me|write, my life stories, think sotoy
Comment 1

ngomik berbuah non komik..

kokaKalo inget gambar ini, rasanya jadi flashback ke masa lalu.. Gimana nggak ?? Dengan modal nekat dan skill yang jelas2 terhitung pas2an, kok bisa2nya dengan pede nerbitin komik sendiri.. Yang jelas gw inget banget, saat memulai ngomik dulu, gw nggak terbebani oleh teori seni atau teori komik manapun.. Lah teori dari mana ?? Wong dulu kuliahnya akunting ?? Mosok iya bikin komik pake teori akuntansi ??..

Gw pikir, segera bertindak bener2 bisa jadi sebuah keajaiban.. Keajaiban yang tentu saja nggak langsung terjadi begitu saja seusai kaki ini baru melangkah.. Terkadang kita juga baru sadar kalo itu sebuah keajaiban saat kita sudah bisa menghubungkan antara langkah pertama kali yang dulu diambil, dengan langkah keseribu yang sekarang..

Buktinya, dulu itu gw sama sekali nggak menyangka, terbitnya komik karpet biru nomer satu ini akan mengantarkan gw menjadi seorang pebisnis desain grafis.. Dan saat sekarang gw pikir lagi, bisa aja kan, kalo dulu gw nggak ngomik, gw jadi nggak makin sadar kalo gw salah jurusan, dan ujung2nya perusahaan signdesign ya bisa nggak terbentuk seperti sekarang..

Poin pentingnya adalah cepat2 aje ambil tindakan, ambil langkah pertama, kemudian upayakan konsisten dengan langkah2 & arah berikutnya.. Nggak perlu takut salah langkah, karena salah atau benar, terkadang ketahuannya nanti pas di ujung jalan.. Berprasangka baik aja pada Tuhan, karena bisa jadi memang kita sengaja dibikin salah langkah supaya belajar.. Kan sering juga kita ngerasa bener di depan, eh taunya salah di belakang.. Atau sebaliknya, ngerasa salah di depan, eh taunya malah bener di belakang..

Gw jadi inget lagi, dulu komik karpet biru ikutan di event2 komik, di UI, Galeri Nasional, dan sampe ke Bandung juga.. Kalo gak salah sih dulu yang di Bandung itu Pekan Komik Merdeka di ITB.. Ngomong2 soal Bandung, ntar di bulan Mei juga ada acara komik oke ye ??.. Pasar Komik Bandung (Pakoban).. Sekarang gw liat, lagi buka pendaftaran untuk seleksi, dan deadlinenya 27 Maret..

Belum lama sih ada anak komik kampus yang lapor ke guwa, ada yang bingung, mau ikutan tuh acara atau nggak.. Hehe.. Tapi agak2 minder gitu, hihi.. Yah gw bilang aje, pede aje nyerahin karya untuk pendaftaran.. Kan lumayan oke kalo ada pengalaman ikut event komik sebesar itu.. Lagian kalo nggak nyerahin karya, mana tau ntar lolos seleksi atau nggak ??..  Kalo kata Buya Hamka: “Bersikap ‘belum pergi sudah kembali’, adalah penghambat paling besar dalam menuju maksud yang mulia..”

Masa depan itu akumulasi dan kombinasi dari beragam tindakan yang udah diambil.. Jadi semakin banyak tindakan yang diambil (meskipun sifatnya masih percobaan), semakin banyak keping “lego” yang tersedia.. Semakin banyak jumlah keping “lego” yang tersedia, semakin banyak kombinasi yang bisa dibuat untuk membentuk sebuah hasil di masa depan..

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s