me|write, think sotoy
Comments 10

kata “ilmu”..

Dalam bahasa Arab, kata “ilmu” itu terdiri dari huruf ‘Ain, Lam, dan Mim.. Dan gw baru tau, ternyata dalam bahasa Arab, semua kata yang mengandung ketiga huruf tersebut, selalu merujuk kepada sesuatu yang sudah jelas atau sebuah kejelasan.. Begitu menurut Prof. Quraish Shihab..

Contoh kata yang mengandung ketiga huruf tersebut dalam bahasa Arab; kata bendera, gunung, dan bibir sumbing.. “Objek”nya bisa dilihat dengan jelas.. Kalo bahasa serapan sini, contohnya kata “Alamat”.. Alamat sejatinya harus jelas, biar semua orang selayaknya bisa tau..

Jadi menurut beliau, ilmu adalah tersingkapnya sesuatu dengan jelas sesuai hakikatnya.. Di KBBI, arti hakikat sendiri adalah (1.) Intisari, dan (2.) Kenyataan yang sebenarnya..

Dalam ilmu agama, contohnya gini: mengambil hak orang lain itu dilarang, dasar2nya jelas ada di Qur’an.. Kalo di science, ya ada risetnya, pembuktiannya jelas, dan bisa “terkait” dengan teori2 yang sudah ada sebelumnya..

Tapi gimana dengan opini ??.. Bisakah jadi ilmu ??.. Bisa aja.. Pengertian “ilmu” di atas kan hanya dari segi bahasa.. Namun biasanya, opini yang bagus adalah opini yang ada dasarnya.. Ada rujukan bukunya, ada dasar data atau ilmiah-nya, dan bukan opini “katanya” saja..

Sudah gw duga, saran beliau untuk dapet banyak ilmu itu ya baca.. Dasarnya: Iqra’ sebagai wahyu pertama, dan mu’jizat terakhir bentuknya kitab atau buku..

Karena ilmu luas buanggedh, Ilmu apa yang seharusnya diprioritaskan..?? Masih menurut Prof. Quraish Shihab, seseorang sebaiknya pertama kali memprioritaskan membaca ilmu2 yang bisa mengantarnya menjadi lebih memahami diri sendiri..

Sayang di ceramahnya beliau nggak menjelaskan “kenapanya” karena keterbatasan waktu.. Kalo gw pikir, mungkin karena orang yang paham dirinya sendiri bisa jadi paham akan Tuhannya yang Maha Pengasih & Penyayang.. Bisa juga karena orang yang paham diri juga jadi tau kecenderungan dirinya.. Seperti kesukaannya, minatnya, dan akhirnya jadi tahu potensi2 terpendamnya..

Ujung2nya, dia bisa jadi tahu ilmu2 apa yang mesti dia baca untuk selanjutnya.. Tentu saja untuk “meningkatkan” potensi diri yang udah ketauan tersebut..

Dan prioritas kedua menurut beliau, adalah membaca ilmu2 mengenai yang wajib kita kerjakan.. Wajib disini nggak hanya dalam konteks ritual ibadah.. Tapi juga bisa ditarik ke dalam kewajiban seperti pekerjaan atau peran seseorang dalam kehidupan..

So, misal seseorang berprofesi marketing, akan lebih baik kalo dia baca ilmu2 yang lingkupnya berkaitan dengan marketing.. Karena makin tau banyak, makin paham, makin dipraktekkan, semakin kompeten-lah dia di situ..
Pesan beliau sebagai penutup: yang terpenting dari ilmu itu, sebaiknya bisa bermanfaat atau teraplikasikan..

Percuma kan tau “Rahmat bagi alam semesta” tapi tereak2 kopar kapir, bakar, bunuh, penggal, dan rusuh melulu ??.. (@o@!)

10 Comments

  1. generati says

    Setuju ulasan beliau selalu merujuk pada nilai kebaikan universal, banyak ‘Bahasa dapur’ yang tidak perlu dipublikasi dikemas dengan lebih sederhana dan bawaan yang lebih positif, damai

    Liked by 1 person

    • Hehehe.. Tengkyuu.. Belum hebat koq.. Saya masih belajar juga.. Sebenarnya blog ini isinya kebanyakan adalah catatan2 dari apa yang saya baca.. Karena kalo nggak dicatat, makin banyak baca, makin banyak lupanya..

      Like

      • Sadiq Salihoddin says

        Catatan begitu yang mudah difahami mas. Kalau bahasanya begitu ketat dan formal, orang bosan nak membacanya. Tapi mas tak begitu. Bahasa mas bahasa mudah faham, bahasa santai. Seronok dibaca.

        Salam dari Malaysia, ya!

        Liked by 1 person

        • Padahal saya nulis pakai “elu” “gw”, dan verbalnya menggunakan struktur bahasa gaul Jakarta.. Tapi masnya dari Malaysia bisa suka juga ya.. Hehee.. Sebuah kebahagiaan tersendiri buat saya.. Terima kasih.. Salam balik dari Indonesia..!! (^_^)/

          Like

  2. Sudah lama nih saya nggak mampir ke blog ini, alhamdulillah masih aktif ngeblog ternyata, siap update lagi content-contentnya dari blog Ogie Urvil ini yang selalu menginspirasi…

    Liked by 1 person

    • Alhamdulillah masih terus nulis nih mas.. Hehe.. Selain mencoba untuk konsisten (walau sering melanggar juga..), tapi karena blog ini salah satu fungsinya sebagai catatan2 atas apa2 yang saya baca, jadi ya gitu.. Nggak bisa berhenti.. (^o^)/.. Tengkyu udah mampir masbro..

      Dulu pernah mampir ke blog “Perspektif”, keliatan sempet vakum, terus isinya jadi traveling gitu..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s