entrepreneurship, me|write, my life stories, think sotoy
Comments 4

TOKYO.. aku datang..!!

Untitled-2Alhamdulillah.. Perusahaan gw lolos seleksi untuk bisa ikut serta berpartisipasi dalam event “Tokyo Game Show 2014”, di Makuhari Messe – Chiba Perfecture… Yang nyeleksi itu Direktorat Jendral Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN), dan ASEAN-Japan Center (AJC).. Acaranya tanggal 18 – 21 September ini.. Jadi, pendek kata, AJC ngundang perwakilan dari Indonesia melaui DJPEN, untuk ngisi booth yang udah mereka bukain disana.. Daaann… ya gitu deh, sesuai judulnya, gw mesti pergi ke Tokyo.. Pesawat take off hari ini (Selasa) jam 7an malem, transit Singapore, dan lanjut ke Bandara Narita – Tokyo..  Minggu malem 21 September balik lagi ke Jakarta..

TGS itu event internasional, dan salah satu event akbar di dunia industri video game.. Ini jadi pengalaman baru buat gw untuk bisa hadir dalam event sebesar itu, dan di Jepang pulak, yang dari dulu gw emang udah ada niatan suatu saat gw mesti menginjakkan kaki di sana.. Tapi niatannya gw dari dulu itu pergi ke sana sih ya pengennya jadi pelancong, bukan jadi penjaga stand pameran.. Gwakakak.. Yah, gak papa lah, mumpung ada yang sponsorin.. Toh sehabis pameran bisa jalan2 juga..

Untitled-1Yaah, kalo Tuhan udah berkehendak, nggak ada yang nggak mungkin.. Semua terjadi atas izinNya.. Termasuk yang tadinya gw (kami) yang dari indonesia ini merencanakan bermalamnya di hotel yang bintang 3 aja, dan mesti naek kereta sekitar 15 menitan ke tempat eventnya, eeh, dapet kabar ternyata pihak AJC kesulitan booking hotel yg kami inginkan untuk yang twin room (beberapa perusahaan ngirim 2 orang, termasuk signdesign..).. Karena untuk hotel yg kami pengen tersebut, semua twin room fully booked.. Akhirnya perwakilan dari Indonesia dibagi dua grup, yang single room tetep di hotel yang direncanakan di awal, dan buat yang berdua / twin room, dibookingin di hotel bintang lima, dan walking distance.. Jadi cuman jalan kaki sekitar 7 menitan dari hotel ke tempat event berlangsung.. Dan harga yang mesti dibayar tetep harga bintang tiga, sisanya disubsidi oleh AJC.. Alhamdulillaah..

Gw bingung, yang justru keliatan “niat” dan “baik” pada kami (perwakilan Indonesia) justru dari pihak ASEAN-Japan Center (AJC).. Mereka menanggung (meski tidak 100%) tiket pesawat, hotel / akomodasi, dan kalo booth emang dikasi gretong sih..  Yang dari Dirjen Ekspor Nasional yang notabene dibawah kementrian perdagangan malah nggak ngebantu kita dana barang sedikit pun.. (atau apa emang tuh booth DJPEN yang danain ??.. Tapi kayaknya sih enggak, karena kalo liat briefnya, ada banyak negara yang memang dibukakan booth / diundang oleh AJC untuk ikut ngeramein tuh acara..)….  Ah tau’ ah.. Bwt gw sih, ini rasanya aneh…

Baca berita yang belum lama kemaren, yang soal anggaran rapat kementrian SBY sampe 18 triliun.. Itu gilak !!.. Padahal tuh duit bisa dialokasikan ke hal2 yang lebih jelas manfaatnya, ketimbang buat rapat, yang dateng kadang malah pada tidur, dan hasilnya juga gak jelas.. Di sebuah media disebutkan, 18 triliun itu setara dengan biaya pembuatan 3 buah jembatan Suramadu !!!..

18 triliun itu = 18.000 milliar.. Kebayang gak sih ?? Kalo itu duit buat anggaran renovasi gedung sekolah, satu sekolah misal 1 miliar, ada 18 ribu sekolah yang gedungnya jadi bagus lagi.. Kalo seandainya, tuh duit dialokasikan buat orang2 yang memulai berwirausaha, dan masing2 modalnya 1 miliar, maka akan ada 18.000 orang pengusaha baru di negeri ini.. Dan toh seandainya, kesemuanya gagal jadi pengusaha sukses, sudah ada 18.000 orang yang berpengalaman dan sudah ngerasain sendiri pahit getirnya berjuang sebagai entrepreneur, belajar menderita kerugian dan berupaya bangkit kembali.. Gw pikir itu masih jauh lebih bagus ketimbang buat rapat.. Dan misalnya ada 5% yang beneran jadi sukses, lapangan kerja baru Insya Alloh pasti akan terbuka..

Yah, gw sadar penuh kok, gw ini tinggal di negeri yang “aneh”..

Advertisements

4 Comments

  1. Pingback: TOKYO aku datang.. – signDesign Communications

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s