me|write, think sotoy
Comments 8

maju selama mau..

002Dulu pas semester 2, ada sejumlah mahasiswa yang ngomong kurang lebih model begini ke guwa: “Saya nggak bisa mas..” “Susah mas, jadinya nggak bagus deh..”.. “Da aku mah apa atuh..?”, dan sejenisinya.. hehe.. Intinya sih, mereka merasa nggak pede dan kurang mumpuni dalam skill desain grafis mereka.. Saat itu sih gw inget gw cuman senyum2 aja, dan biasanya yang sering gw bilang ke mahasiswa2 model begini: “Wajar kok, namanya juga pemula, dan masih belajar.. Kalo kalian pada langsung jago, justru guwenya yang bakal bingung..”..

Untungnya di perkuliahan desain ada asistensi.. Tiap2 orang mesti present proses & hasil karya ke gw orang per orang dan gw kasi masukan.. Di situlah gw sekaligus coba “ngebaca” mereka satu per satu.. Pendek kata, memang banyak orang2 yang belum bisa melihat potensi pribadinya secara kumplit hanya karena mereka belum cukup banyak mencoba.. Kemudian bersikap under estimate pada diri mereka sendiri..

Bener lah itu ada quote becandaan kalo Tuhan gak akan ngasi masalah pada manusia diluar batas kemampuannya, tapi dosen justru akan ngasi masalah diluar batas kemampuan mahasiswanya.. Hahaha.. Karena ya itu diatas tadi..  Banyak mahasiswa berprasangka / menduga kecilnya potensi diri mereka sendiri.. “Besarnya” masalah atau tugas kuliah bisa melibas anggapan atau batas kemampuan yang mereka bikin sendiri di dalam kepala mereka.. Tingginya kesulitan tugas bisa menarik potensi diri mereka keluar secara maksimal, dan mendobrak kesalah dugaan mereka pada diri mereka sendiri.. Dan di akhir semester 5 kemaren, banyak gw liat di wajah2 mereka seakan tersirat: “Eh, ternyata gw bisa ya..”

Kalo kata Muhammad Ali: “The will must be stronger than skill..”.. Kalo dari hasil pengamatan gw sih ini bener banget.. Yang gw liat, mereka yang ada kemauan keras, keliatan banget kemajuannya, meski pada awalnya skillnya kurang ataupun biasa aja.. Dan gw juga udah cukup kenyang ngeliat mahasiswa dengan skill yang tinggi di awal, tapi kemauannya letoy, akhirnya kemajuan pencapaiannya nggak begitu berarti.. Yah, apalagi penyebabnya kalo bukan kurang baiknya manajemen diri, akibat dibiarkannya rasa malas menggerogoti diri…

Bener lah itu.. memang ada orang2 yang udah nggak bisa ditolong lagi dengan nasehat.. Merasa “cangkir”nya sudah penuh.. Padahal, cangkir kosonglah yang lebih bisa berguna & diisi macem2.. Banyak orang nggak kepikiran, betapa beruntungnya merasa diri ini masih bodoh…

Advertisements

8 Comments

  1. Wow, saya masih selalu kagum sama kutipan-kutipan yang ada di post-post Kak Ogie. Itu bikin postnya makin berkesan, dan saya masih bertanya-tanya gimana Kak Ogie bisa selalu masukin kutipan yang tepat di suatu bahasan.

    Kak Ogie ngajarnya di Polimedia ya?

    Like

    • Nnnggg.. gimana ya.. hehe.. Gak tau kenapa, kadang quote2 itu nongol begitu aja kalo pas lagi butuh.. Kadang keinget sama bacaan tertentu, kadang googling juga.. Atau kadang malah quotenya duluan yang muncul di kepala, lantas tauk2 “AHA !!”, sama banget nih sama ceritanya yang ini atau yang itu.. Terus ya tinggal ditulis deh.. Kunci utamanya sih tetep deh kayaknya: banyak2 membaca, dan kadang poin2 pentingnya dibaca diulang.. Hampir di setiap buku yang saya baca, pasti ada sejumlah halaman2 yang saya lipet, itu tanda kalo disitu ada “sesuatu” yang bagus.. Dan bagian2 itu aja yang sering dibaca ulang.. Mungkin itu juga yang bisa memicu “AHA moment”.. hehe..

      Yes, ngajarnya di polimedia..

      Like

  2. Aku selalu ngikutin tulisan tulisan pak ogie semenjak psp2 2013 selesai. Banyak memberikan inspirasi dan motivasi 🙂 Sayangnya ngga di ajar mas ogie di kampus. Mungkin bakal lebih seru hehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s