All posts tagged: prioritas

kata “ilmu”..

Dalam bahasa Arab, kata “ilmu” itu terdiri dari huruf ‘Ain, Lam, dan Mim.. Dan gw baru tau, ternyata dalam bahasa Arab, semua kata yang mengandung ketiga huruf tersebut, selalu merujuk kepada sesuatu yang sudah jelas atau sebuah kejelasan.. Begitu menurut Prof. Quraish Shihab.. Contoh kata yang mengandung ketiga huruf tersebut dalam bahasa Arab; kata bendera, gunung, dan bibir sumbing.. “Objek”nya bisa dilihat dengan jelas.. Kalo bahasa serapan sini, contohnya kata “Alamat”.. Alamat sejatinya harus jelas, biar semua orang selayaknya bisa tau.. Jadi menurut beliau, ilmu adalah tersingkapnya sesuatu dengan jelas sesuai hakikatnya.. Di KBBI, arti hakikat sendiri adalah (1.) Intisari, dan (2.) Kenyataan yang sebenarnya.. Dalam ilmu agama, contohnya gini: mengambil hak orang lain itu dilarang, dasar2nya jelas ada di Qur’an.. Kalo di science, ya ada risetnya, pembuktiannya jelas, dan bisa “terkait” dengan teori2 yang sudah ada sebelumnya.. Tapi gimana dengan opini ??.. Bisakah jadi ilmu ??.. Bisa aja.. Pengertian “ilmu” di atas kan hanya dari segi bahasa.. Namun biasanya, opini yang bagus adalah opini yang ada dasarnya.. Ada rujukan bukunya, ada dasar data atau …

bisa ini bisa itu bisa repot..

Hwwahh.. Minggu kemaren udah nggak ngeblog, mosok minggu ini miss juga sih.. Ancur dah komitmen diri gw HARUS posting minimal seminggu sekali kalo minggu ini miss juga.. Konsisten emang nggak mudah, perlu terus dilatih dan dibiasakan.. Semoga saja bisa jadi habit beneran.. Ya apa mo dikata.. Dua minggu ini ada kerjaan yg gw mesti turun tangan sendiri… Walhasil, banyak porsi waktu yang mesti gw kerahkan ke ini projekan.. Kalo mengacu ke postingan gw yang udah lama ini (“lari, pelan, jalan”), bisa dibilang juga gw lagi ngejalanin kondisi sprint, dimana dalam kondisi tersebut, seseorang lagi full throtle untuk mengejar target jangka pendek.. Bener2 sampe ngos-ngosan… Alhamdulillahnya gw bisa suka sama yang gw kerjain.. Jadi berasa bukan 9 to 5 works, tapi jadi every moment awake job yang bisa dinikmati selama mata gw melek.. Hehe.. Tapi ya sesuka-sukanya orang sama kerjaannya, kalo udah kebanyakan dan tanpa isitirahat, cukup sulit lah untuk membuat sebentuk keluhan nggak keluar.. Pasti ada yang begitunya, namun sedikit.. Suatu saat nanti, gw pengen banget porsi nulis gw lebih banyak dari sekarang.. Entah sejak …

skala prioritas..

Banyak tugas, banyak kerjaan, banyak kondangan, banyak kegiatan organisasi, belum lagi aktivitas lain yang berkaitan sama orang rumah / keluarga.. Gwahaha.. Kalo ngeliat mahasiswa yang gw ajar di semester sekarang ini, gw jadi inget gw dulu saat ada di masa2 kayak gitu.. Bener2 serasa keabisan napas.. Pas gw berusaha ngelarin kuliah S2 pun, situasi seperti itu sempet berulang.. Setelah berhasil “lolos” dengan sukses dari kondisi kayak gitu, gw jadi tambah paham arti sebenarnya dari prioritas.. Banyak mungkin yang nggak sadar, kalo banyak kerjaan kita yang nggak beres itu gara2 kitanya sendiri kurang mumpuni dalam mengatur prioritas.. Bagaimanapun nggak ada yang namanya dua prioritas, prioritas umumnya pilihan yang paling penting untuk kita dahulukan.. Nah terus, kalo semua-semuanya penting gimana dong ?? Hehehe.. Semuanya bisa berasa penting kalo nggak dikaitkan dengan waktu.. Kalo gw pikir, prioritas itu adalah hal terpenting yang mesti dilakukan dalam “suatu waktu” tertentu.. Sayangnya, waktu pun nggak bisa “diduakan”.. Karena semua yang kita lakukan pasti memakan sejumlah waktu.. Dan kalo memprioritaskan dua hal sekaligus, saat kita mengerjakan salah satunya, pasti kita akan kehilangan …