonesia yang selalu “nangkring” di ranking top 10 atau bahkan top 5 dunia berpotensi dipertahankan di masa depan..

Bukan hanya itu, dari dulu kearifan2 lokal sini pun cukup bikin gw kepo.. Mulai dari Kuda Lumping makan beling, Jailangkung, Babi Ngepet (^_^!), sampe yang baru aja ‘tampil’ di ajang internasional: Pawang Hujan.. Itu cuman sebagian kecil, pasti ada banyak lagi local wisdom yang dimiliki daerah2 di Indonesia ini.. Karena kan negeri ini luas dan terdiri dari beragam budaya & suku, yang umumnya ada aja warisan unik ataupun ber-unsur ‘metafisika’nya..

Dulu pernah kepo sama metafisika.. Pernah ada Ulama lokal Madura yang mau bikin sekolah metafisika, sayang karena takdir ajal, rencana beliau gagal terwujud.. Karena gw tergolong ‘orang dalem’, jadinya pernah dapet fotokopian materi ajarnya yang paling dasar banget yang sempat ditulis oleh si Ulama ini.. Hehehe..

Latihan2nya bikin gw bingung.. “Ini beneran nih latihannya begini ??”.. Padahal baru yang paling dasar banget: Melatih kekuatan kemauan.. Gw kesulitan mencari benang merah antara latihan dan hasil akhirnya.. Ya begitulah metafisika.. Seringkali nggak masuk nalar buat kita yang awam.. Faktanya memang masih ada banyak hal yang masih belum kita ketahui..

Balik ke perihal Indonesia, poin pentingnya: ada begitu banyak ‘potensi dan kekayaan positif’ dari negeri ini.. Tapi kenapa ada orang2 yang selalu posting / share yang negatif2 saja ??.. Padahal semua yang ada di alam ini kan ada baik dan buruknya.. Kenapa yang dilihat cuman buruk2nya terus yak ??.. Ya itulah output dari memelihara kebencian..

1 Comment

  1. ada yg bilang pawang hujan itu cuma salah satu strategi marketing jg ya..biar jadi pusat perhatian, efeknya sih bener..viral dr dua sisi negatif positif dan media asing jg ngangkat cerita ini

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s