me|write, my life stories
Leave a Comment

tuh waktu..

Rekor baru lagi, diamanatkan ngajar 9 kelas untuk semester ini.. Wadau..!! Karena masih PJJ, ya sanggup2 aja sih.. Karena cukup bikin 1 video youtube untuk setiap sesi perkuliahan.. Karena ngajarnya semester 2 & 4, jadinya bikin 2 video per minggu.. Kalau pertemuannya di kelas, bakal mikir2 lagi ngajar 9 kelas..

Semester kemarin gw agak keteteran.. Semester ini nggak mau ngulangin lagi dah.. Yang banyak makan waktu itu meng-“asistensi” atau memberi feedback masing2 karya mahasiswa secara online satu per satu.. Sumpeh ini makan waktu bangeddhh.. Hehe..

Sementara, perminggu mesti menayangkan 2 video materi ajar yang durasinya rata2 kurang lebih satu jam.. Ada mahasiswa semester 2 (baru pertama kali gw ajar pake metode youtube gini) yang komentar: “Berasa nonton podcast yutub dah mas, sejam lebih, wkwkw..” Gw bales aje: “Ya iya lah, namanya juga video materi kuliah, kalo tiga empat menit mah, namanya video clip..”.. (^o^)/..

Bikin video juga makan waktu, apalagi nggak sekedar nge-“record”, tapi mesti editing juga.. Ngilangin scene2 dimana omongan gw yang belibet, dan terganggunya proses rekaman oleh suara2 tukang siomay, bakso, roti, dan bahkan kucing berantem..

Maklum, ruang kantor pas di pinggir jalan.. So, karena semuanya “makan” waktu (apa sih yang nggak makan waktu yak ?!?.. Hehe), gw putuskan mesti bikin videonya duluan jauh2 hari.. Jadi nanti pas hari dan jam perkuliahannya tiba, tinggal tayangin aja.. Supaya bisa lebih santai meng-asistensi karya2 mahasiswa tanpa beban pikiran: “masih harus bikin video ajar”..

Mangkanya baru sempet ngeblog lagi.. Abis kejar tayang bikin pidio ajar.. Ya gitu deh, belajar menetapkan prioritas.. Belajar menyadari pentingnya waktu.. Pernah sempet nonton video seminar yutubnya siapa gitu ya, si narasumber bilang “Orang yang gagal mengelola waktunya, maka dia akan gagal mengelola apapun..”

Lumayan “Jleb” sih tuh.. Karena kalo ngeliat orang2 sukses / berhasil, umumnya selalu piawai dalam mengelola waktunya..

Kita seringkali lupa keempat sifat dari waktu ini: (1.) Unsubstitutive = nggak tergantikan.. Waktu yang udah lewat nggak bisa dikejar lagi dengan pesawat secepat apapun.. (2.) Unrenewable = nggak bisa diperbaharui.. Gimana caranya bikin waktu yang baru dari yang udah lewat ?!?.. (3.) Untransferable = nggak bisa dipindah tangankan.. Kalo duit mah bisa pinjem ke orang atau pihak lain.. Kalo waktu, mau pinjem atau beli ke siapa ??.

(4.) Unsaving = nggak bisa ditabung.. Pernah baca sih di komik Doraemon, dia punya alat buat nabung waktu.. Tapi itu ya di dunianya Doraemon, kalo di dunianya Bintang Emon ya laen lagi.. Gwakakak..

“It’s not enough to be busy, so are the ants. The question is, what are we busy about?” – Henry David Thoreau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s